Filmora
Filmora - AI Video Editor
Aplikasi Video Editor yang Canggih dan Sederhana
BUKA
Buat Video Secara Mudah dan Cepat Bersama dengan Filmora
  • Efek dan Filter Masif & Gratis tersedia untuk Digunakan
  • Personalisasi Area Crop Seperti yang Anda Inginkan
  • Modern & Cepat untuk Pemula dan Profesional

Kolaborasi Merek untuk YouTube

Liza Brown
Liza Brown Published time 2023-11-21, Edit time 2024-02-21

Salah satu keuntungan menjadi seorang influencer adalah kesempatan untuk bekerja sama dengan merek favorit Anda di platform media sosial. Namun, sebelum menjalin kerja sama dengan merek yang Anda inginkan, Anda perlu berusaha keras, membangun audiens, dan tentu saja, Anda harus menyisihkan waktu dan sumber daya untuk memberikan kesan yang positif kepada merek-merek tersebut.

Alasan merek mencari kreator untuk mempromosikan produk mereka adalah karena perusahaan dapat menggunakan follower dari kreator tersebut, bukan hanya di YouTube tetapi juga di platform media sosial lainnya, dan konten video yang dihasilkan tidak akan terlihat seperti iklan. Jika Anda masih seorang pemula dalam hal ini, kesepakatan sponsor merek atau kerja sama kolaborasi tidak akan sering ada. Oleh karena itu, Anda harus mengontak sendiri merek-merek tersebut.

Influencer media sosial telah menjadikan kerjasama merek sebagai suatu seni, dan karena influencer memiliki pengaruh besar terhadap audiens mereka, perusahaan yang cerdas akan mencari kesempatan untuk berkolaborasi dengan pembuat konten di YouTube.

Dengan kata lain, konten bermerek adalah suatu hal besar. Konten ini memberikan kesan profesional kepada saluran YouTuber tersebut, menarik perhatian perusahaan, dan menghasilkan pendapatan bagi keduanya.

Jika Anda masih seorang pemula dalam konten merek atau mungkin masih mencari kerjasama pertama Anda, semuanya mungkin terasa seperti bohongan. Pada akhir artikel ini, Anda akan mengetahui langkah-langkah yang dapat Anda ambil agar berhasil menjalin kerja sama.

Pada artikel ini
  1. Apa itu Kolaborasi Merek
    1. Menbangun audiens atau Pelanggan
    2. Penelitian Merek
    3. Mengontak Merek
    4. Membuat sebuah video presentasi yang bagus
    5. Jangan pernah menghubungi merek yang tidak Anda percayai

Apa itu Kolaborasi Merek

Kolaborasi adalah bagian yang tak terpisahkan dari komunitas YouTuber, dan melalui pemaparan bersama ini, kedua pihak memiliki peluang untuk memperluas audiens mereka dengan tingkat pertumbuhan yang mengesankan, yang lebih sering dikenal dengan sebutan "kolaborasi".

Merek-merek besar sering menggunakan pengaruh tokoh selebriti atau duta merek untuk mengomunikasikan pesan pemasaran mereka. Di sisi lain, para pembuat konten YouTube telah memiliki audiens yang aktif berinteraksi dengan platformnya, serta pengaruh besar yang dimiliki oleh kreator terhadap pengikut mereka.

Tips tentang cara mendapatkan Kolaborasi Merek

  • Membangun audiens atau Pelanggan
  • Penelitian merek
  • Mengontak Merek
  • Membuat sebuah video presentasi yang bagus
  • Jangan pernah menghubungi merek yang tidak Anda percayai

Membangun audiens atau Pelanggan

Sebelum Anda menjalin kerja sama dengan merek untuk berkolaborasi, Anda tentunya perlu membangun saluran YouTube Anda dan memiliki banyak pelanggan agar Anda tidak merasa ragu untuk mengajak merek untuk bekerja sama. Seperti yang Anda ketahui, kolaborasi juga melibatkan aspek bisnis, di mana kedua belah pihak mendapatkan manfaat. Merek mencari pembuat konten yang memiliki banyak pelanggan untuk berkolaborasi agar mereka dapat mengiklankan merek mereka dengan biaya rendah. Seperti halnya para pembuat konten, mereka membutuhkan kerja sama dengan merek untuk memperkenalkan saluran mereka kepada orang lain karena merek sering membagikan video dari para kreator di halaman mereka dan terkadang menawarkan pembayaran kepada para pembuat konten untuk membuat video tentang produk mereka.

membangun audiens dan pelanggan

Penelitian Merek

Melakukan penelitian sendiri tentang mereknya sangatlah penting, dan Anda juga sebaiknya memusatkan perhatian pada merek-merek yang lebih kecil dan berfokus pada segmen tertentu untuk memulai kerjasama. Sebuah produk yang audiens Anda akan sukai,

Selalu kunjungi situs web merek, temukan informasi menarik tentang mereknya, dan pastikan bahwa merek tersebut sesuai dengan minat audiens Anda sebelum menjalin kerja sama.

Anda juga perlu selalu mempertimbangkan kesejahteraan audiens, apakah merek yang Anda pilih sesuai dengan minat audiens Anda atau mungkin ini adalah merek yang diinginkan oleh audiens Anda.

jangkauan merek

Mengontak Merek

Jika Anda berinisiatif untuk mengontak sebuah merek, peluang untuk bekerja sama dengan mereka akan menjadi lebih tinggi. Cara yang paling sederhana untuk melakukannya adalah dengan menghubungi mereknya secara langsung.

Anda dapat selalu mengirimkan email kepada merek-merek yang Anda pertimbangkan untuk bekerja sama. Penting untuk diingat bahwa setiap email harus sangat disesuaikan dengan penerima, dan setiap email harus memiliki perkenalan diri yang jelas dan singkat. Siapa Anda, dari mana Anda berasal, bagaimana Anda memulai, dan di mana Anda berada sekarang? Sertakan juga penjelasan tentang bagaimana mereknya bisa mendapatkan keuntungan dengan menjadi sponsor saluran Anda pada email. Pastikan untuk menunjukkan bahwa Anda memiliki strategi untuk menjalin kerja sama yang bermanfaat, bukan hanya bagi Anda, tetapi juga untuk merek tersebut.

Merek telah mengetahui bahwa kolaborasi dapat memberikan manfaat kepada pembuat konten. Oleh karena itu, seluruh komunikasi Anda seharusnya terpusat pada bagaimana merek akan mendapatkan manfaat melalui sponsorship.

Jika Anda telah membangun audiens atau pelanggan, Anda tidak perlu menghubungi merek untuk berkolaborasi karena merek yang akan menghubungi Anda.

mengontak merek

Membuat sebuah video presentasi yang bagu.

Menyajikan sebuah video berkualitas tinggi adalah cara yang luar biasa untuk membuat merek terkesan dengan konten Anda. Tetapi Anda harus bersedia berinvestasi. Jika Anda ingin menarik perhatian merek yang ingin Anda ajak kolaborasi, Anda harus membeli produk mereka terlebih dahulu dan membuat review serta presentasi video yang bagus tentang produk tersebut agar Anda dapat menunjukkannya kepada mereka saat menghubungi mereka melalui email.

Untuk membuat video yang menarik, Anda harus memiliki software pengeditan video yang canggih untuk membuat video presentasi yang bagus dan kreatif.

membuat video presentasi

Wondershare Filmora adalah pilihan yang luar biasa karena fitur menariknya dipakai oleh hampir semua profesional dalam pengeditan video dan juga pembuat konten. Software ini mudah digunakan dan merupakan solusi lengkap untuk menyempurnakan video Anda. Software ini menawarkan layanan penyempurnaan video yang dapat digunakan dengan mudah melalui metode seret-dan-lepas, dengan efek video mengagumkan yang akan membuat video Anda menonjol. Selain itu, software ini juga mampu menyempurnakan kualitas video dan memudahkan proses impor/ekspor file.

DOWNLOAD GRATIS
DOWNLOAD GRATIS
mengedit video merek

Jangan pernah menghubungi merek yang tidak Anda percayai

Melakukan kolaborasi dengan merek yang tidak Anda senangi adalah pilihan yang tidak tepat. Jangan hanya fokus pada aspek finansial dan barang-barang gratis, melainkan fokus pada bagaimana Anda dapat menyelesaikan tugas Anda dengan baik tanpa harus menyajikan reaksi yang tidak jujur.

Setiap video yang Anda posting perlu mendatangkan nilai bagi penonton. Anda mungkin benar-benar ingin membuat konten merek dan menjalin kerja sama, tetapi jika konten yang Anda hasilkan tidak sejalan dengan merek Anda, audiens Anda tidak akan memperhatikannya. Saluran Anda dan merek tersebut bahkan akan menerima dampak negatif pada akhirnya.

Kesimpulan

Kolaborasi Merek dapat memberikan manfaat pada saluran Anda dan juga merek itu sendiri, tujuan akhirnya mungkin masih untuk menjual, tetapi bisnis harus mendekati konsumen dengan cara yang berbeda, mengubah mereka menjadi audiens terlebih dahulu, lalu meminta izin untuk menyampaikan pesan pemasaran Anda dalam bentuk konten yang bermakna. Merek harus aktif mendengarkan respons dari audiens, termasuk komentar, pertanyaan, dan saran yang mereka berikan.

Saat melakukan kolaborasi dengan merek, penting bagi Anda untuk tetap optimis karena upaya awal mungkin tidak selalu memberikan hasil yang diharapkan. Tetaplah mencoba dan tetap membuat konten yang menarik. Semakin banyak orang yang mengikuti Anda, akan semakin mudah bagi Anda untuk mendapatkan sponsor. Tetaplah fokus pada tujuan Anda dan jangan merasa kecewa karena Anda mungkin akan mencapai apa yang Anda inginkan pada waktu yang tepat.

Liza Brown
Liza Brown Feb 21, 24
Share article: