Filmora
Filmora - AI Video Editor
Aplikasi Video Editor yang Canggih dan Sederhana
BUKA
Buat Video Secara Mudah dan Cepat Bersama dengan Filmora
  • Efek dan Filter Masif & Gratis tersedia untuk Digunakan
  • Personalisasi Area Crop Seperti yang Anda Inginkan
  • Modern & Cepat untuk Pemula dan Profesional

Alternatif Final Cut Pro X Terbaik Teratas di Windows & Mac & Linux [Gratis & Berbayar]

author avatar

Dec 08, 2023• Proven solutions

Pada tahun 1999, Apple meluncurkan Final Cut Pro, dan softwarenya tidak butuh waktu lama untuk menjadi pilihan pertama bagi pengedit video dan agensi pasca produksi.

Fitur utama yang membuatnya menonjol dari software pengeditan video lain di luar sana adalah dibuat secara eksklusif untuk beroperasi di Mac saja, dan itu memungkinkan Apple membuatnya sepenuhnya ditingkatkan untuk kecepatan dan efisiensi yang memungkinkannya edit 4K rekaman UHD tanpa masalah rendering.

Software pengeditan video ini akan mengenakan biaya $300 untuk dibeli, dan seperti yang disebutkan di atas, Anda harus memiliki Mac OS, jadi jika Anda tidak memiliki keduanya atau jika Anda adalah seorang pemula dalam mengedit video kami menyarankan beberapa alternatif untuk Anda yang Anda mungkin memilih salah satu untuk memulai perjalanan pengeditan video Anda.

Alternatif Final Cut Pro X Gratis & Berbayar Terbaik di Windows/ Mac/ Linux

1. Wondershare Filmora

Filmora membuat pengeditan video profesional mudah dengan alat alat profesionalnya yang mudah. Selain alat pengeditan video dasar, kini Anda dapat mengelompokkan klip timeline, penanda jangkauan, atau menambahkan audio dan video ke trek video tanpa batas. Anda dapat menyempurnakan audio Anda dengan sinkronisasi audio otomatis, kompresor audio, atau pengurangan noise audio, dan melakukan koreksi warna mendetail dengan koreksi otomatis prasetel yang berlimpah, dan roda warna. Juga mendukung animasi dan motion tracking. Mudah digunakan dan memiliki persyaratan sistem yang rendah. Download sekarang untuk mencoba!

Download Versi Windows Download Win Mac

2.Avidemux

Avidemux adalah pengedit video open-source dan lintas platform gratis (Microsoft Windows, Linux, dan Mac OS X) yang dirancang untuk tugas penggabungan, pemangkasan, dan pemfilteran video cepat. Mendukung berbagai format video seperti MP44, MPG, AVI, OGM, MKV, FLV, dan banyak lagi. Berikut juga merupakantutorial memulai untuk Avidemux yang dapat Anda lihat.

penggabung video gratis

Pro sebagai alternatif untuk FCPX untuk Windows:

  • Software pengeditan video open-source dan gratis
  • Sebuah antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan

Kekurangan:

Mungkin memiliki masalah dalam menangani beberapa jenis format.

3. VirtualDub

VirtualDub adalah alat pengeditan video yang kuat di Windows dengan banyak fitur berguna yang dapat membantu Anda membuat berbagai jenis perubahan pada video, tetapi menjaga kualitas video tetap sama seperti sebelumnya. Selain itu juga memiliki kemampuan pemrosesan batch untuk memproses file dalam jumlah besar dan dapat diperpanjang dengan filter video pihak ketiga.

penggabung video gratis

Kelebihan:

  • Memiliki opsi untuk menangkap video;
  • Dapat diekstensi dengan video filter orang ketiga;
  • Memiliki kemampuan pemrosesan batch untuk memproses file dalam jumlah besar.

Kekurangan:

Desain UI yang ketinggalan zaman.

