filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play

Perangkat Lunak Pengeditan Video Vlog Terbaik [Gratis & Bayar]

Dec 26, 2022• Proven solutions

Saat ini, semakin banyak orang cenderung berbagi hidup mereka denganvideo pendekdi media sosial seperti YouTube, Facebook,Instagram TVdan Vimeo. Karena itu, calon vlogger harus memiliki setidaknya alat pengeditan video dasar yang memungkinkan mereka membuat konten visual yang menarik perhatian audiens.

Jika Anda ingin tahu software apa yang digunakan para vlogger, software pengeditan video mana yang terbaik untuk vlogging, atau editor video mana yang dipilih untuk video-video vlog YouTube, Anda akan mendapatkan beberapa petunjuk berdasarkan informasi di bawah ini.

We’ve researched the internet and picked up the top 10software edit video terbaik untuk vlogging, yang memungkinkan untuk merekam serta mengedit video dengan mudah untuk vlog.


Best Free & Paid Vlog Editing Software for Vloggers on YT/FB/Ins/Vimeo in 2021

Selain mengambil gambar dengankamera vlogging yang baik, proses pasca-produksi juga sangat penting untuk vlogging Anda. Kompleksitas video yang ingin Anda hasilkan harus menjadi salah satu hal pertama yang Anda pertimbangkan ketikamemilih software pengedit video vlog. Misalnya, jika Anda tidak punya banyak pengalaman di bidang ini dan Anda hanya ingin menggabungkan beberapa klip, tidak ada alasan untuk menghabiskan banyak uang untuk software pengeditan video profesional.

Download Win VersionDownload Mac Version

Di sini kami telah menyortir beberapa software pengeditan video terbaik untuk vlogger yang tersedia di pasaran, bergantung pada keahlian dan tingkat pengalaman Anda. Beberapa di antaranya benar-benar gratis untuk digunakan, sementara yang lainnya masih menyediakan versi uji coba gratis tanpa batas, seperti Filmora. Anda dapat menentukan salah satu yang tepat untuk kebutuhan Anda setelah mencobanya. Namun pertama-tama, mari kita lihat beberapapilihan pengeditan vlog gratisyang dimiliki para editor video pemula dan lanjutan.

Bagian 1: Software Pengeditan Video Vlog Gratis Terbaik untuk Pemula

1.Windows Built-in Movie Maker untuk Windows 7 dan aplikasi Photos untuk Windows 10

Harga:Gratis

Kompatibilitas:Windows OS

Windows Movie Maker digunakan untuk dibundel dengan sistem operasi Windows dan telah membantu para amatir untuk waktu yang sangat lama. Produk ini menghadirkan fungsi tarik-lalu-lepas dan menawarkan hampir semua fungsi pengeditan video klasik termasuk memangkas, memutar, memisahkan, menggabungkan, serta menambahkan trek musik, filter, dan tema. Windows Movie Maker cukup simpel, namun fungsinya terbatas. Setelah Anda mengedit satu atau dua video vlog dengannya, Anda akan mengerti hal ini.

Namun,Windows Movie Makertelah dihentikan, dan tidak lagi tersedia untuk didownload. Tetapi, jika Anda menggunakan sistem operasi Windows 7 versi lama, Anda masih dapat mengedit video Anda dengan software berbasis PC yang ikonik ini.Pendatang barudalam dunia vlogging dapat menggunakan software ini untuk menyatukan beberapa klip video atau melakukan tindakan pengeditan video dasar seperti cutting atau trimming. Windows Movie Maker tidak pernah memiliki banyak hal untuk ditawarkan kepada editor video yang terampil. Jadi, jika Anda serius dengan vlogging, Anda tidak akan menghabiskan terlalu banyak waktu untuk mengedit video dengannya. Lihat Pilihan kami untukSoftware Pengedit Video Gratis Terbaik untuk Windows tahun 2020 >>

windows movie maker

Berita terbaru mengatakan bahwa Microsoft akan berhenti mendukung Windows 7 pada Januari 2020. Jika Anda mencari beberapa software pengeditan video yang didesain untuk Windows10, periksa beberapabest movie makers for Windows 10. Jika Anda sudah meng-update dan menjalankan Windows10, Anda juga dapat menggunakan aplikasi Photos bawaan di Windows10. Aplikasi Photos di Windows 10 memungkinkan Anda memilih tema dan soundtrack untuk membuat video dengan mudah. Salah satu fitur menarik dari Photos adalah: Anda dapat memilih bintangnya, dan aplikasi akan membuat video yang berfokus pada orang tersebut dengan video dan foto dari koleksi media Anda. Pelajari lebih detail tentangcara mengedit video di aplikasi Photos dengan Story Remix

