Filmora
Filmora - AI Video Editor
Aplikasi Video Editor yang Canggih dan Sederhana
BUKA
Buat Video Secara Mudah dan Cepat Bersama dengan Filmora
  • Efek dan Filter Masif & Gratis tersedia untuk Digunakan
  • Personalisasi Area Crop Seperti yang Anda Inginkan
  • Modern & Cepat untuk Pemula dan Profesional

Cara Menggunakan Efek Teks iMovie

Liza Brown
Liza Brown Published time 2023-11-21, Edit time 2024-02-21

Teks disertakan dalam setiap film dan program televisi. Sebagai pengguna perangkat Apple, Anda mungkin sudah pernah mendengar tentang efek teks iMovie. Katakanlah Anda ingin menciptakan tampilan sinematik pada video Anda. Jika begitu, iMovie adalah platform yang layak untuk memberikan kemudahan seperti itu. Pengguna iOS dan macOS dapat mengakses teks animasi iMovie. Selain itu, tidak ada lag dalam proses pengeditan film 4K pada kecepatan 60 fps untuk animasi teks di iMovie. Meskipun teks umumnya merupakan bagian yang paling sederhana dalam video, teks seringkali memiliki dampak yang paling signifikan.

Untungnya, proses penambahan teks ke dalam video menjadi lebih mudah berkat program-program seperti iMovie. Tanpa harus menghabiskan banyak usaha untuk memahami cara menggunakannya, iMovie menawarkan beragam alat yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas proses pembuatan film Anda. Anda juga dapat menggunakan iMovie untuk menambahkan teks tanpa efek. Selain dari menambahkan kata-kata dan subtitel, iMovie juga memberi Anda kemampuan untuk mengimpor efek suara, mengubah kecepatan pemutaran, dan mengatur latar belakang film. Bagian-bagian selanjutnya akan menjelaskan cara menggunakan iMovie pada perangkat Mac dan iPhone untuk menambahkan efek teks iMovie ke dalam video. Mari kita lihat caranya.

Dalam artikel ini
  1. Bagian 1. Cara Menambahkan Efek Teks di iMovie Mac
  2. Bagian 2. Cara Menambahkan Efek Teks di iMovie iPhone/iPad
  3. Bagian 3. Alternatif dari iMovie untuk Menambahkan Efek Teks ke Video

Bagian 1. Cara Menambahkan Efek Teks di iMovie Mac

Meskipun pilihan yang tersedia terbatas dan hasilnya terasa kurang bervariasi, penggunaan iMovie tetap mudah dimengerti. iMovie memungkinkan Anda menambahkan berbagai jenis template teks ke dalam video; masing-masing template teks memiliki lokasi dan efek motion yang telah ditetapkan. Berikut adalah cara menambahkan teks ke dalam proyek iMovie dan membuat film yang awalnya membosankan menjadi lebih menarik.

Namun sebelum melanjutkan, sebagai contoh, Anda harus memahami efek teks dalam iMovie. Pada dasarnya, Teks Judul ditempatkan di tengah layar. Jenis lainnya mencakup Teks Kredit dan Panggilan Ketiga. Meskipun Teks Kredit biasanya ditempatkan di tengah layar, Panggilan Ketiga seperti saat menuliskan nama pembicara baru biasanya diletakkan di bagian bawah dan di sisi kiri atau kanan layar. iMovie memiliki kemampuan untuk menambahkan teks, baik untuk kredit pembuka atau penutup, nama karakter di bagian bawah layar, atau tujuan lainnya.

Langkah-langkah untuk Menambahkan efek teks iMovie:

Anda dapat menemukan iMovie di toko resmi situs web Apple. Ketika efek teks iMovie digunakan dalam video, tujuannya adalah untuk memberikan informasi tanpa mengalihkan perhatian dari cerita. Sebelum mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mempelajari cara menambahkan teks ke dalam video, Anda perlu mendownload dan menginstal program ini di komputer Mac Anda. Jika Anda belum melakukannya, silakan kunjungi app store Mac dan download versi iMovie gratis.

Langkah 1Buka iMovie dan mulailah proyek baru.

