filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Editing 4K proxy video editing files with ease
  • Able to edit 4K video footage and create smaller Proxy video as well
  • A wide support for different formats.
  • Advanced features like Video Stabilization, Green Screen, Tilt Shift, Face off.

5 Kartu Grafis Terbaik untuk Pengeditan dan Rendering Video 4K tahun 2022

author

Nov 25, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Pada tahun 2021, merekam video dalam resolusi 4K tidak lagi mengharuskanmu memiliki peralatan profesional, karena bahkan kamera aksi dan Ponsel cerdas dapat merekam video dalam 4K dan 60fps. Mengedit konten video beresolusi tinggi seperti itu bisa menjadi proses yang lambat dan memakan waktu jika kartu grafis komputer-mu tidak mampu melakukan tugas yang menantang ini.

Karena semakin banyak produk aplikasi pengeditan video yang tadinya hanya bergantung pada CPU menjadi ke penggunaan GPU, kartu grafis menjadi semakin penting selama proses pengeditan dan rendering video. Kamu telah datang ke tempat yang tepat jika mencari cara untuk menghilangkan pemutaran patah-patah dari video 4K yang kamu edit, atau jika ingin mempersingkat waktu yang harus kamu habiskan untuk merender rekaman 4K, karena dalam artikel ini kami akan membawamu mengenali beberapa kartu grafis terbaik untuk pengeditan dan rendering video 4K.

5 Kartu Grafis Teratas untuk Pengeditan dan Rendering Video 4K

Hanya ada dua merek utama untuk dipilih di pasar kartu grafis, jadi kamu bisa memilih kartu grafis AMD atau Nvidia. Di masa lalu, Nvidia adalah pilihan yang jelas untuk editor video yang bekerja dengan file video resolusi tinggi dan besar, tetapi dalam beberapa tahun terakhir AMD telah merilis sejumlah model kartu grafis yang mampu menampilkan kinerja yang luar biasa. Jadi mari kita lihat lima kartu grafis terbaik untuk pengeditan dan rendering video 4K pada tahun 2021.

1. Asus AMD Radeon RX 5700 XT

Harga di Amazon: IDR 6.455.810

Kelebihan

  • Dilengkapi dengan memori GDDR6 8GB
  • Mendukung format rendering decoding dan encoding 4K H264
  • Memiliki fitur solusi VR premium
  • Memanfaatkan teknologi penajaman yang cerdas

Kekurangan

  • Potensi proses meningkatkan kinerja di atas bawaan pabrik yang mengecewakan

Kartu grafis AMD dirancang untuk membantu para pemain game, animator, atau editor video untuk memaksimalkan kualitas keluaran video yang dapat dihasilkan oleh komputer mereka. Arsitektur kartu rDNA 7nm memiliki 40 unit komputasi yang mengurangi latensi dan meningkatkan pengalaman bermain game. Selain itu, arsitektur rDNA meningkatkan teknologi Penajam Gambar Radeon, VR, dan FidelityFX yang memastikan bahwa setiap detail dalam video 4K ditampilkan secara akurat.

AMD Radeon RX 5700 XT memungkinkanmu menghubungkan hingga enam monitor dan memainkan video game dalam resolusi 8K pada 60fps atau menampilkan visual 5K pada 120fps. Kartu grafis ini memiliki fitur 4.0 express Interkoneksi Komponen Periferal yang menyediakan bandwidth sebanyak dua kali lebih lebar daripada yang dapat kamu temukan pada kartu grafis yang mendukung PCI 3.0 express.

2. Gigabyte AMD Radeon VII

Harga di Amazon: IDR 6.835.573

Kelebihan

  • Bandwidth memori 1TB
  • Kemampuan proses meningkatkan kinerja di atas bawaan pabrik yang luar biasa
  • Dilengkapi memori dengan lebar 4096-bit
  • Cocok untuk monitor 4K dan 8K

Kekurangan

  • Mengonsumsi daya 300 Watt

Jika kamu mengedit rekaman yang diambil dalam resolusi 4K atau 8K, AMD Radeon VII mungkin adalah kartu grafis terbaik yang bisa kamu dapatkan di tahun 2020. Kartu grafis ini memiliki VR dengan VRAM 16GB serta kecepatan beroperasi tertinggi pada 1.800MHz. Arsitektur 7nm-nya meningkatkan kinerja kartu sebesar 25%, dan memungkinkanmu melakukan tugas pengeditan video yang paling berat sekalipun atau memainkan video game apa pun yang kamu inginkan. Terlepas dari kenyataan bahwa Radeon VII tidak memiliki inti pelacak ray, tapi model AMD berkinerja mengagumkan di departemen game. Meskipun prosesor Ryzen generasi ketiga menawarkan dukungan untuk teknologi PCIe 4.0, Radeon VII hanya memiliki fitur konektor PCIe 3.0 yang agak membatasi jumlah data yang terkirim ke perangkat yang terhubung.

3. EVGA Nvidia GeForce RTX 2070 Super

Harga di Amazon: IDR 8.955.559

Kelebihan

  • Pelacakan ray waktu nyata
  • Kipas HDB ganda tanpa suara bising
  • 8192MB memori GDDR6
  • Kecepatan tertinggi 1770MHz

Kekurangan

  • Hanya memiliki fitur konektor PCIe 3.0

RTX 2070 Super mengurangi jumlah waktu yang harus kamu habiskan untuk merender video 4K-mu, menyediakan semua dukungan yang kamu perlukan untuk animasi 3D, dan memungkinkanmu memainkan video game terbaru secara waktu nyata. Arsitektur Nvidia Turing GPU berjalan pada AI canggih yang meningkatkan kinerja kartu grafis hingga enam kali lipat. Selain itu, inti RT khusus menyediakan hingga 10 Giga Rays per detik, sementara kemampuan pemrosesan bersamaan memungkinkan kartu AI untuk mengelola beban kerja yang berat. Kecepatan memori adalah 14Gbps, yang menjamin kelancaran pemutaran video 4K, dan kecepatan rendering file video besar yang cepat. Selain itu, Nvidia GeForce RTX 2070 Super memiliki fitur encoder perangkat keras yang memungkinkanmu untuk siaran langsung video game tanpa hambatan.

4. Nvidia GeForce RTX 2080 Founders Edition

Harga: IDR 12.137.209

Kelebihan:

  • Menyediakan DLSS untuk game yang belum dirilis
  • Sistem pendingin yang sangat baik
  • Menawarkan kemampuan pelacakan ray yang luar biasa
  • Kecepatan penyegaran tinggi

Kekurangan:

  • Lebih mahal dari model serupa

Mengedit rekaman 4K yang diambil di Ponsel cerdas, kamera aksi, atau video profesional akan jauh lebih lancar jika kamu memilih kartu grafis GeForce RTX 2080 Founders Edition. Selain VRAM GDDR6 8GB, arsitektur Turing kartu ini menawarkan kecepatan tertinggi 1800MHz dan 2944 CUDA core. Resolusi digital maksimum yang didukung oleh GeForce RTX 2080 Founders Edition adalah 7680x4320, yang berarti kamu dapat memutar video 4K dan 8K, jika kamu menambahkan kartu grafis khusus ini ke konfigurasi komputer-mu. Kartu ini memiliki fitur layar standar, Sistem Pengolahan Data Multimedia Definisi Tinggi, dan port USB Type-C, sehingga kamu dapat memasangkannya dengan mudah ke beberapa kartu grafis, dan lebih meningkatkan kinerja pengeditan video 4K komputer-mu.

5. EVGA Nvidia GeForce RTX 2080 Super

Harga: IDR 10.618.159

Kelebihan

  • Potensi proses meningkatkan kinerja di atas bawaan pabrik yang luar biasa
  • Memiliki Fitur 3072 inti CUDA
  • Menawarkan kemungkinan menghubungkan hingga empat monitor
  • Konsumsi daya rendah

Kekurangan

  • Ditujukan hanya untuk para pengedit video profesional dan pemain game

Jika kamu mencari kartu grafis yang mendukung pemutaran video 8K, dan membuat pengeditan video 4K menjadi mudah, maka kamu tidak perlu mencari lagi. Seperti semua model dari Nvidia RTX Super Series, GeForce RTX 2080 juga memberikan kinerja yang menakjubkan, bahkan saat kamu mengedit sejumlah besar file video 4K atau merender animasi 3D yang besar.

Kemampuan kartu melacakan ray dalam waktu nyata menjadikannya pilihan yang sempurna untuk bermain game dan siaran langsung, karena kamu dapat memainkan semua video game terbaru pada pengaturan maksimal, jika kamu memilih GeForce RTX 2080. Selain itu, model ini juga dilengkapi dengan VR dan driver permainan yang memungkinkanmu untuk memulai sesi permainan baru, segera setelah kamu memasang kartu grafis ini di komputer-mu.

