filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Best video editing software for beginners to edit videos like pros
  • Change Video & Audio Speed with Ease to Make Video Funny
  • Play video clip in Reverse
  • 300+ built-in stunning filters, overlays, transition effects, etc.
  • Add text, titles, music, and video by drag-n-drop

17 Editor Foto Terbaik Untuk Pemula [Windows/Mac/Online]

author

Dec 26, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Sebuah foto menyimpan kenangan suatu momen selamanya. Sayangnya, tidak semua bidikan yang kita ambil, muncul pada kesempatan itu dan menyimpan kenangan dengan segala kemegahannya. Pasca-pemrosesan foto telah menjadi penting dalam kehidupan kita sehari-hari, apakah Anda inginmenghapus orang yang tidak diinginkan, menyesuaikan koreksi warna, meningkatkan saturasi atau menambahkan beberapa filter,Anda mungkin memerlukan perangkat lunak pengedit foto yang mudah untuk membantu Anda mencapainya.

Dengan begitu banyak pilihan yang berbeda di luar sana, mungkin sulit untuk menemukan software pengedit foto yang dapat memberi Anda seperangkat alat pengeditan foto yang tidak terlalu rumit untuk digunakan. Untuk alasan itu, kami memutuskan untuk membawa Anda melalui beberapa yang terbaikproduk software pengedit foto untuk editor foto tingkat pemula dan lanjutan.Harap dicatat bahwa beberapa software pengedit foto yang tercantum di bawah ini gratis sementara yang lain mungkin perlu membayar sejumlah uang untuk menghapus watermark atau menggunakan fitur lanjutan.

Bagian 1: Software Pengeditan Foto GRATIS Terbaik untuk Pemula

Menguasai senifotografi digitalmembutuhkan kerja keras dan dedikasi selama bertahun-tahun, jadi jika Anda baru memasuki dunia fotografi, jangan langsung mengejar standar industri. Sebagai gantinya, Anda dapat berlatih terlebih dahulu pada software pengedit foto yang Anda rasa nyaman digunakan dan yang memiliki semua alat yang Anda butuhkan untuk menyempurnakan foto.Jadi, mari kita lihat beberapa perangkat lunak pengedit foto gratis terbaikuntuk pemula.

1. GIMP

Harga:Gratis

Kompatibel:Windows, macOS, Linux

GIMP Free Photo Editing Software for beginners

Selama bertahun-tahunsumber editor foto gratis initelah menjadi salah satu opsi paling populeruntuk editor foto yang tidak berpengalaman.Gimp menjadi tersedia untuk umum pada tahun 1996, dan sejak saat itu telah berkembang menjadi perangkat lunak pengeditan foto yang kuat yang memungkinkan penggunanya untuk memanipulasi gambar mereka secara virtual dengan cara apa pun yang mereka inginkan.

Alat pengeditan warnaatau pengeditan gambarmemungkinkan Anda untukmenyesuaikan rona, saturasi, atau kontrasfoto Anda dengan mudah, sementara itu Anda tetap dapat bekerja dengan banyak interface atau topeng.Interface Gimp intuitif,dan Anda tidak memerlukan banyak waktu untuk membiasakan diri bahkan jika Anda benar-benar baru di dunia pengeditan foto.

Mengcrop foto atau menyempurnakan kecerahan atau kekontrasannya adalah proses sederhana yang siapa pun dapat mempelajarinya hanya dalam beberapa kali mencoba.Gimp juga mendukung berbagai jenis file foto,jadi Anda tidak perlu khawatir gambar Anda akan kompatibel dengan editor foto. Jika Anda mencari software pengedit foto yang memungkinkan Anda untuk terus berkembang sebagai editor foto dan mudah untuk digunakan, maka Gimp adalah salah satu pilihan terbaik untuk Anda.

Kelebihan

  • Interface sederhana yang mudah digunakan
  • Alat peningkatan warna yang sangat baik
  • Menawarkan lebih dari 150 filter dan efek
  • Tersedia untuk siapa saja

Kekurangan

  • Beberapa alat pengeditan foto yang ditawarkan Gimp bisa jadi terlalu sulit bagi pengguna pemula
  • Rentan terhadap bug dan gangguan

2. Paint.net

Harga:Gratis

Kompatibel:Windows

Paint.Net Free Photo Editing Software for beginners

Fotografer berpengalaman yang tidak ingin menghabiskan uang untuk software pengedit foto mereka dapat mencoba memproses foto mereka dengan Paint.net. Alat pengeditan foto ditata dengan rapi dalam menu yang berbeda, sehingga Anda dapat mengaksesnya dengan cepat kapan pun Anda membutuhkannya. Selain itu, Paint.net dapat sangat berguna jika Anda mengedit banyak gambar secara bersamaan,karena setiap foto ditampilkan dalam tab terpisah,yang memungkinkan Anda untuk bertukardi antara mereka dengan cepat.

Kisaran alat pengeditan foto yang ditawarkan Paint.net cukup luas untuk memungkinkan Andamengcrop gambar, menerapkan efek dan filter,atau menambahkanlapisan teks.Selain itu, Anda dapat dengan mudah menggabungkan dua foto atau lebihdalam satu gambar dengan menggunakan software pemilihan alat. Selain itu, Paint.net memungkinkan Anda mengurangi kontras antara segmen gambar yang paling terang dan paling gelap atau membuat warna di foto Anda lebih hidup.

Editor foto menampilkan semua langkah pengeditan foto yang Anda lakukan di tab Riwayat, yang memungkinkan Anda dengan cepat mengulangi pekerjaan yang terdapat kesalahan. Paint.net adalahpilihan yang sangat baik untuk semua fotografer pemulayang mencari software pengeditan foto sederhana namun kuat yang dapat mereka gunakan untuk mengedit gambar yang mereka posting di media sosial.

Kelebihan

  • Interface yang terorganisir
  • Mudah dipelajari terlepas dari tingkat pengalaman Anda
  • Membuat mengedit banyak gambar sekaligus menjadi mudah
  • Kaya akan library efek dan filter

Kekurangan

  • Hanya kompatibel dengan komputer PC saja
  • Hanya mendukung format file foto umum

3. Photosapp for macOS

Harga:Gratis

Kompatibel:macOS

Semua pemilik Mac telah memiliki software pengedit foto canggih yang dapat membantu mereka mengatur dan mengedit foto. Meskipun aplikasi Photos app for macOS bukanlah perangkat lunak pengedit foto paling profesional yang dapat Anda temukan,alat koreksi warnanyamemungkinkan Anda untuk mengontrol cahaya dalam bidikan Anda dengan sangat presisi.

Software pengedit foto ini memungkinkan Andauntuk mengontrol keseimbangan warna,desaturasi foto,ataumenambahkan sketsake foto.Selain berbagai alat peningkatan warna, Photos App for macOSmemiliki library kaya akan filter dan efek,yang dapat Anda gunakan untuk membuat gambar Anda menonjol di media sosial.

Selain itu, Photos App dilengkapi dengan serangkaian mode pengeditan seperti Live Photo yang memberikan lebih banyak dinamika pada gambar diam ataumode Eksposur Panjangyang memungkinkan Anda mensimulasikan gambar yang diambil pada nilai eksposur rendah.Kemampuan berbagi filemembuat Photos App menjadi pilihan yang menarik bagi semua pengguna Mac yang ingin memoles foto mereka sebelum membagikannya di media sosial.

Kelebihan

  • Tersedia gratis untuk semua pemilik Mac
  • Kemampuan berbagi foto yang luar biasa
  • Desain interface yang sederhana dan fungsional
  • Banyak pilihan alat pengeditan foto

Kekurangan

  • Tidak ada opsi menyesuaikan filter
  • Hanya cocok sebagai opsi pengeditan foto dasar

4. Photos app for Windows 10

Harga:Gratis

Kompatibel:Windows 10

Windows 10 Photos Free Photo Editing Software for beginners

Ada banyak opsi untuk dipilih jika Anda ingin mengedit foto di komputer PC.native Photos app Windows 10 memungkinkan Anda untukmelihat,mengatur, mengedit, dan berbagi semua gambar yangAnda ambil dengan ponsel atau kamera Anda. Selain itu, Photos app juga menawarkan kemampuan pengeditan video dasar,yang memungkinkan Anda memoles video Anda sebelum membagikannya di media sosial.

Photos app memungkinkan Anda mengimpor gambar dari Ponsel atau kamera digital ke komputer Anda dan memilahnya sehingga Anda dapat mengeditnya dengan lebih efisien. Setelah Anda mengimpor gambar, Anda dapat membuat album dimana Anda dapat mengedit semua foto Anda.

Edit dan Menu pembuat tarik-turun berisi beberapa opsi berbeda yang dapat Anda gunakan untuk memutar atau mengcrop gambar,menerapkan filter,danmenghilangkan efek mata merah.Photos app juga memungkinkan Andamenggambar di atas foto,menambahkan lapisan teks animasi, atau efek 3D. Jika Anda mencari cara cepat untuk mengatur dan mengedit foto Anda, maka Photos app for Windows 10 mungkin adalah salah satu opsi terbaik Anda.

Kelebihan

  • Memungkinkan pengguna PC untuk mentransfer foto dari perangkat yang berbeda
  • Membuat pengorganisasian foto ke dalam album menjadi mudah
  • Alat pengeditan foto mudah digunakan
  • Menyediakan opsi pengeditan video

Kekurangan

  • Hanya memberikan alat pengeditan foto dasar
  • Tidak ada opsi menyesuaikan filter dan efek

5. PhotoScape X

Harga:Gratis

Kompatibel:Windows

Ini adalah salah satu software pengedit foto terbaik untuk pemula yang tidak membutuhkan banyak waktu untuk menguasainya. Selain memungkinkan Anda untuk melihat foto, PhotoScape juga menawarkan berbagai alat pengeditan foto. Interfacenya mudah dinavigasi, dan Anda tidak akan kesulitan untuk membiasakan diri menggunakannya.

PhotoScape dilengkapi dengan semuaalat pengeditan foto dasarsehingga Anda dapatmenyesuaikan warna,menambahkan teksatau bingkaiatau melakukan pengeditan foto lainnya. Editor foto berbasis Windows ini memungkinkan Andamenggabungkan dan menyatukan beberapa foto untukmembuat kolase atau memotong gambar Anda menjadi bagian-bagian terpisah.

Kemampuan pemrosesan batchnya juga luar biasa,jadi jika Anda mencari carauntuk mengedit banyak gambar, Anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan PhotoScape. Selain itu,software pengedit foto untuk pemula inimemungkinkan Anda membuat GIF dari foto Anda dan mengambil tangkapan layar dari layar komputer Anda.

PhotoScape bisa menjadi pilihan yang baik untuk semua fotografer yang baru saja mendapatkan kamera DSLR pertama mereka, karena memungkinkan merekauntuk mengonversi file RAW ke JPEG dengan mudah.Fitur percetakannya juga menjadi salah satu alasan mengapa fotografer pemula menggunakan perangkat lunak ini karena memungkinkan mereka untuk mencetak potret, landscape, atau bahkan foto paspor.

Kelebihan

  • Memberikan banyak pilihan alat untuk editing foto
  • Menyatukan atau menggabungkan foto mudah
  • Kemampuan konversi file RAW ke JPEG
  • Fitur pemrosesan batch yang luar biasa

Kekurangan

  • Hanya kompatibel dengan OS Windows
  • Tidak memiliki opsi pengeditan foto lanjutan

Apa yang harus dilihat dalam software pengedit foto gratis?