Saat iMovie sudah terbuka, pilih tab Proyek untuk menampilkan browser Proyek. Selanjutnya, pilih Buat Baru dan Film. Jika Anda sering menggunakan program ini, Anda juga bisa mengakses proyek yang sedang aktif seperti yang ditampilkan di bawah ini:

mulai proyek baru imovie
Langkah 2Tambahkan ke media Anda

Setelah proyek Anda siap, pilih opsi Impor Media untuk menambahkan video, audio, dan gambar. Setelah itu, seret video yang telah diimpor ke timeline iMovie (jendela bagian bawah pada antarmuka.

tambahkan ke media anda imovie
Langkah 3Tambahkan Teks pada Video

Inilah bagian yang paling penting, pilih opsi Judul di atas browser untuk membuka jendela teks yang terletak di bagian atas antarmuka iMovie. Selanjutnya, Anda akan memiliki beragam pilihan untuk dipilih. Dengan menggerakkan kursor Anda di atas thumbnail gaya teks, Anda dapat melihat pratinjau dari gaya teks tersebut.

tambahkan teks ke imovie

Setelah Anda memilih gaya yang Anda suka, Anda dapat menyeretnya ke lokasi yang diinginkan pada video atau mengklik ganda untuk menambahkannya.

Langkah 4Buat Teks Anda Sendiri

Selain itu, Anda memiliki kemampuan untuk membuat efek teks iMovie yang sesuai dengan preferensi Anda, termasuk gaya font, ukuran, warna, dan penataan teks. Untuk mengedit teks, klik ganda pada kotak teks dan masukkan kata-kata yang Anda inginkan. Kemudian, dengan menggunakan toolbar di atas browser, Anda memiliki kemampuan untuk mengedit jenis huruf, ukuran teks, penataan, format karakter, dan warna teks hingga teksnya memiliki ukuran dan warna yang sesuai dengan yang diinginkan.

buat teks anda sendiri imovie

Tip: Dengan menyeret overlay teks ke lokasi yang berbeda, Anda bisa mengubah teks dan menempatkannya agarr sesuai dengan lokasi yang diinginkan pada video Anda. Anda juga memiliki kemampuan untuk mengatur panjang atau pendek kotak overlay teks di dalam timeline dengan cara menyeret sudut kanan atau kirinya.

Bagian 2. Cara Menambahkan Efek Teks di iMovie iPhone/iPad

Anda mungkin telah menghasilkan film-film keren dengan iPhone, tetapi apa yang perlu Anda lakukan setelahnya? Bagaimana cara melakukan modifikasi pada film-film tersebut daripada hanya melakukan crop atau menggabungkan beberapa bagian untuk membuat satu video? iMovie merupakan alat yang sangat berguna dalam konteks ini. Saat ini adalah waktu yang paling pas untuk menikmati kesenangan ini dan merangkul bakat Hitchcock yang ada dalam diri Anda. Kami akan menunjukkan cara menggunakan iMovie pada iPhone untuk pertama kalinya pada postingan ini.

Langkah-langkah untuk Menambahkan Efek Teks di iMovie pada Perangkat iOS

Dari App Store Apple, download aplikasi iMovie pada iPhone. Silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memahami cara paling sederhana untuk menambahkan teks ke dalam video setelah membuka program pengeditan video di smartphone Anda. Penambahan teks dengan iMovie di iPhone (atau iPad) dapat dilakukan dengan mudah. Anda bisa mengikuti instruksi-instruksi sederhana berikut:

Langkah 1Buka Aplikasi iMovie

Buka iMovie pada iPad atau iPhone, ketuk simbol "+" untuk mengupload klip videonya, lalu pilih "Film" dari menu pop-up yang muncul.

buat proyek baru imovie iphone
Langkah 2Tambahkan Teks

Jika Anda ingin melakukannya, Anda bisa menambahkan teks dengan mengetuk tombol teks yang berlabel "T" di bagian bawah klip dalam Timeline film Anda.

edit teks imovie iphone
Langkah 3Animasikan Teks

Setelah memilih gaya teks yang cocok, Anda dapat memasukkan materi yang diinginkan dengan mengklik ganda pada kotak teks. Pada iMovie untuk iOS, Anda diberikan dua pilihan untuk menentukan posisi teks di layar film Anda, yaitu Pusat atau Bawah.

animasikan teks video imovie iphone
Langkah 4Bagikan atau Simpan

Terakhir, simpan atau bagikan teks animasi iMovie Anda dengan mengklik tombol Bagikan seperti yang ditunjukkan di bawah ini:

bagikan simpan video imovie iphone

Bagian 3. Alternatif dari iMovie untuk Menambahkan Efek Teks ke Video

IMovie, salah satu editor video yang populer, mempermudah proses penambahan teks ke dalam video. Dengan menggunakan iMovie, Anda dapat menambahkan judul, subtitel, atau keterangan, dan juga kredit ke dalam film Anda dengan mudah. Meskipun demikian, bagi pengguna yang baru belajar, antarmuka pengeditan iMovie mungkin terasa agak membingungkan. Jangan khawatir! Dengan hanya beberapa langkah sederhana, Anda dapat dengan mudah menambahkan teks ke video menggunakan Filmora, sebuah pengedit video yang gratis dan efisien.

