filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Video recorder as well as video editor
  • A wide support for different formats.
  • Recording screen and webcam with built-in video recorder
  • 300+ stunning effects for different niches at your choice.
  • Burn to DVD or upload to YouTube, or transfer to any popular portable devices.

Bagaimana Caranya Rekam Layar Komputer

author

Nov 24, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Sebuah software penangkap layar bisa merekam semua kegiatan di layar desktop, sehingga anda bisa berbagi video edukasi kepada jutaan orang secara mudah. Pada artikel ini, kami akan tunjukkan kepada kalian cara menangkap layar komputer dan membuat video yang akan membantu orang lain agar jadi lebih baik dalam memakai aplikasi tersebut.

Bagaimana Caranya Merekam layar komputer pada Windows

Komputer PC mendukung berbagai produk software yang bisa digunakan untuk berbagai macam tujuan. Jika kalian ingin menangkap layar pada komputer menggunakan software berbasis Windows, kalian akan butuh sebuah perekam layar tangguh yang bisa mempersiapkan sesi baru penangkapan layar hanya dalam beberapa langkah sederhana. Di sini ada beberapa pilihan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan kalian.

1. Wondershare Filmora

Selain menawarkan kegunaan yang memperbolehkan kalian kontrol langsung ke proses rekam layar sepenuhnya, Wondershare Filmora juga merupakan software penyunting video yang mampu memanipulasi video ke dalam berbagai cara yang diinginkan.

Download Versi Win Download Versi Mac

Setelah kalian selesai memasang software ini pada komputer, klik dua kali pada ikon di desktop dan buka mode Fitur Lengkap. Setelah software terbuka, klik pada menu Rekam dan pilih Rekam Layar PC. Jendela Wondershare Screen Recorder akan tampil di layar jadi anda bisa sesuaikan pengaturan untuk sesi penangkapan layar yang akan dilakukan.

perekam layar pc filmora

Pada sisi kiri jendela Wondershare Screen Recorder, anda bisa melihat ikon berbentuk segitiga yang memberi kalian akses memilih bagian layar yang ingin direkam. Kalian bisa memilih antara Layar Penuh, Kustom, dan Jendela Target.

pengaturan perekam filmora

Klik pada ikon Microphone untuk pilih mikrofon yang akan anda gunakan sebagai perekam narasi, dan kalian juga bisa klik icon Speaker jika ingin menyalakan atau mematikan speaker komputer selama sesi merekam layar.

Kalian bisa temukan ikon Pengaturan pada bagian kanan bawah layar, klik untuk raih akses lebih banyak dalam pilihan pengaturan. Kalian bisa memilih destinasi pada hard drive komputer di mana hasil rekaman akan tersimpan, sesuaikan frame rate atau pilih kualitas dari rekaman pada Quality di menu tarik-turun.

opsi pada perekam filmora

Tandai pada kotak centang Mouse kalau kalian ingin mouse klik bisa tampak pada rekaman dan kalian bisa memilih durasi maksimum untuk sesi merekam dengan menyertakan durasi perekaman layar yang diinginkan di bagian kotak Record Timer.

Klik pada tombol Rec untuk memulai sesi penangkapan layar dan software akan mulai merekam dalam hitungan tiga detik. Tekan tombol F9 pada keyboard untuk selesaikan rekaman. File akan terbuka secara otomatis pada pengedit video Filmora sehingga kalian bisa edit langsung sebelum membagikannya secara online.

layar perekam filmora

2. OBS Studio

Para Gamers sering menggunakan OBS Studio untuk berbagi live stream mereka di Twitch atau YouTube, namun selain sebagai software penyiaran populer, OBS Studio juga bisa menjadi perekam layar yang handal. Setelah selesai download software secara gratis dan melewati proses persiapan, kalian bisa segera memulai sesi baru penangkapan layar.

https://images.wondershare.com/filmora/article-images/obs-interface.png

Klik kanan pada kotak Sources, dan pilih opsi Display Capture dari menu Tambah untuk tambahkan sumber terbaru di software. Kotak dialog akan muncul di layar menanyakan pemberian nama untuk sumber terbaru, pastikan bahwa kotak centang Create New telah ditandai kemudian lanjutkan memberi nama pada sumber yang baru ditambahkan.

