Filmora
Filmora - AI Video Editor
Aplikasi Video Editor yang Canggih dan Sederhana
BUKA
Buat Video Secara Mudah dan Cepat Bersama dengan Filmora
  • Efek dan Filter Masif & Gratis tersedia untuk Digunakan
  • Personalisasi Area Crop Seperti yang Anda Inginkan
  • Modern & Cepat untuk Pemula dan Profesional

Best GIF Recorders for Capturing Animated GIFs on Windows

author avatar

Apr 16, 2024• Proven solutions

Screencasting pada versi Windows 7/8/10 merupakan tugas yang sederhana, sehingga melalui produk software yang tak terhitung jumlahnya ini memungkinkan Anda untuk merekam aktivitas pada desktop Anda.

Sebagian besar perekam layar membuat file MP4 atau MOV dengan ukuran yang cukup besar, sehingga sulit untuk dikirim maupun didistribusikan dengan mudah melalui Internet.

Di sisi lain, GIF memiliki ukuran yang kecil, sehingga mengirimnya melalui email maupun mempostingnya melalui jaringan media sosial tidak akan mengharuskan Anda untuk menunggu lama hingga file diupload ke web.

Sayang, tidak banyak perekam layar untuk OS Windows yang memungkinkan Anda untuk dapat menyimpan rekaman layar sebagai file GIF, sehingga oleh karenanya, kami telah menyusun daftarpererkam terbaik GIF untuk PC.Mari kita lihat beberapa produk software paling ampuh yang mampu membuat GIF dengan animasi pada Windows.

Perekam GIF Terbaik untuk Menangkap GIF dengan Animasi pada Windows

Berikut adalah 8 perekam terbaik dengan gif yang dapat Anda lihat.

1.Filmora GIF Recorder

Kompatibilitas:Kompatibilitas:

filmora recording screen

Filmora dikenal sebagai editor video yang hebat, sekaligus sebagai perekam gif. Sehingga memungkinkan Anda untuk merekam video apa pun secara online maupun dari layar komputer Anda hanya melalui klik yang sederhana, serta dapat mengekspor file dengan kualitas tinggi. Anda dimungkinkan untuk dapat menyesuaikan area perekaman untuk menghasilkan gif yang sempurna.

Selain itu, Filmora juga membantu Anda untuk membuat GIF dengan tampilan kreatif serta menarik. Dengan toolkit pengeditan, Anda dapat menambahkan teks, judul, stiker ke gif diserta animasi. Selain itu, dilengkapi juga dengan fitur-fitur canggih seperti AI potrait, layar hijau, yang dapat membantu Anda dengan mudah mengubah latar belakang maupun wajah orang yang berada di dalam video.

Download secara gratis

Untuk Win 7 atau yang lebih baru (64-bit)

Filmora secure downloadDownload secara aman

Download secara gratis

Untuk macOS 10.12 atau yang lebih baru

Filmora secure downloadDownload secara aman

2.GIF Screen Recorder

Harga:$ 29,95

Kompatibilitas:Windows XP (SP3) atau yang lebih baru

GIF Screen Recorder

Jika Anda mencari perekam layar yang ampuh sekaligus menawarkan alat screencasting yang mudah digunakan, maka software ini merupakan pilihan yang tepat.

Anda dapat dengan mudah membuat GIF yang dapat digunakan dalam presentasi PowerPoint, diposting dalam blog serta situs web, maupun dapat dikirim melalui email.

GIF Screen Recorder memungkinkan Anda menyesuaikan wilayah layar yang ingin di tangkap, serta memungkinkan Anda memilih pangjang dari frame rate yang diinginkan di dalam rekaman.

Memulai screencast baru membutuhkan penentuan area layar dengan menyeret sudut persegi panjang merah besar yang muncul pada layar saat Anda meluncurkan GIF Screen Recorder kemudian tekan tombol Rekam.

Software ini juga dilengkapi mode pengeditan untuk menambahkan subtitle dalam GIF dengan animasi Anda atau dapat juga mengekspor bingkai gambar.

3. LICEcap

Harga:Gratis

Kompatibilitas:Windows XP atau lebih baru, macOS 10.6 atau yang lebih baru

Aplikasi lintas platform ini menyediakan semua alat screencasting yang Anda perlukan untuk dapat menangkap GIF dengan animasi melalui Mac atau PC Anda.

.

Pengguna dapat memindahkan bingkai perekaman layar, bahkan pada saat merekam, memilih frame rate, atau juga Memulai serta Menjeda perekaman menggunakan jalan pintas pada keyboard dengan Shift + Space.

Window utama pada software ini adalah transparan, sehingga memungkinkan Anda untuk dapat melihat sebagian dari tampilan latar belakangnya. Perekam layar LICEcap akan menangkap sejumlah layar di mana ia ditempatkan, lebih lanjut Anda harus meletakkannya pada bagian desktop yang ingin Anda rekam.

Klik tombol Rekam untuk mengambil file GIF dengan animasi kemudian menyimpannya dalam hard drive Anda. LICEcap memungkinkan Anda untuk menyimpan GIF Anda dalam format file LCF dan GIF, namun sayangnya hampit tidak dimungkinkan untuk dapat membagikan file nya.

4. Fraps

Harga:Free, Paid version: $37

Kompatibilitas:Windows XP, 2003, Vista dan 7

fraps

Fraps mungkin merupakan salah satu perekam layar tertua untuk gaming karena telah dirilis 18 tahun yang lalu, selain menyediakan fitur pengambilan video, dapat juga digunakan untuk benchmarking atau menampilkan frame rate.

Fraps tidak menawarkan dukungan untuk file GIF, yang berarti Anda hanya dapat menggunakannya untuk membuat file MP.4 atau AVI yang kemudian dapat di konversi dalam format file GIF. Menangkap video dan bingkai foto di luar video pada game tidak ada dalam daftar opsi yang ditawarkan oleh software ini.

Versi gratis dari perekam layar ini hanya dapat merekam video selama 30 detik, sehingga membatasi kemungkinan screencasting Anda namun tetap dapat menjadikannya alat yang sempurna untuk menghasilkan video pendek yang dapat dengan mudah maupun dikonversi ke GIF, di saat yang bersamaan.

Fraps bekerja optimal dengan graphic card Nvidia maupun AMD Radeon, serta kompatibel dengan video game yang paling populer di pasaran.

5. VClip

Harga:Gratis

Kompatibilitas:Windows Vista dan yang lebih baru

vclip

Alat screencasting dasar ini memungkinkan Anda untuk dapat menangkap file GIF animasi, tetapi ada penawaran yang lebih dari itu. Penggunanya dapat menghasilkan GIF dengan tampilan layar penuh atau dapat juga memilih area layar yang ingin di rekam.

Aplikasi berbasis Windows ini dapat memungkinkan Anda untuk memilih frame rate dan format output. Selain itu, file GIF VClip juga dapat menghasilkan file MP.4, AVI, OGG, atau WebM serta dapat merekam dalam video pada 30fps per detik.

Windiw VClip memiliki tampilan transparan, sehingga memungkinkan Anda untuk dapat menyeret salah satu sudutnya ke segala arah jika Anda ingin memperluas area layar yang ingin di tangkap.

Pastikan format file GIF dipilih pada menu Penyimpanan, kemudian tekan tombol Rec untuk mulai mengambil file GIF dengan animasi milik Anda.

Saat Anda ingin berhenti merekam, klik tombol Simpan kemudian pilih tujuan dalam hard drive sebagai tempat file akan disimpan.

6. ShareX

Harga:Gratis

Kompatibilitas:Windows 7 atau yang lebih baru

sharex gif recorder

ShareX menawarkan alat penangkap layar yang cukup kuat sehingga memungkinkan Anda membuat file GIF maupun video. Software open-source ini menyediakan banyak fitur perekaman layar, sehingga memungkinkan penggunanya memanfaatkan jenis area Freehand, Ellipse, dan Rectangle.

Utilitas perekaman layar tidak memungkinkan Anda untuk mengubah frame rate maupun memilih ukuran video.

Alat anotasi seperti balon perkataan atau kerangka teks yang dapat ditambahkan untuk semua jenis rekaman layar yang di hasilkan melalui ShareX. Anda dapat memilih beberapa metode upload yang berbeda, sekaligus dapat membagikan file melalui jaringan media sosial populer mana pun, termasuk Flickr, Twitter, atau Vimeo.

ShareX juga menawarkan fitur pengeditan foto, akan tetapi tidak tersedia opsi pengeditan video, sehingga membuat penyesuaian pada GIF yang Anda buat melalui aplikasi ini mengharuskan Anda untuk menggunakan program lain.

7. ScreenToGif

Harga:Gratis

Kompatibilitas:Windows 7 atau yang lebih baru

ScreenToGif

Perekam layar ScreenToGif menawarkan tiga metode berbeda dalam menangkap layar. Anda dapat mengambil sebuah tangkapan layar, merekam video, maupun menggunakan papan sketsa. Membuat file GIF diserta animasi dengan aplikasi berbasis Windows ini adalah proses yang cepat serta menyenangkan.

Untuk mulai merekam animasi GIF, Anda terlebih dahulu dalam menyesuaikan ukuran tingkat transparansi window software kemudian klik pada ikon Perekam. Tersedia juga opsi Webcam untuk membuat video PIP atau file GIF.

