filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Editor video terbaik untuk pemula untuk membuat video frame berhenti
  • Sentuh video dengan 300+ efek video yang menakjubkan, seperti transisi dan filter
  • Sesuaikan durasi, warna, dan animasi bingkai beku dengan mudah
  • Pangkas, split, potong, gabungkan, crop, rotate dan efek pan & zoom effects dalam beberapa klik

Pembuat stop motion Lego terbaik

author

Nov 28, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Brickfilms yang mana merupakan nama keren untuk animasi stop-motion Lego, telah mendapatkan kesuksesan besar di YouTube dan situs streaming video lainnya. Anda tidak lagi dibatasi dengan hanya membangun dan bermain dengan set Lego Anda. Anda sekarang bisa menggunakan aplikasi untuk menghidupkan cerita Anda. Seret keluar Lego brick dari loteng atau tarik keluar dari kotak permainan anak-anak, karena Anda bisa berpotensi memiliki tambang emas di rumah Anda.

Tips persiapan untuk merekam film Lego stop motion

Sebelum memilih pembuat film stop-motion, Anda perlu mengamankan beberapa alat peraga penting untuk menjadikan film Anda sukses. Anda hanya perlu satu set dasar Lego brick dan ponsel atau iPad Anda jika Anda ingin membuatnya secara sederhana. Anda bisa menggunakan lampu meja untuk penerangan atau kamera profesional untuk menambahkan kesan profesionalisme jika diinginkan.

Mulailah dengan mengatur panggung adegan Anda. Anda akan membutuhkan permukaan yang rata dan stabil. Permukaan harus berada pada ketinggian dimana Anda akan merasa nyaman untuk bekerja dalam waktu yang lama. Jika Anda mengaturnya di lantai, Anda akan merasa menyesal saat lutut dan punggung Anda terasa sakit. Pertahankan perangkat Anda pada tempatnya dengan menggunakan selotip, agar tidak bergerak apabila Anda tidak sengaja menabraknya.

Pengaturan perekaman Stop Motion Lego

Sekarang Anda siap untuk memulainya. Film Lego itu sangat melelahkan. Butuh beberapa waktu untuk masuk ke ritme dan membuat sesuatu yang berharga untuk ditonton oleh orang lain. Janganlah putus asa. Anda akan menjadi lebih cepat mahir dan lebih baik lagi dengan latihan. Anda hanya perlu memulainya.

Dengan segala sesuatu yang sudah siap, serta pola pikir yang realistis, inilah saatnya untuk memilih aplikasi stop motion yang akan membantu Anda menghasilkan film Lego terbaik.

Anda mungkin juga akan menyukai:


Aplikasi stop motion terbaik untuk film Lego

1. I Can Animate

  • Harga aplikasi: $2.99 di Apple Store dan $4.99 per barang di Google Play
  • Untuk anak usia 4+
  • Fitur yang unik - timeline yang memungkinkan penataan ulang dan pengeditan sederhana

I Can Animate untuk interface iOS

I Can Animate adalah cara untuk memproduksi film dengan cepat walaupun hanya dengan sedikit pengetahuan tentang teknologi. Anda bisa menggunakan perangkat iOS Anda, baik tablet ataupun ponsel, untuk membuat dan kemudian membagikan video milik Anda. Aplikasi ini diproduksi oleh Kudlian Software Ltd dan dijual dengan harga yang berbeda untuk Apple Store dan Google Play.

Keunikan I Can Animate dalam kesederhanaannya. Ketika Anda menggunakan kamera di perangkat iOS Anda, aplikasi akan menunjukkan kepada Anda perbedaan antara bingkai, sehingga Anda bisa memeriksa kemajuan Anda. Ini disebut seperti menguliti bawang dan merupakan tahap yang sangat penting untuk keberhasilan animasi Anda.

Terdapat beberapa fitur pengeditan dasar. Fitur-fitur ini terdiri dari kemampuan untuk melihat gambar pada timeline dan menggandakan atau penyusunan ulang. Anda juga bisa mengubah pengaturan eksposur, keseimbangan, dan fokus untuk memastikan jika terdapat replikasi kondisi di antara foto.

I Can Animate untuk antarmuka Andriod

Opsinya yang berguna adalah kemampuannya untuk menghubungkan keyboard bluetooth dan mengambil gambar Anda tanpa kembali ke perangkat Anda. Ini berarti Anda bisa mengamankan ponsel atau tablet Anda dan menghindari mengetuk atau mengubah sudut dengan menyentuh layar ponsel. Ini juga membantu untuk streamlining proses pembuatan film dengan fitur selang waktu bawaan. Anda juga bisa secara otomatis mengambil gambar satu demi satu tanpa harus kembali ke kamera.

Kemudian Anda bisa membagikan film ini dengan mengekspornya ke Facebook, YouTube, atau Dropbox.

2. Stop Motion Studio

  • Paket dasarnya gratis dengan pembelian dalam aplikasi
  • Harga versi Pro adalah $9.99 di Apple Store dan $4.99 di Google Play
  • Untuk anak usia 4+
  • Fitur unik – kemampuannya untuk menambah dan mengedit audio

Antarmuka Stop Motion Studio

Stop Motion Studio yang diproduksi oleh Cateater, adalah aplikasi yang ditawarkan untuk orang berusia 4 tahun ke atas dan tersedia di iOS dan Android – untuk ponsel ataupun tablet Anda. Software pengeditan film berfitur lengkap ini juga bisa Anda beli untuk PC dan Mac Anda.

Aplikasi ini gratis untuk didownload, dengan beberapa fitur yang gratis. Tapi, ada pembelian di dalam Aplikasi untuk medapatkan beberapa fitur yang lebih baik. Anda bisa membeli aplikasi Stop Motion Studio Pro dengan harga $4,99 untuk perangkat Android, yang nantinya akan membuka semua fitur lanjutan dalam aplikasi.

Fitur lanjutannya termasuk fungsi untuk menambah dan menyesuaikan audio, mengimpor dan crop gambar pada 4K Ultra HD dan banyak lagi. Fungsi Green Screen-nya sangat pintar, dan ini memungkinkan Anda untuk menyertakan background yang dimuat sebelumnya ke dalam ponsel.

Ulasan yang positif. Sebagian besar mengatakan bahwa produk tersebut kelihatan mudah digunakan – dan Anda bisa mendapatkan film Lego berkualitas tinggi tanpa merasa kehilangan semangat. Tetapi, sifat intuitif dari desain aplikasi ini memungkiri alat pintar yang tersedia untuk produksi film milik Anda. Anda bisa menambahkan teks, gelembung percakapan, dan judul. Anda juga bisa menambahkan ekspresi wajah pada figur Lego Anda. Alat penghapus yang luar biasa, karena Anda bisa menghapus objek yang tidak diinginkan dari gambar Anda.

3. The Lego Movie 2™ Movie Maker

  • Gratis
  • Untuk anak usia 8+
  • Fitur unik – ada kesempatan untuk menjadi bagian dari komunitas pembuatan film Lego

The Lego Movie Maker

Pembuat film dengan merek ini gratis di iOS dan Android. Cocok untuk anak-anak berusia 8 tahun ke atas, jadi sedikit lebih canggih daripada I Can Animate yang lebih mendasar – namun ini dirancang hanya untuk digunakan di ponsel Anda dengan menggunakan kamera bawaan. Terdapat opsi untuk menambahkan suara dan efek visual ke rekaman siaran langsung, serta mengedit materi dalam aplikasi. Tidak tersedia fasilitas penyimpanan, yang artinya proyek Anda harus sesuai dengan waktu yang Anda luangkan sebelum membagikannya ke situs.