Informasi Background tentang Kartu Grafis

Berapa lama waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek pemotretanmu dalam 4K, bergantung pada konfigurasi komputer yang kamu gunakan untuk mengedit hasil yang mentah. Meskipun CPU masih memainkan peran besar dalam seberapa lancar komputer-mu menampilkan video dalam aplikasi pengeditan video, tapi GPU komputer dapat mengurangi waktu rendering atau meningkatkan pemutaran file 4K besar secara signifikan. Jadi, berikut adalah beberapa informasi latar belakang tentang kartu grafis.

Apa itu Kartu Grafis?

Kartu grafis atau kartu video adalah bagian dari perangkat keras komputer yang menghasilkan hasil gambar yang dapat kamu lihat di monitor komputer atau perangkat tampilan lainnya. Semua komputer memiliki kartu grafis, karena tanpanya tidak mungkin menjalankan aplikasi paling dasar sekalipun seperti pengolah kata atau browser web.

Apa Jenis Kartu Grafis yang Paling Umum?

Ada dua jenis kartu grafis yang umum. Sebagian besar komputer memiliki kartu grafis terintegrasi yang terletak pada chip yang sama dengan CPU, yang memungkinkanmu mengedit foto, menonton, dan mengedit video, atau bermain video game. Namun, GPU dan CPU yang terletak pada chip yang sama sering kali membatasi kemampuan satu sama lain, dan akibatnya, komputer membutuhkan lebih banyak waktu untuk melakukan tugas yang menuntut.

Memasang kartu grafis khusus ke komputer-mu akan menghilangkan kelambatan, dan memungkinkanmu mengedit video dalam resolusi tinggi lebih cepat, atau mengurangi jumlah waktu yang diperlukan untuk merender video 4K. Semua kartu grafis khusus dilengkapi dengan chip terpisah dan RAM terpisah, yang mengurangi beban CPU komputer dan meminimalkan jeda rekaman selama proses pengeditan video.

Apakah memasang kartu grafis khusus akan terbukti menjadi investasi yang baik tergantung pada rutinitas yang kamu lakukan di komputer-mu. Jika kamu hanya mengedit foto dan video pada tingkat dasar, maka hanya kartu grafis terintegrasi yang kamu butuhkan.

Meskipun demikian, jika kamu seorang animator profesional, editor video, atau hanya ingin memainkan semua game terbaru dalam resolusi maksimum, kartu grafis khusus akan membuat rutinitas yang kamu lakukan di komputer setiap hari menjadi lebih mudah dan lebih cepat.

Faktor Apa yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Kartu Grafis?

Saat ini, ada ratusan model kartu grafis khusus yang berbeda di pasaran, dan mencari salah satu yang paling sesuai untuk konfigurasi komputer-mu dapat memakan waktu dan penelitian. Selain memeriksa spesifikasi komputer-mu, ada beberapa aspek lagi yang harus kamu pertimbangkan sebelum membeli kartu grafis khusus.

1. Penarikan daya

Sumber daya yang stabil penting untuk semua konfigurasi komputer, karena akan membantumu menghindari kerusakan sistem dan malfungsi perangkat keras. Penggunaan daya kartu grafis khusus bervariasi dari model ke model dan dapat berkisar dari hanya 120 Watt hingga 300 Watt. Faktanya, kartu grafis kelas atas mengkonsumsi daya sebanyak gabungan semua komponen komputer lainnya, dan kamu harus memastikan bahwa catu daya komputer-mu dapat menyediakan daya yang cukup.

2. Pendinginan

Terlalu panas dapat menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki pada kartu grafis dan komputer-mu, jadi memeriksa kemampuan pendinginan kartu yang ingin kamu dapatkan dapat membantu-mu mengurangi risiko kegagalan dalam jangka panjang. Selain itu, kipas pendingin pada kartu grafis khusus dapat menghasilkan kebisingan, dan kamu harus memeriksa apakah model yang kamu minati dapat beroperasi pada tingkat kebisingan yang rendah.

3. Ukuran

Panjang sebagian besar kartu grafis khusus kelas atas adalah antara 10,5 dan 11 inci, yang dapat menempati dua atau tiga slot ekspansi. Itulah mengapa kamu harus memeriksa berapa banyak slot ekspansi yang kamu miliki, dan memeriksa ukuran kartu grafis sebelum kamu membelinya.

4. Penskalaan multi-kartu

Ruang dan ukuran yang tersedia juga dapat memengaruhi opsi penskalaan multi-kartu-mu, karena menghubungkan dua atau lebih kartu grafis dapat memakan banyak ruang. AMD dan Nvidia dapat dihubungkan melalui CrossFire X atau NVLink, tetapi menggabungkan kartu grafis yang memiliki arsitektur berbeda tidak dimungkinkan.

author
Max Wales
Max Wales is a writer and a lover of all things video.