Anda dapat menyimpan file Anda dalam format GIF, juga dapat menggunakan editor software untuk mengedit setiap frame yang Anda ambil. Mengedit GIF dengan animasi yang dibuat dengan perekam layar lain juga merupakan opsi yang ditawarkan melalui alat penangkap layar yang luar biasa ini.

8. Gyazo

Harga:Tersedia dalam versi gratis, Harga mulai dari $3,99 ditagih setiap tahun

Kompatibilitas:Windows, Mac, iOS, Android

Gyazo

Membuat file GIF dengan Gyazo merupakan proses yang langsung serta membutuhkan waktu dan usaha minimal.

Versi gratis aplikasi tidak menawarkan alat pengeditan apa pun, tetapi jika Anda meningkatkan pada paket Pro atau Tim, Anda dapat menambahkan anotasi dalam file Anda atau menggunakan aplikasi tanpa tampilan iklan. Paket Tim dapat digunakan hingga lima orang yang berbeda, sehingga memungkinkan Anda berbagi file secara pribadi maupun dengan tim.

Pilih opsi Tangkap GIF dalam jendela utama software, kemudian tentukan area layar yang ingin Anda ubah menjadi GIF. Setelah sesi perekaman layar, Anda dapat mengedit file dengan menambahkan elemen teks atau menggambar bebas dengan tangan.

Gyazo menyediakan opsi berbagi file yang ampuh, sehingga memungkinkan Anda untuk berbagi file GIF animasi hanya dengan satu klik.

9. Recordit

Harga:Gratis

Kompatibilitas:Windows 8 atau yang ebih baru, Mac

Recordit

Tidak ada yang rumit dalam penggunaan aplikasi sederhana ini dalam menangkap desktop Anda. Setelah Anda menginstal aplikasi, Anda dapat mengklik ikon yang terletak di Task Bar atau meluncurkannya dari Start menu.

Anda harus menahan dan menyeret tombol kiri mouse untuk dapat memilih bagian layar yang ingin Anda rekam, kemudian tekan tombol Rekam di bawah bingkai tangkapan layar yang sebelumnya telah buat.

Klik tombol Stop untuk menyelesaikan sesi pengambilan layar, kemudian tunggu video terupload dalam server Recordit. Klik pada notifikasi agar dapat memberi tahu Anda bahwa video itu berhasil diuploads sehingga akan membawa Anda ke lokasi tujuan online-nya.

Putar file dan klik tombol GIF untuk mulai mengonversi file video menjadi GIF. Anda dapat mendownload file yang telah Anda buat atau dapat juga menggunakan URL-nya untuk kemudian membagikannya dalam jejaring sosial.


FAQ: Temukan Lebih Banyak terkait Perekam GIF

1. Bagaimana cara saya merekam GIF pada Windows 10?

Pertama tama, Anda membutuhkanperekam layar untuk Windows 10.Anda dapat memilih untuk mendownload LiceCap. Pertama, buka software dan klik tombol "Rekam". Selanjutnya, pilih tempat dimanaAnda ingin menyimpannya. Kemudian, sebelum mulai akan terdapat hitungan mundur dalam 3 detik sebelum merekam. Sekarang saatnya untuk merekam gif!

2. Dapatkah saya mengubah video menjadi GIF?

Pasti bisa. Anda hanya membutuhkan alat yang luar biasa. Berikut merupakan beberapa alat gratis yang dapat membantu Anda dalam mengubah video menjadi GIF. Convertio merupakan alat online yang memungkinkan Anda mengonversi file mp4 ke gif secara gratis. UniConverter juga merupakan alat serbaguna yang dapat mengubah video Anda menjadi gif dengan cara konversi gambar menjadi gif secara gratis.

3. Apa perekam GIF terbaik untuk Mac?

Terdapat banyak aplikasi yang mampumerekam GIF di Mac.Saya akan merekomendasikan tiga software yakni – Giphy Capture, GIF Brewery, serta Smart GIF Maker.

author avatar
Max Wales
Max Wales adalah penulis dan pencinta video.
Anda mungkin berminat
Memilih Screen Recorder Aplikasi Perekam Layar Yang Tepat

Temukan bagaimana cara memilih aplikasi perekam layar atau screen recorder yang tepat, dan bagaiman filmora menjadi pilihan terbaik.

by Max Wales Apr 28, 2024 17:18 PM

7 Game Fps Terbaik

Pada artikel ini, kami akan memperkenalkan 7 pilihan game fps terbaik kami.

by Max Wales Apr 25, 2024 10:14 AM

8 Game Zombie Terbaik

Pada artikel ini, kami memperkenalkan 8 game zombie pilihan terbaik kami pada tahun 2021.

by Max Wales Apr 25, 2024 10:14 AM

author avatar

Max Wales

staff Editor