filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
The best video editor to help you eidt your stunning video with powerful editing tools.
  • Enables you to change video resolution, bit rate and frame rate
  • Large collection of great title & text overlays
  • Take use of temperature, tint, lights, 3D luts, vigmette and more

Pro dan kontra dari realitas virtual

author

Nov 28, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Virtual Realityadalah teknologi yang menggunakan software untuk menciptakan lingkungan buatan. Itu membuat beberapa indera buatan seperti menyentuh, mendengar dan melihat. Dunia realitas virtual menggabungkan kekuatan grafis 3D. Teknologi virtual reality banyak digunakan untuk berbagai keperluan. Seperti video game, engineering, hiburan, edukasi, design, film, media, pengobatan dan masih banyak lagi. Virtual reality membuat berbagai perubahan penting dalam kehidupan manusia dan aktivitasnya sehari-hari. Terutama ada tiga jenis sistem VR: Video Mapping VR, Immersive VR, dan Desktop VR.

Anda mungkin juga menyukai:
Sejarah Virtual Reality
Aplikasi VR di Hiburan
Perbedaan antara VR, AR dan MR

Kelebihan dan kekurangan dari Virtual Reality

Virtual Reality adalah teknologi yang didasarkan pada gagasan untuk membenamkan diri ke dalam realitas artifisial secara tidak alami. Akhirnya VR menjadi kenyataan tetapi ada beberapa Kelebihan dan Kekurangan darinya. Beberapa kelebihan dan kekurangan utama tercantum di bawah ini:

Kelebihan dan Kekurangan VR
Kelebihan Kekurangan
Lebih baik dari kenyataan Harga tinggi
Digunakan di berbagai bidang Komunikasi tidak boleh diganti untuk sekelompok orang
Pengguna memiliki pengalaman yang luar biasa Perasaan tidak berharga
Memberikan tampilan detail Pengguna kecanduan dunia virtual
Terhubung dengan orang-orang Teknologi masih eksperimental
Komunikasi yang efektif Pelatihan di lingkungan VR tidak nyata

Kelebihan:

  • Lebih baik dari kenyataan

Visual yang terlihat dalam realitas visual jauh lebih baik daripada realitas. Teknologi Virtual Reality digunakan dalam video game dan pengguna mendapatkan perasaan bahwa dia berada di dunia lain. Dalam video game oleh pengontrol game VR, transmisi getaran dan juga sensasi lainnya telah dilakukan. Penggunaan suara dan grafik dalam video telah dimasukkan ke dalam VR. Selain itu, ini memberikan pengalaman bermain game yang baik bagi pengguna. Selain itu, pengguna juga bisa mendapatkan pengalaman nyata dalam bermain game seperti pengguna bertarung dengan zombie.

  • Digunakan di berbagai bidang

Karena fitur-fiturnya yang luas, virtual reality telah digunakan di berbagai bidang seperti militer, pendidikan, dan perawatan kesehatan. Itu menambah lebih banyak dimensi di berbagai bidang. Virtual reality yang digunakan dalam penerbangan dan arsitektur untuk melihat produk akhir.

  • Pengguna memiliki pengalaman yang luar biasa

Pengguna memiliki pengalaman luar biasa dalam menggunakan virtual reality. Teknologi VR membuat pengguna merasa bahwa mereka mengalami lokasi nyata dan mendengar suara nyata dan melihat hal-hal nyata. Banyak orang memiliki perasaan untuk menggunakan semakin banyak teknologi virtual reality. Hal ini sangat diperhitungkan oleh orang-orang difabel. Karena dengan menggunakan virtual reality mereka dapat menjelajahi dunia nyata. Film yang diproduksi untuk VR memberikan izin kepada penonton untuk melihat seluruh lingkungan di setiap adegan. Dengan demikian, menciptakan pengalaman menonton interaktif bagi penonton.

  • Memberikan tampilan detail

Virtual reality memberikan tampilan penuh dan detail dari suatu tempat. Misalnya virtual reality membuat situs wisata lebih menarik dan mudah. Ini memberikan tampilan rinci dari tempat di mana Anda ingin berkunjung. Sehingga pemirsa dapat merencanakan perjalanan mereka dengan melihat lokasi sebenarnya dari tempat itu. Selain itu, pengguna juga dapat melihat landmark penting serta tempat-tempat penting yang mereka minati.

  • Terhubung dengan orang-orang

Virtual reality memberikan kesempatan untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang tidak Anda kenal di kehidupan nyata Anda. Ini membantu dalam membentuk hubungan baru dengan cara yang lebih efisien dibandingkan dengan kehidupan nyata. Pengguna menjadi tahu tentang berbagai jenis orang dan terhubung dengan mereka.

  • Komunikasi yang efektif

Salah satu kelebihan utama dari Virtual reality adalah komunikasi yang efektif. Pengguna dapat berkomunikasi satu sama lain dan dengan demikian menikmati percakapan di antara mereka. Ini memberikan pengalaman baru berkomunikasi dengan orang-orang.

Kekurangan:

  • Harga tinggi

Salah satu kekurangan utama dari game virtual adalah tidak mungkin bagi semua orang untuk membelinya. Itu terlalu mahal dan orang-orang yang tidak mampu ini akan ditinggalkan dari menggunakan teknologi ini.

  • Komunikasi tidak boleh diganti untuk sekelompok orang

Kekurangan lain dari virtual reality adalah bahwa komunikasi menggunakan teknologi ini tidak boleh diganti untuk sekelompok orang. Selain itu, akan rentan terhadap ketidakjujuran.

  • Perasaan tidak berharga

Para pengguna virtual reality berkali-kali merasakan perasaan tidak berharga. Mereka merasa seperti melarikan diri dari dunia nyata dan terkadang perasaan ini terbukti sangat berbahaya bagi mereka.

  • Pengguna kecanduan dunia virtual

Pengguna kecanduan dunia virtual dan menavigasi lingkungan non virtual. Kecanduan ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan bagi mereka.

  • Teknologi masih eksperimental

Padahal teknologi virtual reality digunakan di berbagai bidang namun masih bersifat eksperimental. Ini tidak diterima atau dikembangkan sepenuhnya. VR memiliki banyak kekurangan karena itu tidak dapat diterima sepenuhnya.

  • Pelatihan di lingkungan VR tidak nyata

Kekurangan lain dari realitas virtual adalah bahwa seseorang yang telah dilatih di lingkungan VR dapat melakukannya dengan baik di lingkungan itu, tetapi dia tidak dapat bekerja dengan baik di dunia nyata. Oleh karena itu, tidak akan memberikan hasil yang sama dalam situasi kehidupan nyata dibandingkan dengan lingkungan Virtual Reality.

author
Benjamin Arango
Benjamin Arango is a writer and a lover of all things video.