Filmora menyediakan beragam template yang mengagumkan untuk memenuhi sebagian besar kebutuhan penyuntingan audio dan video Anda. Anda juga akan mendapatkan sejumlah fitur bermanfaat, seperti split-screen, pelacakan pergerakan, green screen, dan banyak lagi. Alat Keyframing dari pengedit ini memungkinkan Anda memasukkan tindakan-tindakan yang disesuaikan di antara bagian-bagian video. Selain itu, Anda dapat mengupload film yang telah diedit ke platform favorit ANda dengan cepat dan kualitas 4K.

Download Gratis
Download Gratis

Cara Menambahkan Efek Teks di Video Menggunakan Filmora

Langkah 1Download dan Buka Filmora Text Editor

Untuk memanfaatkan pengedit teks yang paling mudah dan efisien sebagai pengganti iMovie, Anda perlu mendownloadnya ke komputer Anda melalui situs web resmi. Kemudian, instal program ini dengan membuka file yang telah Anda download dari komputer, dan ikuti petunjuk sederhana untuk menyelesaikan proses instalasinya.

download dan buka filmora text editor
Langkah 2Impor Media Anda

Untuk mengimpor klip video atau foto yang dibutuhkan, Anda hanya perlu memilih opsi Impor Media pada antarmuka pengeditan Filmora. File-file ini juga dapat diseret dan dilepaskan pada antarmukanya dengan mudah.

impor media
Langkah 3Menambahkan Efek Teks

Salah satu keunggulan terbesar dari Filmora saat ini adalah kemudahan yang diberikannya dalam melakukan pengeditan video yang canggih. Anda dapat mengubah audio serta menambahkan efek, transisi, elemen tambahan, anotasi, split screen, dan lainnya. Pilih efek teks yang sesuai setelah mengklik tab Judul. Lepaskan efek tersebut dengan menyeretnya ke timeline. Teksnya harus diposisikan pada adegan video yang tepat. Untuk mengubah jenis font, warna, dan isi teks, klik ganda pada teks di timeline untuk membuka jendela yang sesuai.

tambahkan efek teks
Langkah 4Tambahkan Efek Transisi

Wondershare Filmora tidak hanya memungkinkan Anda untuk mengimpor banyak klip ke dalam pengedit, tetapi juga membantu Anda meningkatkan konten yang mungkin terasa membosankan dan tidak menarik. Pada timeline software ini, Anda dapat menggunakan berbagai transisi yang memberikan efek visual menarik pada rekaman video Anda. Pilih menu Transisi dari bar menu di sisi kiri program ini untuk mengakses perpustakaan efek transisi yang menawarkan berbagai efek yang dapat Anda pilih.

tambahkan efek transisi
Langkah 5Ekspor dan Publikasikan

Setelah menyelesaikan proses pengeditan di Filmora, Anda memiliki banyak opsi yang tersedia ketika ingin mengekspor rekaman layar dan rekaman webcam Anda. Sekarang, Anda bisa mengekspor rekaman ke komputer Anda dengan mengklik tombol Export yang terletak di bagian atas antarmuka software, seperti yang ditunjukkan pada contoh di bawah ini.

Sekarang, Anda bisa memilih platform yang Anda sukai dan mengupload karya Anda ke YouTube, Vimeo, atau situs populer lainnya dengan cepat dengan mengikuti langkah-langkah ini.

Kesimpulan

IMovie membuat proses mengimpor gambar, audio, dan video untuk film Anda menjadi sederhana. Anda juga memiliki opsi untuk memasukkan berbagai efek, suara, transisi, dan gaya judul ke dalam film Anda. Buka iMovie. Ini adalah salah satu alat pengeditan terbaik yang dapat memberikan hiburan dan hasil yang efektif. Selain itu, dengan menggunakan iMovie, pengguna dapat dengan mudah menambahkan teks pada video iPhone mereka. Pada artikel ini, kami telah menguraikan efek teks dan menunjukkan langkah-langkah untuk menerapkannya di iMovie pada komputer Mac maupun iPhone.

Download Gratis
Download Gratis
Liza Brown
Liza Brown Feb 21, 24
Share article: