filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
The best game recorder for you to capture and edit popular gameplay.
  • 15-120 FPS to choose from
  • Stable game recording experience
  • GPU acceleration is available

Bagaimana Cara untuk Berbagi Layar pada Discord?

author

Nov 24, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Discord adalah sebuah aplikasi obrolan grup yang dirancang untuk menyatukan komunitas orang-orang yang memiliki pemikiran yang sama. Aplikasi ini diluncurkan pada tahun 2015 yang ditujukan untuk para gamer, dan di saat ia masih sangat populer di dunia game, ia juga telah berkembang untuk menjangkau berbagai macam minat dan tema yang memiliki kesamaan. Anda mungkin ingin berkumpul untuk membahas tentang serial film klasik, mempelajari sebuah proyek bersama, atau hanya sekedar terlibat dengan fanbase YouTuber favorit Anda.

Anda tidak hanya dapat mengobrol melalui teks – Discord memudahkan Anda untuk melakukan obrolan suara dan panggilan video, dan Anda juga dapat membagikan layar Anda – sangat cocok jika Anda hanya ingin melakukan streaming ke audiens dalam jumlah yang lebih sedikit daripada sesuatu seperti Twitch, atau Anda memerlukan kolega Anda untuk meninjau pekerjaan Anda di saat Anda memberikan penjelasan. Di sini kami akan membawa Anda menelusuri cara berbagi layar pada Discord selangkah demi selangkah.

Dalam artikel ini:

Bagian 1: Pengaturan untuk Berbagi Layar pada Discord

Sebelum Anda mulai benar-benar membagikan layar Anda pada Discord, Anda harus memastikan bahwa Anda telah menyiapkan semuanya dengan benar.

Buka Pengaturan Pengguna dengan mengklik roda gigi di bagian kiri bawah di samping nama pengguna Anda.

Bagaimana cara Berbagi Layar pada Discord

Di sini Anda akan menemukan opsi mudah yang disebut 'Suara & Video'. Gunakan ini untuk memastikan bahwa pengaturan audio Anda berfungsi dengan benar – baik mikrofon Anda untuk berkomunikasi dengan orang yang Anda tuju untuk berbagi layar, dan output Anda sehingga Anda juga dapat mendengarnya dengan jelas.

Berbagi Layar pada Discord

Anda juga dapat memperbarui pengaturan video Anda di sini, jika Anda juga ingin berada di kamera saat Anda membagikan layar Anda. Sesuaikan opsi webcam Anda dan jalankan tes jika Anda ingin melihat tampilannya.

Terdapat pula sejumlah opsi pintar yang tersedia jika Anda ingin mengotak-atik hal-hal seperti Peredam Noise, Pembatalan Gema, dan sebagainya jika Anda scroll ke bagian bawah pada opsi menu ini. Silakan mencoba jika Anda mau, tetapi bagi kebanyakan orang, pilihan yang telah disiapkan sudah cukup.

Sekarang, ketika Anda ingin membagikan layar Anda (yang akan kami bahas di bawah), Anda akan terlebih dahulu diberikan satu opsi terakhir – resolusi dan frame rate Anda.

 Pengaturan untuk Berbagi Layar pada Discord

Di sini Anda dapat mengatur kualitas gambar yang akan Anda bagikan. 480p dan 720p (HD) tersedia sebagai standar bersama dengan 15fps dan 30fps. Jika Anda ingin 1080p atau menggunakan opsi Sumber, atau 60fps, Anda harus membayar untuk akun Discord Nitro, yang merupakan tingkat keanggotaan yang lebih tinggi yang di mulai dari $ 49,99 per tahun atau $4,99 per bulan.

Bagian 2: Bagaimana Cara untuk Berbagi Layar pada Server Saluran Suara Discord?

Setelah pengaturan Anda selesai, Anda sudah siap untuk memulai. Saat ini Anda dapat membagikan layar Anda menggunakan browser Discord online atau di aplikasi Discord. Anda tidak dapat berbagi layar di ponsel. Berbagi layar berfungsi pada Windows, Mac, dan Linux, tetapi Anda hanya dapat berbagi audio di Windows 10.

Di luar dari itu, berikut adalah cara berbagi layar pada Discord di aplikasi desktop.

Pertama, Anda harus berada dalam sebuah server saluran suara. Ini berarti Anda harus berada di dalam sebuah server yang telah Anda siapkan atau bergabung dengan teman, dan aktif dalam obrolan suara. Anda akan memulai dalam sebuah saluran teks yang telah tersedia, jadi pastikan untuk bergabung dengan sebuah saluran suara. Setelah Anda berada di saluran tersebut, Anda akan dapat mulai mengobrol dengan siapa pun di saluran suara tersebut.

Mengundang Orang ke Discord

Setelah bergabung, Anda akan melihat sebuah opsi baru di kiri bawah layar untuk membagikan layar Anda. Klik tombol ini dan Anda akan diberikan opsi untuk mulai membagikan layar Anda – Anda dapat memilih aplikasi mana yang ingin Anda bagikan secara khusus, atau seluruh layar Anda.

Pilih Jendela Bagikan Layar di Discord

Setelah Anda memilih layar Anda untuk dibagikan, Anda dapat melakukan pengaturan seperti yang disebutkan di atas.

Penting untuk diingat bahwa jika Anda membagikan layar Anda melalui Discord online di browser web Anda, Anda tidak akan mendapatkan opsi penyesuaian yang sama. Saat Anda mengklik bagikan layar, Anda hanya akan mendapatkan kesempatan untuk memilih jendela mana yang ingin Anda bagikan, dan itu akan terlihat sedikit berbeda. Setelah selesai, Anda akan berbagi – Anda tidak dapat mengubah resolusi atau frame rate di browser online. Jika itu menjadi masalah, Anda mungkin ingin mendownload aplikasinya – aplikasi ini gratis untuk digunakan dan seringkali lebih cepat.

Pengaturan Berbagi Layar pada Discord

Bagian 3: Bagaimana Cara untuk Berbagi Layar pada Pesan Langsung Discord?

Jika Anda ingin membagikan layar Anda pada Discord dalam sebuah pesan langsung pribadi, langkah-langkahnya sedikit berbeda. Pertama, tidak terdapat saluran suara otomatis untuk bergabung, jadi Anda harus memulai sebuah panggilan video. Untuk melakukan ini, klik tombol panggilan video di kanan atas layar Anda saat Anda berada di folder Pesan Langsung dengan orang yang ingin Anda tuju untuk membagikan layar Anda.

Mulai Panggilan Video di Discord

Kemudian, Anda hanya perlu mengklik tombol bagikan layar yang akan muncul di kontrol panggilan utama Anda di tengah layar. Setelah selesai, Anda dapat membagikan layar Anda dengan cara yang sama seperti yang Anda lakukan di saluran suara.

Berbagi Layar dengan Teman pada Discord

Bagian 4: Bagaimana Cara untuk Mengubah Pengaturan Saat Berbagi Layar pada Discord?

Setelah Anda memulai berbagi layar pada Discord, Anda tidak perlu berhenti dan memulai lagi jika Anda ingin mengubah pengaturan apa pun. Malah, Anda dapat mengubahnya saat Anda menggunakannya. Caranya juga cukup sederhana.

Pertama, saat Anda membagikan layar Anda, Anda akan melihat jendela kecil muncul di layar Anda pada Discord. Arahkan kursor ke atasnya dan Anda akan melihat sebuah roda gigi dengan Pengaturan Stream yang disorot. Klik pada tombol roda gigi ini.

Pengaturan Stream Discord

Dari sini, Anda akan mendapat menu pengaturan stream, di mana Anda dapat mengubah frame rate dan resolusi, atau beralih ke jendela atau aplikasi lain jika Anda ingin membagikan sesuatu yang lain.

Mengubah Kualitas dalam Berbagi Layar pada Discord

Ini sangat berguna jika Anda ingin mengerjakan aplikasi atau proyek yang berbeda secara bersamaan, di mana menurunkan resolusi atau frame rate sangat membantu jika streaming Anda menjadi lambat. Jika orang yang berbagi layar dengan Anda mendapati bahwa streaming Anda tersendat-sendat atau audio dan video Anda terus terputus, coba untuk menurunkan resolusi dan frame rate agar lebih terkendali.

FAQ Mengenai Berbagi Layar Discord

1. Bagaimana Saya dapat Berbagi Layar pada Discord untuk Ponsel?

Sayangnya, jika Anda menggunakan aplikasi Discord di ponsel pintar Android atau iOS Anda, Anda tidak akan dapat membagikan layar Anda. Sistem operasi ini memblokir aplikasi yang merekam layar Anda, yang berarti itu bukanlah fitur yang akan segera hadir kecuali Discord dapat mencapai kesepakatan dengan Google dan/atau Apple. Anda dapat bergabung dengan sebuah stream, dan menonton layar orang lain dari ponsel Anda.

2. Bagaimana Saya dapat Berbagi Layar pada Discord untuk Ponsel?

Secara standar, satu-satunya sistem operasi yang memungkinkan Anda untuk berbagi audio saat berbagi layar adalah Windows 10. Jadi, jika Anda menggunakan MacBook atau iMac, atau Anda menggunakan sistem operasi Linux atau OS lain yang kurang dikenal, Anda tidak akan dapat berbagi audio secara standar.

Tersedia beberapa solusi, seperti yang satu ini yang dibagikan di Reddit, tetapi ia melibatkan banyak langkah dan perlu mendownload software tambahan. Selalu periksa download dengan software antivirus Anda.

3. Berapa Banyak Orang yang Dapat Saya Bagikan Layar pada Discord?

Secara umum, terdapat batasan sebanyak 10 orang untuk setiap streaming Langsung di Discord, untuk memastikan bahwa semua pengguna memiliki pengalaman yang baik tanpa masalah performa. Namun, Discord sendiri meningkatkan batas itu dari 10 pengguna menjadi 50 pada Maret 2020, untuk membantu orang-orang melewati pandemi Coronavirus. Tidak tersedia tanggal akhir pasti yang diberikan untuk peningkatan batas tersebut tetapi diperkirakan akan diturunkan lagi.

4. Mengapa Saya Tidak Dapat Membagikan Layar pada Discord?

Jika Anda kesulitan membagikan layar Anda pada Discord, terdapat sejumlah masalah potensial. Pertama, pastikan Anda menggunakan program desktop dan bukan aplikasi ponsel. Kedua, pastikan Anda menjalankan Discord sebagai administrator. Jika masih tidak berfungsi, cobalah untuk menghapus dan menginstal ulang Discord. Jika versi baru tidak berfungsi, Anda mungkin perlu mengirim email ke support@discordapp.com.

5. Mengapa Layar Saya Hitam saat Berbagi Layar padai Discord?

Jika Anda berbagi layar tetapi hanya berwarna hitam, Anda mungkin memiliki masalah dengan hardware grafis Anda. Perbarui driver kartu grafis Anda, dan perbarui Discord ke versi terbaru juga. Pastikan Anda menutup semua program yang tidak perlu pada saat yang sama, karena program tersebut mungkin menggunakan memori berharga yang dapat menyebabkan pembagian layar Anda gagal.

6. Bagaimana Meningkatkan Kualitas Berbagi Layar Discord?

Jika Anda ingin meningkatkan kualitas berbagi layar Discord Anda karena prosesnya lambat, Anda harus memeriksa apakah koneksi internet Anda memiliki kecepatan unggah yang memadai. Banyak penyedia broadband yang menawarkan download cepat tetapi dengan kecepatan unggah yang rendah, jadi jika Anda mengunggah sebuah video, mungkin akan tersendat dan mengalami kesulitan.

Jika Anda ingin meningkatkan video dan frame rate pembagian layar Anda karena Anda ingin hasilnya terlihat lebih baik, Anda harus meningkatkan ke Discord Nitro, yang dimulai dari $ 49,99 per tahun atau $ 4,99 per bulan.

author
Liza Brown
Liza Brown is a writer and a lover of all things video.