4. Video Toolbox

Video Toolbox adalah sebuah alat pengedit online gratisyang memiliki serangkaian fungsi video yang melimpah. Tapi seperti banyak aplikasi online, ia memberlakukan batasan ukuran 300 MB untuk file video Anda. Untuk menggunakannya, Anda harus mendaftar terlebih dahulu dan mengunggah file target baik dari hard disk atau situs video online. Kemudian pancing tugas penggabungan menggunakan perintah dari drop-down.

penggabung video gratis

Kelebihan:

  • Mendukung banyak format video;
  • Opsi pengeditan video yang berbeda.

Kekurangan:

Memiliki limitasi ukuran video (600 MB)

5. Format Factory

Format Factory adalah konverter video dan audio berfitur lengkap. Ia dapat mengkonversikan video, audio, gambar, dan menyalin CD, DVD ke format file lain, serta membuat file gambar ISO. Selain itu, ia menyediakan subset alat yang dapat menangani pemisahan dan penggabungan file. Anda juga dapat mengubah format dan ukuran file output.

penggabung video gratis

Kelebihan:

  • Mendukung banyak format video;
  • Opsi pengeditan video dasar.

Kekurangan:

Tidak dapat mengonversi file audio.

6. Movica

Software ini pada dasarnya adalah sebuah antarmuka pengguna untuk alat open-source lain yang agak tidak ramah pengguna, memungkinkan antarmuka pengguna yang dapat dimengerti untuk alat gratis terbaik di luar sana. Sebagai paket software, tidak ada yang salah dengan pendekatan ini, dan alat-alat yang tersedia untuk bergabung dan menggabungkan adalah yang terbaik, dan software bekerja sangat cepat, sambil menawarkan berbagai format video yang kompatibel.

Antarmukanya agak kikuk, tetapi berfungsi dengan baik dan software memiliki alat tambahan untuk pekerjaan pengeditan lainnya seperti memotong dan memangkas juga, fungsionalitas tambahan yang dikombinasikan dengan antarmuka yang lebih mendasar dapat membuat beberapa operasi sedikit membingungkan.

Movica

Pada akhirnya sedikit lebih rumit untuk digunakan, tetapi sangat bagus.

7. Cyberlink PowerDirector 365

PowerDirector 365 adalah pengedit video profesional dalam keluarga Cyberlink. Ia adalah alternatif Final Cut Pro yang bagus di Windows Para pengguna dapat menggunakan beberapa kamera untuk membuat berbagai efek green-screen dan membuat efek split-screen. Terlebih lagi, Anda dapat mengontrol frame demi frame dengan motion tracking. Ia juga mendukung penggunaan plug-in mulai dari judul animasi hingga paket perjalanan. Rekomendasi resmi sistem operasi adalah Windows 10/8/7. Ini bekerja paling baik pada 64 bit.

Cyberlink PowerDirector 365

Kelebihan:

  • 10 bahasa UI didukung termasuk Prancis, Belanda, dan Korea.
  • Ini mendukung penyimpanan cloud untuk bekerja bersama.

Kekurangan:

Ia hanya menawarkan kursus pembelajaran terbatas.

8. VEGAS PRO 17

Vegas Pro adalah software pengeditan video profesional jangka panjang di Windows. Sekarang, ia baru saja merilis Pro 17 untuk memberikan lebih banyak fitur, jadi ini juga merupakan alternatif Final Cut Pro yang sangat baik. Saat ini, VEGAS PRO 17 menghadirkan pengalaman pengeditan video berkecepatan tinggi dengan akselerasi GPU dan desain intuitif. Fitur-fitur tersebut tidak disebutkan secara spesifik sebelumnya. Dengan fitur gradasi warna baru, VEGAS PRO 17 dapat bersaing dengan Final Cut Pro.

VEGAS PRO 17

Pengeditan video sangat cepat dengan versi yang baru dirilis.

9. Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro perlu disebutkan meskipun Anda menyukai software ini atau tidak. Kami tidak dapat menyangkal bahwa ini adalah pengedit video yang hebat di Windows. Faktanya, ia memiliki jumlah pengguna terbesar di Windows. Dengan Premiere Rush, Adobe Premiere Pro memiliki pembaruan besar baru-baru ini. Ia adalah produk terbagus untuk mengedit video 8K. Anda juga dapat menggunakan Rush untuk mengedit video di ponsel dan mengimpornya ke PC Anda untuk melakukan pengeditan lebih lanjut jika diperlukan.

Adobe Premiere Pro

Setelah memeriksa begitu banyak software pengeditan video, kami telah merangkum fitur-fitur utama dari setiap editor video yang tercantum di atas. Semoga itu akan membantu Anda mengambil alternatif Final Cut Pro terbaik untuk Windows.

OS yang didukung Format yang Didukung Efek Video Berbagi ke YouTube Mudah digunakan
Filmora Win/Mac MPEG-1/2,MPEG-4... Y Y Y
Avidemux Win/Mac/Linux/PC-BSD AVI,DVD,MP4,ASF... N N Y
VirtualDub Win MPEG-1,AVI... N N Y
Cyberlink PowerDirector 365 Win AVI,WMV,MOV... Y N N
Video Toolbox Win 3GP,AMV,ASF,AVI... N N Y
Format Factory Win wmv,asf... N N Y
Movica Win wmv,MPEG... N N Y
VEGAS PRO 17 Win WMV,FLV... Y N Y
Adobe Premiere Pro Win/Mac AVI,3GP,SWF... Y N N

Kata Penutup

Setelah mendaftar alternatif diatas ke Final Cut Pro X, dan faktor untuk membantu Anda membuat pilihan Anda, Anda bisa memilih fitur dan manfaat umum terbaik yang paling Anda butuhkan untuk proyek pengeditan video Anda.

Jika Anda adalah pemula dan ingin menggunakan software pengedit video, kami sangat menyarankan menggunakan ShotCut. Alat ini sangat mudah digunakan, dan pada saat yang sama telah digunakan secara luas oleh para profesional, Anda pasti dapat memulai dengan software ini.

Jika Anda sudah memiliki pengalaman dalam mengedit video dan sedang mencari software gratis atau beranggaran rendah untuk menyelesaikan proyek Anda, maka Anda bisa mendapatkan Lightworks atau Versi pro. Software ini luar biasa dan digunakan secara luas di pasar pengeditan video profesional yang dianggap sebagai salah satu alternatif terpenting untuk Final Cut Pro X.

Mungkin Anda seorang pemula dan tidak keberatan membayar harga yang wajar untuk membeli software pengeditan video, dalam hal ini, Filmora sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda tidak akan dikenakan biaya banyak sebagai pemula dan antarmuka penggunanya yang ramah memungkinkan Anda mengedit video dengan lancar tanpa fitur rumit seperti yang ditemukan di software pengeditan video lainnya. Klik tautan di bawah untuk mencoba!

Download Versi Windows Download Win Mac

author avatar
Liza Brown
Liza Brown adalah penulis dan pencinta video.
Anda mungkin berminat
VirtualDub untuk Mac: Mengedit Video dengan Mudah di Mac

Jika Anda telah beralih ke platform Mac, maka Anda mungkin memerlukan alternatif VirtualDub untuk Mac, karena VirtualDub hanya mendukung OS Windows.

by Liza Brown Dec 11, 2023 15:31 PM

5 Penggabung Video MPEG Gratis Terbaik

Terdapat sejumlah software yang dapat Anda gunakan untuk melakukan manipulasi file demikian. Di bawah ini merupakan lima penggabung MPEG Video yang paling populer.

by Liza Brown Dec 11, 2023 15:31 PM

5 Video Rotator 3GP Gratis Terbaik

Dalam kasus ini, Anda akan lebih menyukainya jika Anda dapat merotasi video 3GP 90 derajat untuk tampilan yang lebih baik. Berikut merupakan daftar dari 5 video rotator 3GP gratis terbaik.

by Liza Brown Dec 11, 2023 15:31 PM

author avatar

Liza Brown

chief Editor