Anda perlu membuat akun untuk dapat membagikan film Anda. Namun, bagi para orang tua, ini menambah tingkat moderasi dan dukungan yang meyakinkan. Setiap video akan dimoderasi sebelum dibagikan. Pengaturan akun tidaklah terlalu sulit. Anda akan ditanyai tentang negara asal, alamat email dan tanggal lahir Anda. Semua video Anda akan dianonimkan sebagai bagian dari kepatuhan ketat terhadap GDPR dan kebijakan keamanan. Kekuatan dari aplikasi ini adalah infrastruktur merek besarnya yang memahami cara melindungi anak-anak. Ketahuilah bahwa film Anda akan menjadi milik grup Lego saat diupload.

Mungkin nilai jual yang paling menarik dari aplikasi ini adalah tidak terdapat iklan pihak ketiga. Maka dari itu terjadilah penawaran waktu menyenangkan tanpa gangguan.

4. LifeLapse Stop Motion Maker

  • Gratis untuk paket dasarnya
  • Paket berlangganan PRO setelah uji coba 7 hari
  • Harga untuk Pro per bulan $7.99/ Pro per tahun $39.99 di App Store
  • Untuk pengguna umur 12+ dengan berfokus pada target pasar dewasa B2B
  • Fitur unik – fitur desain tingkat profesional – juga dengan panduan cropping Instagram

Dibuat oleh Bolandia Creative Inc., Life Lapse Stop Motion Maker dirancang untuk penonton yang lebih mutakhir. Tersedia di iOS dan Android. Aplikasi ini ditujukan untuk pengguna berumur 12 tahun ke atas, dan ada nuansa pasti paket desain profesional. Antarmuka berwarna putih bersih dengan ikon hitam sederhana untuk tombol fungsinya. Pada dasarnya, perusahaan mengarahkan aplikasi ini ke arah bisnis lain yang ingin menghasilkan materi pemasaran.

Ini bukan berarti bahwa aplikasi ini tidak bisa digunakan oleh pembuat film Lego. Aplikasi ini memiliki interface yang intuitif, dengan ikon sederhana yang memperjelas bagaimana setiap fitur bisa digunakan. Ada opsi untuk mengatur kecerahan, kontras, saturasi, dan warmth setiap gambar. Anda juga bisa mengubah kecepatan dan ukuran gambar.

LifeLapse Stop Motion Maker

Kecenderungan pemasaran dari aplikasi ini tampak terbukti dalam penawaran panduan crop Instagram, yang akan memungkinkan para pemilik bisnis untuk upload animasi stop-motion ke situs. Tetapi, tutorial yang tersedia dalam aplikasi sangatlah bagus untuk membantu anak muda membuat film Lego dengan tingkat kecanggihan yang tidak disediakan oleh aplikasi lain. Ada opsi kunci eksposur, menjadikan kondisi yang tetap sama untuk setiap foto. Anda bisa menggunakan overlay gambar berbayang, yang mana memungkinkan Anda memeriksa perbedaan dari satu bingkai ke bingkai lainnya.

Grid yang sangat berguna yang memungkinkan Anda memetakan dengan jelas perubahan dari satu gambar ke gambar berikutnya. Aplikasi pembuat stop motion ini membantu Anda melacak animasi stop-motion milik Anda dengan akurat dan aplikasi ini lumayan populer untuk membuat video Stop Motion Instagram.

5. Onion Cam2

  • Gratis
  • Untuk anak usia 4+
  • Fitur unik – kesederhanaannya dan fitur onion skin yang memungkinkan Anda melacak efek stop motion dengan mudah

Onion Cam2 Stop Motion Maker

Dikembangkan oleh Yosuke Seki, kamera StopMotion ini adalah alat sederhana untuk mengambil serangkaian gambar untuk menghasilkan film Lego milik Anda dan kemudian memutarnya kembali. Anda sekarang bisa menyimpan gambar di dalam aplikasi, yang merupakan fitur baru dari Onion Cam1. Ini berarti Anda bisa kembali ke film dan melanjutkan pekerjaan Anda. Anda juga bisa ekspor video Anda dengan OnionCam 2.

"Onion" dalam judul aplikasi tersebut berasal dari fungsi onion-skin yang memungkinkan Anda untuk memeriksa jeda di antara foto. Terdapat tampilan tembus pandang dari gambar yang Anda ambil terakhir kali – memungkinkan Anda secara bertahap membangun film time-lapse Anda.

Panduan aplikasi juga merupakan cara yang berguna untuk mengukur perubahan yang Anda sedang buat.

Jika Anda ingin menggunakan aplikasi yang memungkinkan Anda membuat film sederhana tanpa terlalu banyak dekorasi yang berlebihan, maka ini adalah aplikasi untuk Anda. Tidak mempunyai banyak fitur canggih, hanya memiliki fungsi perubahan urutan yang menonjol. Namun, anak Anda harus bisa menggunakan aplikasi ini tanpa banyak campur tangan dari Anda.


Tips dasar untuk meningkatkan video stop motion Lego

Bahan terpenting untuk film Lego terbaik adalah kreativitas dan kesabaran. Jika Anda memiliki kedua kualitas vital tersebut, baca terus artikel ini untuk memahami cara memaksimalkan efek pada film Anda.

1. Aturlah waktu Anda dengan tepat

Jika Anda menginginkan karakter Anda untuk bergerak cepat, Anda hanya memerlukan beberapa gambar dan gerakan per detik. Jika Anda ingin memperlambat gerakan karakter, Anda perlu mengambil lebih banyak gambar dengan lebih banyak aksi. Melakukan ini dengan benar mulanya adalah masalah trial and error.

Tetapi, Anda bisa membuatnya lebih mudah untuk diri Anda sendiri dengan sedikit melakukan perencanaan. Jika Anda mempunyai kecepatan pemotretan 15-bingkai per detik, maka Anda harus merencanakan 15 gambar untuk mengisi satu detik film. Setiap aksi dalam film Anda yang berlangsung satu detik itu akan membutuhkan 15 gambar dengan perubahan bertahap per gambarnya.

2. Membuat gerakan karakter Anda menjadi alami

Jika Anda tidak berhati-hati, karakter Anda akan bergerak dengan gaya yang tersentak-sentak. Di dalam kehidupan nyata, kita dengan mudah melakukan dan menyelesaikan tindakan. Kita memulai dan menyelesaikan suatu tindakan secara perlahan. Oleh sebab itu, saat mengambil gambar, gunakanlah lebih banyak gambar pada awal dan akhir gerakan, yang akan memberikan kesan masuk dan keluar secara mudah dari tindakan.

3. Kuasai siklus berjalan

Tempat yang bagus untuk memulai pembuatan film Lego Anda adalah dengan langkah berjalan kaki yang sempurna. Karakter Anda akan melalui 4 gerakan dalam satu kali jalan.

  • Satu kaki akan melangkah ke arah depan, tumit ke bawah, dan jari kaki menghadap ke atas.
  • Jari kaki pada kaki ini kemudian turun
  • Kaki yang akan lain melewati kaki yang berdiri
  • Tumit kaki yang lewat tadi akan menyentuh lantai

Semua gerakan ini kemungkinan akan memakan sekitar 20 frame. Ketika menggerakkan lengan, pastikan lengan yang berlawanan bergerak seirama dengan kaki – sehingga lengan kiri akan berayun saat kaki kanan bergerak ke depan.

4. Berlatih dan menjadi sempurna

Terakhir, perhatikan bagaimana seseorang bergerak pada kehidupan nyata. Perhatikanlah bagaimana kepala, lengan, dan kaki bergerak secara bersama. Lalu cobalah untuk membuat ulang dengan karakter Lego Anda. Perhatikan materi milik Anda, renungkan apa yang bisa diperbaiki, dan cobalah lagi. Satu-satunya cara untuk menjadi pembuat film Lego yang hebat adalah dengan berlatih, berlatih, dan terus berlatih!


Kesimpulan

Menemukan cara untuk menghasilkan konten yang menonjol di media sosial menjadi semakin lebih sulit karena banyak konten video yang semakin populer. Pembuat stop motion online menyediakan cara yang sederhana untuk menggunakan foto dan video agar bisa membuat video yang menarik perhatian.

Download versi WinDownload versi Mac

author
Liza Brown
Liza Brown is a writer and a lover of all things video.