Software pengedit foto mana yang akan Anda pilih, dilihat dari berbagai faktor. Jika Anda mencarisoftware pengeditan foto gratisyang dilengkapi dengan alat pengeditan foto,Gimpmungkin adalah pilihan terbaik Anda. Editor foto ini memungkinkan Anda mengontrol semua nilai foto secara manual, dan Anda tidak perlu waktu banyak untuk mempelajari cara menggunakan fungsi dasarnya.

Namun, mengedit foto bisa menjadi tugas yang memakan waktu, dan editor foto seperti PhotoScape dapat menghemat banyak waktu Anda untuk mengedit foto. Memproses foto secara otomatis biasanya bukan pilihan yang bagus jika Anda ingin memiliki kontrol atas nilai seperti Kontras atau Eksposur. Photos apps for macOS dan Windows mungkin merupakan pilihan terbaik Anda jika Anda hanya mencari cara cepat untuk mengatur dan mengedit gambar Anda.

Bagian 2: Perangkat Lunak Pengeditan Foto Tingkat Lanjut untuk Pemula

Saat Anda tumbuh dan berkembang sebagai fotografer, begitu juga kebutuhan pengeditan foto Anda. Tindakan pengeditan foto yang rumit seperti mengkloning piksel atau mengedit gambar file RAW tidak dapat dilakukan di software pengeditan foto gratis mana pun untuk pemula yang kami bahas di bagian artikel sebelumnya. Jadi, kami telah memilih beberapa aplikasi pengeditan foto yang lebih canggih jika Anda memiliki lebih banyak persyaratan dalam pengeditan foto.

1. Wondershare Fotophire

Harga:Harga mulai dari $49.99, tersedia uji coba gratis

Kompatibel:macOS, Windows

Sekilas melihat daftar fitur Fotophire akan terlihat bahwa ia menawarkan semua alat yang Anda perlukan untuk mengedit foto Anda secara profesional. Perangkat lunak pengedit foto Wondershare memiliki mode Edit, Pemotong Foto, dan Penghapus Foto, dan Anda dapat menggunakannya masing-masing untuk menghapus latar belakang foto dengan cepat,menghapusobjek darinya,ataumeningkatkan warnanya.

Mode Pemotong Foto dapat menghapus latar belakang dari foto dalam hitungan detik, sementara Andadapat menghapus watermarkataumemperbaiki foto lama dari mode Penghapus.Sebagian besar software alat pengeditan foto dapat diakses dari mode Pengeditan, di mana Anda dapat melakukan koreksi warna, blur dan mempertajam gambar atau menerapkan filter dan efek padanya.

Fotophire juga memiliki lebih dari dua puluh modecampuranyang mengizinkan Anda mengontrol intensitas setiap efek atau filter yang Anda terapkan pada foto.Software pengedit foto ini mendukung berbagai format file gambardan memungkinkan Anda untuk mengedit semua gambar Anda terlepas dari format penyimpanannya. Wondershare Fotophire bisa menjadi alternatif yang bagus untuk semua fotografer yang masih belum merasa cukup nyaman untuk mulai menggunakan produk software pengedit foto Adobe.

Kelebihan

  • Interface yang dirancang dengan elegan dan intuitif
  • Alat koreksi warna yang sangat bagus
  • Tampilan sebelum dan sesudah menyederhanakan proses pengeditan foto
  • Memproses foto secara batch menjadi mudah

Kekurangan

  • Membutuhkan pengetahuan dasar tentang teknik pengeditan foto
  • Kemampuan pengeditan format file RAW terbatas

2.Fotor

Harga:Gratis, versi pro seharga $39.99/tahun

Kompatibel:macOS, WindowsWindows,online

Fotor hampir tidak sekuat beberapa produk software pengedit foto profesional yang kami bahas dalam artikel ini, tetapi itu tidak berarti Anda tidak dapat menggunakannya untuk meningkatkan bidikan yang Anda ambil dengan kamera Anda. Aplikasi pengeditan foto untuk komputer Mac dan Windows ini memilikisejumlah besar template yangmemungkinkan Anda membuat sampul Facebook.atau YouTube,post Instagram, atau spanduk situs web hanya dalam beberapa klik.

Selain menawarkan berbagai template,Fotor memiliki perpustakaan efek yang sangat besar,yang dapat Anda gunakan untuk membuat foto Anda lebih dinamis dan bersemangat.Aplikasi pengeditan foto ini adalah pilihan yang sangat sempurna jika Anda ingin menutupi noda kulit, memutihkan gigi model Anda, atau menghilangkan efek mata merah. Fotor memberi Anda akses ke lebih dari seratus opsitata letak kolasesehingga Anda dapatdengan mudah menggabungkan gambar dan bereksperimen dengan opsi yang berbeda.

Kemampuan pemrosesan batch Fotor juga merupakan salah satu alasanmengapa editor foto dengan keterampilan pemula dan menengah dalam mengedit foto memilih aplikasi ini untuk memproses foto mereka. Semua format file umum didukung, jadi Anda tidak akan kesulitan membuka foto apa pun terlepas dari kamera yang Anda gunakan untuk mengambilnya.

Kelebihan

  • Gratis dan tersedia untuk Windows dan Mac
  • Menawarkan berbagai pilihan template kolase
  • Menambahkan border atau layer teks mudah
  • Memungkinkan Anda menyesuaikan fokus di foto Anda

Kekurangan

  • Tidak ada opsi pengeditan file RAW
  • Tidak memiliki alat pengeditan foto tingkat lanjut

3. Ashampoo Photo Optimizer 2019

Harga$29.99

Kompatibel:Windows

Ashampoo Photo Editing Software for beginners

Ashampoo Photo Optimizer 2019 ditujukanuntuk pemasar media sosial dan editor gambar yangsering memprosesfoto secara batch. Perangkat lunak pengeditan video foto ini dirancang untuk menghemat waktu Anda dalam mengedit foto dengan mengotomatiskan prosesnya.

Anda hanya perlu memilih gambar yang ingin Anda edit dan klik tombol Optimalkan,dan software pengedit foto ini akan melakukan sisanya untuk Anda.Algoritme pencitraan software secara otomatis menyesuaikan keseimbangan warna di foto Anda dan membuat warnanya lebih hidup.

Ashampoo Photo Optimizer 2019 meningkatkan warna individual dalam foto, dengan menghitung nilai optimal untuk pengaturan kecerahan, kontras, saturasi, atau pencahayaan. Perangkat lunak pengedit foto ini juga akan mengcrop foto yang Anda edit dengannya secara otomatis,dan menghapus semua elemen yang tidak diinginkan dari bidikan Anda.Memutar foto juga sangat mudah, sehingga Anda dapat dengan cepat menyesuaikan setiap foto yang Anda edit ke platform media sosial yang ingin Anda bagikan.

Meskipun algoritme pemrosesan gambar masih dalam tahap awal, Ashampoo Photo Optimizer 2019 dapat berguna dalam berbagai situasi. Pemasar yang memproses gambar dalam jumlah besar setiap hari dapat memperoleh manfaat dari penggunaan Ashampoo Photo Optimizer 2019, karena memungkinkan mereka mengedit foto secara efisien tanpa pengetahuan sebelumnya tentang teknik pengeditan foto.