Pratinjau desktop kalian akan muncul di layar dan kalau ingin, anda juga bisa mengaktifkan kursor Capture. Mengklik pada tombol OK akan menambahkan sumber baru di software dan desktop kalian akan terlihat sebuah jendela pratinjau OBS Studio. Sesuaikan opsi video dan suara sebelum memulai sesi baru, kemudian klik pada tombol Mulai Merekam untuk mulai menangkap layar kalian.

Software ini memberikan kalian akses merekam pada satu aplikasi, jadi kalau tidak ingin merekam seluruh bagian layar, anda sebaiknya mengaktifkan pilihan Window capture dari menu Tambah, yang bisa diakses dengan klik kanan pada kotak Sources. Berikan nama sumber terbaru dan klik tombol OK untuk tambahkan ke software. Setelahnya, kalian sebaiknya sesuaikan pengaturan pada audio dan suara sebelum menekan tombol Mulai Merekam.

3. Windows 10 built-in Game Bar

Para pengguna PC yang memakai Windows 10 di komputer mereka tidak membutuhkan aplikasi perekam layar pihak ketiga, karena aplikasi bawaan pada Xbox memiliki fitur alat penangkap layar. Luncurkan aplikasi Xbox, kemudian tekan ikon Windows dan ikon G pada keyboard dan pilih opsi 'Yes this is a game'. Kalau anda ingin mengubah kualitas video atau menyesuaikan kembali pengaturan audio, kalian bisa membuka menu opsi Game DVR.

jendela game bar

OfPbr1mRDuo

Klik pada tombol Mulai Merekam atau gunakan Windows, jalan pintas ALT dan R pada keyboard untuk memulai sesi baru penangkapan layar. Agar bisa menggunakan Game Bar sebagai perekam layar, anda harus memastikan bahwa komputer anda mendukung kode sandi seperti AMD VCE, Nvidia, NVENC, atau Intel Quick Sync H. 260.

Bagaimana Caranya Rekam Layar Komputer pada macOS

Komputer Mac menawarkan berbagai cara yang berbeda untuk menghasilkan rekaman layar secara mudah. Mungkin cara paling mudah untuk merekam layar pada komputer Mac adalah dengan menggunakan QuickTime Player.

1. QuickTime Player

Buka QuickTime Player dan klik pada menu File. Pilih fitur New Screen Recording pada menu. Setelah jendela Screen Recording terbuka di layar anda bisa klik pada menu Opsi notifikasi untuk memilih mikrofon yang anda pergunakan selama sesi menangkap layar atau mengaktifkan Show Mouse Clicks pada fitur Merekam.

Pencet tombol Rekam dan pilih tipe rekaman. Klik sekali pada layar mana saja untuk memulai penangkapan layar penuh atau kalian bisa menggeser kursor untuk memilih bagian layar yang ingin ditangkap kemudian klik Mulai Merekam untuk memulai sebuah sesi baru perekaman layar.

merekam layar quicktime

2. Filmora untuk Mac

Untuk merekam layar komputer menggunakan macOS, anda juga bisa menggunakan layar perekam Filmora. Software ini mendukung semua sistem mac dan bisa membantu penangkapan layar video berkualitas tinggi. Berbeda dengan perekam gratis mac kebanyakan, Filmora menawarkan efek suara klik pada mouse, video berkualitas tinggi, penyesuaian area dan waktu rekaman, serta fitur bawaan penyunting video yang canggih. Langkah-langkahnya untuk merekam sama dengan pada PC Windows.

perekam mac filmora

Download Versi Win Download Versi Mac

Kesimpulan

Merekam setiap kegiatan desktop kalian pada Mac dan komputer PC merupakan proses yang sederhana dan menyenangkan. Software mana yang akan kalian pergunakan sebagian besar tergantung pada alasan awal kalian mulai melakukan rekaman.

Filmora memberikan anda akses edit rekaman layar secara langsung setelah ditangkap, sedangkan OBS Studio merupakan pilihan yang terbaik selain untuk merekam kegiatan di layar, anda juga ingin melakukan siaran live video di Twitch atau YouTube.

Masih ada banyak berbagai software perekam layar gratis lainnya, seperti screen recorder Pro, TinyTake, Flashback dan masih banyak lagi, yang bisa dicoba dan software perekam mana yang paling anda sukai? Tinggalkan komentar dibawah ini dan beritahu kami.

author
Richard Bennett
Richard Bennett is a writer and a lover of all things video.