 Windows10 Photos Story Remix feature

Yang kami sukai:

Benar-benar gratis untuk pengguna Windows dan fitur pembuatan video otomatis-nya menarik

Yang tidak kami sukai:

Fitur pengeditan video terbatas

Hanya untuk pengguna Windows

2. iMovie

Harga:Gratis

Kompatibilitas:macOS, iOS

iMovie adalah software pengeditan video gratis bagi para vlogger yang menggunakan Mac untuk mengedit video. Dilengkapi dengan serangkaian fitur pengeditan video yang fantastis dan praktis, iMovie adalah alat pengeditan video yang ideal untuk siapa saja. Hadir bersama setiap iMac baru, software ini gratis dan menyediakan berbagai macam efek dan rangkaian alat, sehingga selalu dianggap sebagai alat yang penting bagi setiap pengguna Mac untuk meningkatkan vlog mereka.

Meskipun cakupan fitur pengeditan videonya agak terbatas, iMovie tetap cukup mumpuni untuk memungkinkan Anda mengedit rekaman yang diambil dalam resolusi hingga4K. Selain itu, Anda dapatmembuat judul,menerapkan efek visual dan filterke klip video, atau bahkan merekam voiceover Anda sendiri. Kemampuan iMovie dalam berbagi file sangat cocok untuk vlogging karena Anda dapat mengupload video ke channel YouTube atau akun Facebook Anda langsung dari software.

Yang kami sukai:

Benar-benar gratis untuk pengguna Mac, dan Anda juga dapat menggunakannya di iPhone atau iPad untuk mengedit video vlog

Yang tidak kami sukai:

Fitur dan efek terbatas

Hanya untuk pengguna Mac atau iOS

3. Editor Video Gratis VSDC

Harga:Gratis

Kompatibilitas:Windows

Editor non-linear ini tampaknya menjadi solusi sempurna untuk vlogger yang sudah mapan maupun yang sedang merintis karena menawarkan banyak alat pengeditan video yang sangat mudah digunakan. Selain itu, software ini mendukung hampir semua format file gambar danvideo yang umum, yang berarti Anda dapat merekam entri vlog Anda dengan kamera digital apa pun. Bagian terbaiknya adalah VSDC memungkinkan penggunanya untuk mengekspor video dalam resolusi HD dan 4K langsung ke YouTube. Satu-satunya kekurangannya adalah Anda hanya dapat menginstal editor vlog ini di komputer PC.

4. Aplikasi GoPro Quik Desktop

Harga:Gratis

Kompatibilitas:Windows, macOS

Jika Anda pergi keliling dunia dan menghabiskan banyak waktu di jalan untuk merekam video dengan kamera aksi GoPro, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi desktop Quik untuk mengedit video vlog Anda. Editor video Quik dioptimalkan dengan sempurna untuk mengedit rekaman yang diambil dengan model kamera GoPro yang berbeda, tetapi jumlah opsi pengeditan video yang disediakan aplikasi ini mungkin sedikit mengecewakan bagi para profesional. Aplikasi ini adalah opsi yang bagus jika laptop yang Anda bawa dalam perjalanan tidak memiliki kekuatan pemrosesan yang cukup untuk menjalankan software pengeditan video yang lebih canggih. Namun, jika Anda jarang menggunakan kamera GoPro untuk merekam video Anda, aplikasi pengeditan video ini tidak memiliki banyak hal untuk ditawarkan kepada Anda.

Bagian 2: Produk Software Pengeditan Video Vlog Terbaik untuk Semi-pro & pro

1. Wondershare Filmora

Harga:$59,99 untuk lisensi seumur hidup

Kompatibilitas:macOS, Windows

Software vlog ini adalah software edit video yang mudah digunakan oleh semua kreator. Para profesional pengedit video yang terampil maupun para penggemar vlogging dapat menggunakan Filmora secara efektif untuk menghasilkan video yang menarik. Dengan kemampuannya untuk merekam Webcam maupun layar desktop, juga voiceover secara langsung dan menguploadnya ke platform media sosial YouTube dan Vimeo, software ini menjadi salah satu solusi terbaik bagi para vlogger untuk mengedit video mereka. Filmora adalah alat yang mudah dikuasai dan memungkinkan pengguna untuk menggabungkan, memotong, membagi, memutar, dan memangkas klip dalam beberapa klik.