Kelebihan

  • Kemampuan pengoptimalan gambar yang kuat
  • Membuat pengguna menghemat waktu dalam mengedit foto
  • Cropping yang pas
  • Bagus untuk koreksi warna cepat

Kekurangan

  • Semua alat mengedit foto otomatis
  • Memiliki sedikit penawaran kepada calon fotografer

4. Capture One Pro

Harga:Harga mulai dari $241, tersedia uji coba gratis

Kompatibel:Windows, macOS

Jika Anda tidak menganggap diri Anda sebagai fotografer profesional berpengalaman, kemungkinan Capture One Pro bukanlah pilihan yang tepat untuk Anda. Perangkat lunak pengeditan foto ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan fotografer profesional kelas atas yang membutuhkan kontrol penuh atas proses pengeditan foto.

Jika Anda punya kamera digital Sony atau Fujifilm, maka Anda harus mempertimbangkan untuk memilih versi editor foto ini yang dibuat untuk memproses gambar yang diambil dengan berbagai model kamera yang dibuat oleh produsen kamera ini.

Hanya dengan melihat sekilas daftar panjang alat pengeditan foto Capture One Pro sudah cukup untuk memahami betapa kuatnya perangkat lunak pengeditan foto ini. Luminosity masking, linear gradients or film curves hanyalah beberapa opsi yang memastikan bahwa setiap foto yang Anda edit dengan Capture One Pro memenuhi standar industri tertinggi. Editor foto ini berisi berbagai gaya sinematik dan film yang memungkinkan Anda meniru tampilan gambar yang diambil pada kamera analog. Setiap versi editor foto berisi profil kamera yang membuat warna pada foto Anda lebih hidup bahkan sebelum Anda mulai mengeditnya

Kelebihan

  • Memberi kontrol penuh dalam proses pengeditan foto
  • Mendukung hampir semua format file foto
  • Alur kerja yang lancar
  • Pilihan style yang banyak

Kekurangan

  • Lebih mahal daripada kebanyakan produk software pengedit foto professional lainnya
  • Tidak ditujukan untuk fotografer amatir

5. ACDsee

Harga:$99,99

Kompatibel:Windows

acdsee

Meskipun ACDSee terutama dikenal sebagai software untuk melihat foto, dalam beberapa tahun terakhir perusahaan merilis beberapa versi software dengan nama ACDSee Photo Studio Professional. Pembaruan perangkat lunak 2020 saat ini adalah salah satu produk software pengeditan foto terbaik untuk fotografer profesional di pasaran.

Sulit membayangkan apa yang tidak dapat Anda lakukan dengan ACDSee Photo Studio karena software ini dilengkapi dengan semua alat yang Anda perlukan untuk mengedit foto secara profesional. Editor RAW-nya menampilkan opsi seperti Tone Curves atau Light EQ yang memungkinkan Anda menghapus semua ketidaksempurnaan dari foto Anda dengan mudah.

Alat Blended Clone dapat digunakan untuk menyalin piksel dari satu segmen foto dan memadukannya ke segmen lain dengan mulus. Fitur aplikasi pengenalan wajah membuat pengorganisasian foto lebih cepat dan lebih mudah, sementara alat manajemen kata kuncinya memungkinkan Anda menambahkan kata kunci ke semua foto baru yang Anda edit dengan ACDSee. Daftar panjang filter dan LUT membuat proses peningkatan warna menjadi lebih cepat dan menghemat waktu Anda untuk mencoba menemukan nilai rona atau saturasi yang sempurna untuk setiap foto.

Kelebihan

  • Alat pengeditan foto yang sederhana dan efektif
  • Kemampuan pemrosesan batch
  • Menawarkan berbagai filter preset dan LUT
  • Manajemen foto yang sangat mudah

Kekurangan

  • Tidak memiliki alat pengeditan foto tingkat lanjut
  • Lebih mahal dari aplikasi pengedit foto yang serupa

6. PhotoZoom Pro

Harga:$174.58

Kompatibel:Windows,macOS

PhotoZoom Pro Photo Editing Software for beginners

Beli Photozoom dengan diskon 50%

Ini bukan software pengedit foto biasa yang dapat Anda gunakan untuk menyesuaikan nilai warna atau menghilangkan noda kulit dari foto Anda. PhotoZoom Pro adalah software pembesaran foto yang memungkinkan Anda menaikkan foto Anda hingga 1x1 miliar piksel.

