Filmora
Filmora-Video Editor
Aplikasi aplikasi edit video Kuat namun Simpel
MEMBUKA
Best Video Editor for YouTubers
  • A wide support for different formats.
  • Intuitive user interface & powerful video editing features.
  • 300+ stunning effects for different niches at your choice.
  • Burn to DVD or upload to YouTube, or transfer to any popular portable devices.

Tips for Making Your First Vlog Post

author avatar

Aug 21, 2023• Proven solutions

Memulai vlog dan membuat video pertama Anda harus menjadi pengalaman yang menyenangkan dan mengasyikkan. Sayangnya, banyak calon vlogger menyerah bahkan sebelum atau segera setelah mereka memposting video pertamanya. Mereka merasa ide mereka kurang orisinal, sulit bersantai di depan kamera, atau putus asa saat video mereka nyaris tidak ditonton.

Hal terpenting untuk diingat saat Anda membuat vlog pertama Anda adalah jangan terlalu memberi tekanan pada diri anda sendiri. Anda mungkin akan terlihat sedikit canggung dan konten video pertama Anda tidak terlalu menakjubkan. Itu merupakan hal yang wajar karena adna terjun ke sesuatu hal yang belum pernah Anda coba sebelumnya. Suatu saat Anda akan menjadi lebih baik dan Anda serta para subscriber Anda akan melihat posting vlog pertama Anda dan menganggapnya lucu. Jika Anda merasa putus asa untuk memulai vlog maka Anda harus mencari postingan pertama dari beberapa vlogger favorit Anda dan melihat betapa canggungnya mereka dulu.

Download Win Version Download Mac Version

Lima Tips untuk Membuat Postingan Vlog Pertama Anda

  1. Bukan Suatu Masalah Jika Hanya Menggunakan Peralatan Dasar
  2. Jadilah Dirimmu Sendiri
  3. Buatlah sebuah Rencana
  4. Jangan Panik!
  5. Edit Vlog Tanpa Repot menggunakan Templat

1. Bukan Suatu Masalah Jika Hanya Menggunakan Peralatan Dasar

Salah satu alasan mengapa banyak orang yang berpikir tentang vlogging tidak pernah benar-benar terjun ke dalamnya adalah karena mereka pikir mereka perlu berinvestasi banyak peralatan mahal untuk membuat video yang layak. Ini tidak benar. Jika Anda telah membuat vlog selama beberapa waktu dan memutuskan ingin lebih serius tentang hal itu maka kamera baru dan peralatan lainnya adalah sesuatu layak untuk dibeli, tetapi Anda tidak perlu mengeluarkan dan menghabiskan banyak uang sebelum Anda membuat vlog video pertama Anda. Anda perlu memastikan bahwa vlogging adalah sesuatu yang memang benar-benar Anda sukai sebelum Anda mulai menginvestasikan uang anda ke dalamnya.

Kamera dimana Anda merekam vlog pertama Anda harus menjadi kamera terbaik yang sudah Anda miliki. Jika Anda memiliki DSLR maka lanjutkan dan gunakan, tetapi jika Anda hanya memiliki webcam atau smartphone maka itu juga tidak masalah. Sebagian besar smartphonesebenarnya memiliki kamera yang bagus.

Anda perlu memastikan 'set' Anda bekerja dengan baik, tetapi Anda mungkin tidak memiliki perangkat pencahayaan profesional. Alih-alih pergi keluar dan membeli lampu profesional dengan tujuan untuk merekam vlog pertama Anda coba lakukanlah di siang hari dengan jendela di sebelah Anda atau di belakang kamera Anda. Cahaya alami yang masuk melalui jendela akan sekuat lampu profesional yang dapat Anda beli. Lampu rumah juga bisa membantu.

start vlog intro

Jika Anda tidak memiliki mikrofon eksternalpastikan untuk merekam di tempat yang tenang. Mikrofon internal di sebagian besar kamera tidak terlalu bagus dan untuk mendapatkan hasil terbaik darinya, Anda perlu memastikan tidak ada suara latar yang dapat ditangkap, seperti suara jalanan atau orang yang berbicara di ruangan sebelah. Anda juga dapat menggunakan program gratis bernama Audacity (Audacityteam.org) untuk meningkatkan kualitas audio yang Anda rekam.

2. Jadilah Dirimmu Sendiri

Jangan terlalu mengkhawatirkan untuk harus muncul dengan sesuatu yang segar, orisinal, ideal untuk postingan vlog pertama. Ini akan menjadi segar dan orisinal karena Anda menjadi diri Anda sendiri. Selain itu, alasan penonton suka menonton vlog adalah karena mereka bisa merasakan koneksi dengan YouTuber. Keterkaitan ini terasa ketika YouTuber tampak seperti nyata. Jadi; jadilah orang yang nyata. Anda tidak menggunakan gimmick untuk memperkenalkan diri kepada orang yang anda temui di dunia nyata, jadi jangan lakukan itu di YouTube.

first vlog post

Postingan vlog pertama yang baik adalah di mana Anda memperkenalkan diri, topik yang akan Anda vlog, dan menjelaskan mengapa Anda ingin membuat vlog tentangnya. Ini bukan untuk mengatakan bahwa Anda harus secara blak-blakan menyatakan hal-hal ini dan kemudian mematikan kamera; jelaskan diri Anda secara detail, dan mungkin ceritakan. Di entri selanjutnya, Anda perlu melakukan penelitian dan mencari cara orisinal untuk menangani subjek yang telah di-vlog orang lain, tetapi untuk yang pertama ini, Anda bisa menjadi lucu dan orisinal hanya dengan menjadi diri sendiri.

3.Buatlah sebuah Rencana

Beberapa vlogger dapat menyalakan kamera mereka dan mulai berbicara, tetapi ini tidak berlaku untuk semua orang. Bahkan jika ini adalah jenis vlog yang ingin Anda buat, Anda harus membuat perencanaan pada video pertama ini. Berbicara ke kamera lebih sulit daripada yang disadari banyak orang sebelum mereka duduk untuk merekam video pertama mereka dan merencanakan apa yang ingin Anda katakan dapat banyak membantu Anda.

Ini tidak berarti Anda harus membuat skrip sendiri. Ada vlogger yang merasa lebih nyaman jika mereka menulis skrip, dan skrip bisa sangat berguna jika Anda akan membicarakan hal teknis. Jika menurut Anda skrip mungkin cocok untuk Anda, maka tidak ada salahnya mencobanya untuk tampilan pertama ini. Anda bahkan dapat mencoba keduanya, dengan ataupun tanpa skrip, untuk melihat mana yang lebih nyaman bagi Anda.

plan first vlog

Perencanaan juga bisa berarti membuat rancangan garis besar. Anda mungkin perlu membuat daftar poin-poin penting sehingga Anda tidak melupakannya dan mengetahui urutan yang Anda inginkan. Jika Anda berpikir bahwa ini tidak akan terlalu membantu Anda, maka perencanaan juga bisa berupa latihan untuk diri Anda sendiri. Luangkan waktu untuk memikirkan apa yang ingin Anda katakan dan atur di kepala sebelum menyalakan kamera.

4.Jangan Panik!

Hampir tidak mungkin untuk melewati rekaman vlog pertama Anda tanpa melakukan kesalahan. Jika Anda berhenti merekam setiap kali Anda membuat kesalahan, maka video pertama ini akan memakan waktu yang sangat lama. Hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah menertawakan kesalahan Anda dan memperbaikinya, dan kemudian menghapus titik di mana Anda salah bicara saat mengedit. Bahkan ketika Anda menontonnya kembali Anda mungkin menemukan bahwa kesalahan itu lucu dan Anda ingin membiarkannya ada dalam. Jika Anda menonton kembali klip Anda dan tidak menyukainya, maka Anda dapat mencobanya kembali. Jika Anda membutuhkan lima kali pengambilan gambar untuk mencapai satu klip penuh dan Anda tidak menyukainya ketika Anda menontonnya kembali maka Anda mungkin tidak akan merasa antusias untuk mencoba lagi, itulah sebabnya Anda harus mencoba untuk tidak menghentikan rekaman Anda saat Anda membuat kesalahan.

first vlog introduction

Hal lain yang harus tidak perlu anda risaukan adalah berapa banyak view yang akan Anda dapatkan setelah Anda memposting video pertama Anda. Kemungkinan Anda hampir tidak memiliki view sama sekali. Sebagian besar video di YouTube hampir tidak ditonton. Jika Anda membutuhkan pengakuan secara cepat untuk merasa ada sesuatu yang berharga, maka vlogging mungkin bukan untuk Anda. Promosikan kanal Anda, terus posting secara teratur, dan pastikan judul dan deskripsi Anda dapat ditelusuri dan Anda akan perlahan-lahan mulai melihat jumlah Anda meningkat. Membutuhkan waktu yang sangat lama untuk mendapatkan seribu subscriber pertama, tetapi saat Anda mulai mendapatkan subscriber, Anda akan mendapatkan subscriber berikutnya dengan lebih mudah.

5.Edit Vlog Tanpa Repot menggunakan Templat

Jika Anda seorang pemula dalam hal mengedit video, Anda mungkin tidak tahu cara mulai mengedit vlog pertama Anda. Jangan khawatir. Anda dapat mencoba menggunakan templat intro vlog untuk membantu Anda menyesuaikan vlog dengan cepat dengan mudah.

Filmora baru-baru ini merilis mode baru - Filmora Templat Mode, yang menawarkan berbagai jenis template video termasuk template vlog perjalanan, templat video pengenalan diri, template vlog harian, dan sebagainya. Mengapa tidak mencobanya secara gratis?

Download Win Version Download Mac Version

Lihat panduan luar biasa initentang cara menjadi vlogger , dan untuk konten hebat lainnya tentang membuat postingan vlog dan menjadi YouTuber, pastikan untuk membaca panduan hebat ini oleh Design Wizard. Ini akan menunjukkan kepada Anda cara mengembangkan personal branding, merencanakan konten Anda, dan mempromosikan kanal Anda di platform lain!

author avatar
Richard Bennett
Richard Bennett adalah penulis dan pencinta video.
Anda mungkin berminat
Kasus Aneh Peter Mckinnon (1,8 juta subscriber dalam 1 tahun)

Artikel ini akan menunjukkan kepada Anda cara Peter Mckinnon sukses di YouTube. Apabila Anda juga ingin mendorong channel YouTube Anda, maka saksikan.

by Richard Bennett Aug 21, 2023 17:53 PM

10 Template Intro Vlog yang Populer dan Bagaimana Cara Membuat Intro Vlog dengan Mudah

Apakah Anda sedang mencari template intro vlog terbaik untuk memulai Vlog Anda yang berikutnya? Berikut adalah 10 template vlog populer gratis untuk saluran Youtube Anda!

by Richard Bennett Aug 22, 2023 16:43 PM

Tips for Making Your First Vlog Post

Memulai vlog dan membuat video pertama Anda harus menjadi pengalaman yang menyenangkan, menarik,. Tapi, banyak calon vloggers menyerah bahkan sebelum mereka memposting video pertama.

by Richard Bennett Aug 21, 2023 17:47 PM

author avatar

Richard Bennett

staff Editor