Download Win VersionDownload Mac Version

Selain galeri filter yang kaya dan koleksimusik bebas royalti yang mengesankan , update terbaru Filmora menyertakan peningkatankoreksi warnadan fitur audio. Anda dapat menambahkan hingga seratus trek video dan audio ke timeline dan memanfaatkan sepenuhnya kemampuan pengomposisian software ini.

 Filmora Interface

Produk ini juga menyediakan daftar filter dan opsi untuk menambahkan sentuhan ekstra pada video Anda. Vlogger dapat dengan mudahmenambahkan anotasi ke video mereka, membuat efek PIP, atau bahkanmenstabilkan rekaman yang goyah. Kemampuan software ini dalam berbagi file, serta kecepatan rendering yang cepat, menjadikannya salah satu editor video vlog terbaik di tahun 2020. Terlebih lagi, aplikasi ini menawarkan banyak efek yang indah dan modis untuk Game, Kecantikan, Pendidikan, Perjalanan, dll. Saat ini software inikompatibel dengan PC & Mac, yang berarti Anda dapat mengedit project di salah satu sistem operasi tersebut.

Yang kami sukai:

Menghapus noise latar belakang dengan mudah

Merekam voiceover, desktop, dan webcam secara bersamaan dan mengubah kecepatan dengan mudah

Banyak Filter, Overlay, Efek (yang sangat penting untuk vlogger)

Antarmuka yang intuitif & mudah digunakan

Yang tidak kami sukai:

Perlu membayar untuk menghapus watermark

2. Wondershare Filmii

Harga:$9,99/bulan atau 34,99/tahun

Kompatibilitas:macOS, Linux, Windows

Apakah Anda mencari editor vlog yang kreatif namun mudah digunakan? Tidak perlu mencari lagi karena software vlog terbaru Wondershare, Filmii, memiliki semua fitur canggih yang Anda butuhkan. Software ini menawarkan banyak template bertema untuk setiap kesempatan menambahkan sentuhan yang hidup ke video Anda. Antarmukanya yang intuitif serta template video yang pintar melakukan separuh pekerjaan untuk Anda. Dengan secara otomatis mendeteksi dan memperbaiki gangguan video seperti rekaman yang buram atau goyangan kamera, proses pengeditan vlog menjadi lebih mudah.

Terlebih lagi, Anda bahkan tidak perlu pengalaman mengedit untuk membuat video yang spektakuler dengan mahir. Di Filmii, opsi pengeditan lanjutan dapat dilakukan dengan sekali klik. Jika Anda memerlukan perbaikan cepat, pilih saja mode edit cepat ke preset yang penuh gaya untuk membuat video yang menarik dalam waktu singkat. Cukup klik untuk menambahkan stiker animasi atau filter yang estetis. Berikan vlog Anda keunggulan Hollywood dengan menambahkan overlay. Membuat video yang menarik untuk memperindah akun media sosial Anda tidak pernah semudah ini. Filmii menawarkan kemungkinan tak terbatas untuk membuat vlog yang menarik.

Yang kami sukai:

Template video pintar

Filter penuh gaya dan elemen gerak

Yang tidak kami sukai:

Watermark dalam versi uji coba

3. Lightworks

Harga:Gratis

Kompatibilitas:macOS, Linux, Windows

Bahkan versi gratis dari editor video profesional ini menawarkan opsi untuk mengekspor video HD 720p ke Vimeo atau YouTube. Selain itu, fitur pengeditan Multicam yang canggih, juga library efek yang kaya, menjadikan Lightworks pilihan yang sangat baik untuk pengeditan vlog, bahkan meskipun Anda tidak ingin membeli salah satu paket berlangganan yang tersedia. Vlogger yang memilih untuk membeli langganan bulanan atau tahunan memiliki opsi yang jauh lebih luas. Jadi, yang terbaik adalah mencoba versi gratis Lightworks sebelum Anda memutuskan apakah Anda ingin menggunakannya untuk mengedit entri vlog Anda secara reguler

4. Adobe Premiere Pro

Harga:$20,99 per bulan, sebagai satu aplikasi

Kompatibilitas:Windows, macOS

Adobe Premiere adalah salah satu aplikasi pengeditan video terbaik yang pernah dibuat, jika bukan yang paling baik. Jadi, jika Anda mencari editor video yang andal dengan banyak fitur pengeditan video yang canggih, ini mungkin pilihan terbaik Anda. Koleksi alat, efek visual, dan fitur animasi yang tampaknya tak ada habisnya akan memastikan bahwa setiap video yang Anda edit di Adobe Premiere Pro memenuhi standar profesional tertinggi.

Premiere Pro interface

Vlogger yang membutuhkan aplikasi pengeditan video canggih yang mampu melakukan tugas pengeditan video yang paling berat sekalipun akan mendapatkan manfaat dari pembelian Adobe Premiere Pro sebagai aplikasi tunggal atau sebagai bagian dari paket Creative Cloud lainnya.

Software ini juga mendukung banyakplugin pihak ketigauntuk fitur tambahan. Harap diingat bahwa ada masa uji coba terbatas 30 hari, jadi jika Anda mengedit video vlog dengannya, ingatlah untuk memeriksa kapan masa uji coba berakhir. Jika tidak, Anda tidak akan dapat mengakses software ini lagi. Dalam versi uji coba gratis juga akan ada watermark.

Yang kami sukai:

Memberi Anda lebih banyak kontrol atas rekaman vlog

Yang tidak kami sukai:

Mahal

Perlu pengalaman mengedit untuk menanganinya

5. Final Cut Pro X:

Harga:$299,99

Kompatibilitas:macOS

Selama beberapa dekade terakhir, Final Cut Pro telah menjadi salah satu paket software pengeditan video yang paling sering digunakan di industri film. Itulah mengapa tidak mengherankan jika update terbaru Final Cut menjadi salah satu editor video vlog terbaik yang dapat Anda gunakan pada tahun 2020. Spektrum opsi pengeditan video yang luas memberi Anda kebebasan kreatif untuk memvisualisasikan ide apa pun, seberapa pun rumitnya ide itu. Namun, jika Anda baru mengenal Final Cut Pro X, Anda akanperlu banyak latihan agar dapat sepenuhnya memanfaatkan kemampuannya.

final cut pro

Final Cut Pro X adalahprogram pengeditan video yang canggih untuk para profesional. Software ini menawarkan hampir semua fitur dan opsi pengeditan video yang dapat Anda bayangkan, seperti dukungan sinkronisasi multi-kamera, pengambilan urutan batch, serta dukungan plug-in pihak ketiga. Namun, ini adalah salah satu software pengeditan video termahal yang tersedia di pasaran. Jadi, pikirkan dua kali sebelum Anda membuat keputusan akhir. Software pengedit video profesional ini menghabiskan banyak biaya ($299) dan membutuhkan lebih banyak waktu untuk mempelajari cara mengedit dengannya.Lihat tips mengedit video dengan Final Cut Pro >>

Yang kami sukai:

Tersedia plugin yang membuatnya mumpuni

Yang tidak kami sukai:

Hanya tersedia di komputer Mac

Profesional dan tidak mudah untuk pemula

Bagian 3: Cara Mengedit Video Vlog di Software Pengedit Vlog Filmora [Video Tutorial & Langkah Detail]

Video tutorial di bawah ini akan menunjukkan kepada Anda cara mengedit vlog perjalanan dengan software pengedit vlog ini. Jika Anda tidak punya waktu untuk menonton video tutorial sekarang, Anda dapat memeriksa panduan singkat kami [3 langkah] tentang cara mengedit video vlog di Filmora di bawah ini.

Download Win VersionDownload Mac Version

Bonus: Semakin banyak orang menghasilkan uang dengan video. Ingin tahu caranya? Lihat panduan monetisasi YouTube kami tentangCara menghasilkan uang di YouTube.

1. Mengimpor Video Vlog

Klikopsi Imporatau pilihImpor File Media di Siniuntuk mengimpor materi video vlog Anda. Tindakan ini memungkinkan Anda untuk mengimpor folder dari disk, iPhone, kamera, atau bahkan dari akun media sosial Anda.

 Filmora import

Kemudian drag dan drop media vlog ke timeline untuk diedit.

