filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Create YouTube Reaction Video with Presets
  • Create a reaction video with free 30+ split-screen layouts
  • Remove the reaction video background and react to any video naturally
  • Various effects, filters, elements and overlays for making reaction videos with fun

Bagaimana Cara Membuat Video Reaksi YouTube?

author

Nov 18, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Berbagi pendapat dan ide tentang berbagai hal secara virtual ke seluruh dunia tentu saja menjadi manfaat paling besar yang diberikan YouTube kepada para pembuat konten. Meskipun demikian, membangun sebuah kanal eksklusif di antara video-video reaksi terbukti sangatlah sulit, tapi bukan berarti Anda tidak bisa menggunakan jenis video ini untuk memberikan komentar kepada Youtuber lain.

Proses pembuatan video reaksi YouTube tidaklah terlalu teknis, namun Anda harus menentukan teknik edit video mana yang akan digunakan untuk membuat video reaksi. Di dalam artikel ini kita akan melihat beberapa cara untuk membuat video reaksi YouTube.

Bagaimana Cara Membuat Video Reaksi dalam kanal YouTube Anda? [3 cara]

Menggunakan video tanpa ijin dari pemilik hak cipta tentu dilarang secara hukum, artinya Anda hanya dapat menggunakan video di dalam video reaksi Anda jika telah mengantongi ijin pemiliknya. Konsekuensinya, pilihan video yang dapat Anda komentari jadi terbatas, karena semuanya tergantung si pembuat video, apakah mereka akan mengijinkan Anda untuk menggunakan videonya dalam video reaksi Anda atau tidak.

Jika Anda telah memiliki ijin untuk menggunakan video yang akan Anda komentari, Anda dapat menggunakan teknik mengedit video berikut ini.

Metode 1: Membuat video reaksi dengan fitur Picture in Picture dari Filmora

Sebuah software untuk mengedit video seperti Filmora, juga dapat digunakan untuk membuat video reaksi YouTube, tetapi Anda harus menyiapkan semua video yang akan Anda sertakan dalam video reaksi sebelum mulai menyatukannya.

Langkah pertama adalah membuat proyek baru dengan Filmora, kemudian memasukkan aset media ke dalam fitur editor. Dalam membuat video reaksi, selain cuplikan video, Anda juga dapat menambahkan musik, foto, atau membuat judul pembuka dan ucapan terima kasih di akhir video.

Download Filmora Versi Win Download Filmora Versi Mac

Tempatkan video yang akan Anda komentari di linimasa, kemudian tambahkan video reaksi Anda ke timeline tepat di atas video yang Anda masukkan pertama tadi. Klik di ujung atas video di jendela pratinjau dan gunakan tanda pengatur yang terletak di sudut video untuk mengatur ukurannya.

Jika Anda ingin mengubah tampilan posisi video, Anda hanya perlu meng-klik video tersebut dan menariknya ke posisi yang Anda inginkan, di dalam jendela pratinjau tersebut.

Membuat video reaksi dengan fitur Picture in Picture dari Filmora

Filmora menyediakan lebih dari 60 efek gerakan, ratusan transisi, dan efek visual yang dapat membuat video reaksi Anda tampak lebih menarik untuk ditonton.

Filmora dapat berkomposisi dengan mode Blending

Selain itu, software pengeditan video dari Filmora menawarkan mode blending yang bervariasi, sehingga Anda dapat mengontrol gambar video yang tidak jelas menjadi lebih jelas. Penggunaan mode blending ini tergantung pada kondisi video yang Anda gunakan dan permintaan proyek yang bersangkutan.

Kelebihan menggunakan fitur Picture in Picture dari Filmora untuk membuat video reaksi: Anda dapat menempatkan dan mengatur video dengan lebih banyak pilihan sesuai keinginan Anda. Dapatkan lebih banyak tips tentang Membuat PIP video dengan Filmora.

Metode 2: Membuat beberapa jendela reaksi dengan fitur Split Screen

Selain menggunakan fitur Picture in Picture, Filmora juga memungkinkan Anda untuk memainkan dua atau lebih video secara simultan dengan template Split Screen. Tarik dan lepas template yang akan digunakan dalam video reaksi Anda ke timeline, kemudian klik kotak centang Enable Split Screen Animation jika ingin menggunakan template tanpa animasi.

membuat reaksi video dengan template Split Screen Filmora

Setelah itu, Anda tarik cuplikan video dari tab Media dan lepaskan di dalam jendela pratinjau, di posisi mana Anda ingin meletakkannya. Harus Anda ketahui, Anda tidak dapat menambahkan lebih dari enam video ke dalam satu template Split Screen.

Mengedit video reaksi dengan video Split Screen Filmora

Semua video yang Anda masukkan ke dalam template Split Screen dapat diedit. Anda hanya harus meng-klik video tersebut untuk mengatur ukuran video, mengatur warna, membisukan suara atau menambah file suara baru ke dalam template.

Mari kita lihat lebih jelas Bagaimana cara membuat sebuah video split-screen langkah demi langkah.

Kelebihan menggunakan template Split-screen Filmora untuk membuat video reaksi: Berbagai macam template untuk membuat beberapa video yang bergaya dengan mudah.

Download Filmora Versi Win Download Filmora Versi Mac

Metode 3: Membuat Video Reaksi YouTube dengan AI Portrait

Dengan efek human segmentation dalam AI Portrait, Anda dapat membaurkan video reaksi dengan lebih alami. Efek human segmentation akan memisahkan gambar manusia dengan latar belakang, sehingga Anda dapat mengganti latar belakangnya.

Catatan: Anda dapat menggunakan fitur ini dalam versi setelah V 10.5 untuk Windows dan V 10.4 untuk Mac. Klik tombol di bawah untuk mendapatkan versi Filmora terbaru di komputer Anda.

Download Filmora Versi Win Download Filmora Versi Mac

Langkah 1: Masukkan video-video ke media library, kemudian tarik latar belakang video ke trek video yang pertama, dan video reaksi ke trek di atasnya.

masukkan video reaksi ke Filmora

Langkah 2: Tujukan kursor Anda ke tab Efek di sebelah atas, lalu klik kategori AI Portrait, maka akan muncul beberapa macam efek seperti Human Segmentation, Human Pixelate, Human Noise, dan lampu kilat. Dari sini, tarik dan lepas efek Human segmentaion ke video reaksi.

membuat video reaksi: menghilangkan latar belakang video

Langkah 3: Pilih video reaksi di timeline, kemudian atur ukuran dan posisinya dengan cara menariknya di dalam jendela pratinjau. Lihatlah, sekarang video reaksi sudah menyatu dengan latar belakang video.

mengatur ukuran video reaksi

Langkah 4: Dasar pengeditan dalam membuat video reaksi. Anda juga bisa menambahkan efek neon atau lampu kilat pada video. Jika semuanya sudah berjalan dengan baik, klik Export lalu simpan videonya.

menambahkan efek kilatan neon pada video reaksi

Anda bisa mendapatkan penjelasan yang lebih detail tentang penggunaan efek AI Portrait untuk membuat video reaksi.

Bagaimana Cara Menghindari Pelanggaran Hak Cipta ketika Membuat Video Reaksi YouTube

Semua video yang ada di YouTube dilindungi oleh regulasi kekayaan intelektual, Anda tidak dapat menggunakannya tanpa ijin dari pemilik hak cipta. Satu-satunya cara agar video reaksi Anda tidak melanggar peraturan itu adalah dengan menghubungi pembuat video dan meminta ijin untuk menggunakan hak milik intelektual mereka. Namun, banyak YouTuber yang enggan mengijinkan orang lain mengunduh dan mengedit video mereka kecuali jika mereka sudah memiliki fans yang sangat banyak.

Jika Anda berhasil mendapatkan ijin untuk mengomentari sebuah video, maka tidak ada lagi yang perlu dikhawatirkan. Namun, jika Anda tidak mendapatkan ijin dan Anda tetap menggunakan videonya, maka semua uang yang dihasilkan video reaksi tersebut harus diserahkan kepada pemilik hak cipta, atau Anda akan dipaksa untuk menghapus video tersebut dari kanal YouTube Anda. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan jika tidak mendapatkan ijin untuk menggunakan video yang ingin Anda komentari.

Membisukan suara video atau mengubah nada suaranya akan membuatnya bot YouTube kesulitan untuk mendeteksi pelanggaran hak cipta, meskipun cara ini juga belum tentu selalu berhasil. Selain itu, Anda dapat memutar video hingga tiga puluh detik, kemudian berkomentar di bagian tersebut, kemudian memutar lagi bagian berikut video tersebut.

Tidak mungkin dikatakan bahwa salah satu dari trik mengedit di atas akan membantu Anda menghindari klaim hak cipta, sebaiknya Anda hanya menggunakannya jika sudah tidak ada pilihan lain.

Kesimpulan

Setiap orang dapat menguasai aspek teknis pembuatan video reaksi, namun topik yang Anda tampilkan sebaiknya secara umum berkaitan dengan topik yang biasa Anda buat di kanal Anda. Selain itu, ide video reaksi Anda juga harus relevan dengan segmen penonton Anda, jika ingin menarik perhatian mereka. Teknik mengedit video mana yang akan Anda gunakan untuk membuat video reaksi YouTube?

Download Versi Win Download Versi Mac

page_title:

Bagaimana Cara Membuat Video Reaksi YouTube? [3 cara]

author
Liza Brown
Liza Brown is a writer and a lover of all things video.