Teknologi pengubahan ukuran gambar S-Spline Max dirancang untuk mempertahankan tepi, detail, dan ketajaman gambar yang Anda perbesar. PhotoZoom Pro menghilangkan noise serta artefak kompresi JPEG yang biasanya terjadi selama proses pembesaran foto.

Selain itu, Anda dapat dengan mudah memproses gambar dalam jumlah besar dengan PhotoZoom Pro sebelum Anda mencetak atau membagikan secara online. Software pembesaran foto ini dapat digunakan sebagai plug-in untuk editor foto profesional seperti Adobe Lightroom atau Core PaintShop Pro serta aplikasi yang berdiri sendiri. Jadi, kecuali jika Anda ingin membuat cetakan format besar, hanya ada sedikit kebutuhan untuk berinvestasi di PhotoZoom Pro, tetapi fotografer yang sering mencetak gambar mereka dapat memperoleh manfaat dari kemampuan pembesaran gambar software ini.

Kelebihan

  • Proses pembesaran foto yang efisien
  • Menghilangkan noise dan artefak kompresi JPEG
  • Dapat digunakan sebagai software untuk produk perangkat lunak pengedit foto profesional
  • Fitur pemrosesan batch yang luar biasa

Kekurangan

  • Tidak ada alat pengedit foto
  • Ditujukan hanya untuk fotografi profesional

7. Adobe Lightroom Classic CC

Harga:$9,99 per bulan sebagai aplikasi single, $52,99 per bulan saat dibeli dengan Creative Cloud

Kompatibel:Windows, macOS

Adobe Lightroom telah menjadi standar industri untukfotografer profesional selama bertahun-tahun.Saat ini hanya ada beberapa produk software pengedit foto yang dapat berdiri berdampingan dengan Adobe Lightroom Classic CC.

Aplikasi ini memungkinkan Anda mengimpor gambar individu atau seluruh folder foto dan memungkinkan Anda untuk mengeditnya dengan cara apa pun yang Anda inginkan.Selain itu, Anda dapat mengimpor gambar format file RAW ke editor,mengeditnya, dan mengekspornya ke file JPEG. Adobe Lightroom mendukung hampir semua format file RAW, terlepas dari kamera yang digunakan untuk mengambilnya, jadi Anda tidak perlu khawatir jika Anda dapat mengedit gambar Anda.

Mengatur foto adalah hal lain yang cukup terkenal dari Adobe Lightroom Classic CC karena membuat proses mengatur atau menambahkan tag ke foto sesederhana mungkin. Jika Anda memutuskan untuk membeli aplikasi ini, Anda juga akan mendapatkan ruang penyimpanan, tetapi apakah Anda hanya akan mendapatkan 20GB atau 1TB tergantung pada paket yang Anda beli. Bahkan jika Anda bukan seorang fotografer profesional, memilih Adobe Lightroom Classic CC bisa menjadi ide yang bagus, jika Anda ingin mengembangkan keterampilan mengedit foto Anda.

Kelebihan

  • Kontrol kreatif lengkap atas alat pengeditan foto
  • Membuat pengorganisasian foto dalam jumlah besar menjadi mudah
  • Dukungan untuk semua jenis format file RAW
  • Kemampuan berbagi file yang luar biasa

Kekurangan

  • Bisa menjadi sangat mahal untuk pengguna non-profesional
  • Membutuhkan keterampilan tingkat tinggi dalam mengedit foto

8. Adobe Photoshop Elements

Harga:$9,99 per bulan sebagai aplikasi single, tersedia juga dalam paket berbeda

Kompatibel:macOS, Windows