2. Mengedit Rekaman Vlog

Aplikasi ini menyediakan semua fitur pengeditan dasar sepertimemangkas, memotong, menghapus, memutar, dan membalik, serta fitur-fitur lanjutan sepertistabilisasi video, color grading, penghapusan kebisingan latar belakangsertapengomposisian dan blending green screen . Kami tahu bahwa sebagian besar vlogger membutuhkan filter dan transisi. semua efek ini tersedia diLibrary Efek dan Library Transisi Filmora, dan Anda juga dapat mengklik Filmstock

 Filmora effects panel

3. Mengekspor rekaman vlog dan membagikan ke YouTube/Vimeo atau Menyimpan

Klik tombol Ekspor untuk masuk ke jendela Ekspor. Di sini Anda dapat memilih untuk menyimpan video ke format yang populer di komputer Anda, atau menyimpannya ke perangkat seluler seperti iPhone, iPad, dan ponsel Android, atau ke TV. Anda juga dapat mengupload langsung video vlog ke YouTube dan Vimeo.

 Filmora export

Anda juga dapat melihat tutorial langkah demi langkah tentangCara mengedit videountuk mengetahui lebih detail.

Artikel Terkait: Bagaimana cara membuatvlog makananatau vlog keluargayang luar biasa?

Pertanyaan Umum tentang Pengeditan Video Vlog

1. Software Pengeditan Video Apa yang Digunakan Para Vlogger?

Vlogger menggunakan berbagai editor video berdasarkan kebutuhan mereka.Para pemulayang membutuhkan editor gratis & praktis untuk pengeditan ringan biasanya menggunakan editor seperti iMovie, Windows 10 Photos, dll. Tetapi, konsumen danvlogger tingkat promemilih alternatif yang lebih mumpuni seperti Filmora. Tindakan tarik-lalu-lepas menangani sebagian besar pengeditan di Filmora. Berkat tindakan ini, menerapkan transisi, efek & filter menjadi sangat mudah. Tersedia library konten stok yang luas dan sangat penting untuk para vlogger. Filter & efek yang trendi, alat Action Cam, dikombinasikan dengandukungan 4Kmembuatnya menjadi software yang wajib dimiliki para vlogger.

2. Apa Software Gratis Pengeditan Vlog Terbaik untuk Windows?

Microsoft Photos adalah editor video gratis terbaik untuk Windows. Alat ini memberikan paket pengeditan video yang solid dengan antarmuka yang sederhana. Karena sudah menjadi bawaan Windows, kerumitan tambahan tidak diperlukan.Microsoft Photos dapat membuat video secara otomatisdari library media Anda. Video tidak selalu menjadi bagus, tetapi mampu menghemat banyak waktu yang dapat Anda dedikasikan untuk vlogging. Anda dapat memilih dari enam tema yang secara otomatis menangani teks, filter, dan soundtrack Anda. Filter juga hadir dalam sebelas nuansa untuk memperindah video Anda.

Kesimpulan

Above are our picks of the best video editing software for vloggers, some are designed for free for video editing novices, while after editing several vlog videos, you may need professional ones, so I also introduced some video editing software for professionals. Having the right equipment is much more important than having the most expensive equipment. So instead of simply buying the priciest video editing software, you can find on the market, you should choose a video editor that provides all the tools you’ll need to create a vlog. Which video editing software are you going to be using to edit your vlogs in 2020?

Download Win VersionDownload Mac Version

Jika Anda lebih suka merekam vlog dan mengeditnya di ponsel Anda, Anda dapat melihat pilihan kami untukAplikasi Editor Vlog Terbaik [iOS & Android].

author avatar
Ollie Mattison
Ollie Mattison is a writer and a lover of all things video.
You May Also Like
Ep. 16 Menambahkan Gerakan ke Video, Gambar, dan Grafik di Filmora

Dalam tutorial video ini, kami akan menunjukkan cara menambahkan efek gerak ke video, gambar diam, dan grafik di Filmora dan memperkenalkan beberapa efek gerak yang menarik juga.

by Ollie Mattison Dec 28, 2022 16:54 PM

Sorotan Instagram Terbaik Meliputi Aplikasi

Apa aplikasi terbaik untuk sampul sorotan Instagram? Pada artikel ini, saya akan membagikan beberapa sorotan Instagram terbaik yang mencakup aplikasi untuk iPhone dan Android.

by Ollie Mattison Dec 28, 2022 16:54 PM

Pembuat Video Sorotan Terbaik

Apa program terbaik yang digunakan untuk membuat video sorotan? Pada artikel ini, saya akan membagikan beberapa pembuat video sorotan terbaik untuk komputer desktop dan ponsel.

by Ollie Mattison Dec 28, 2022 16:54 PM

Ollie Mattison

staff Editor

0 Comment(s)