filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
iMovie Complete Tutorial
1. iMovie Basic Editing Tips +
2. iMovie Advanced Editing Tips +
3. iMovie Creative Editing Tips +
4. iMovie Alternatives +
5. iMovie Troubleshooting +
The best iMovie alternative for Mac and Windows to separate audio from video
  • Easy-to-use wizard-style interface
  • Wide support for almost all popular video formats
  • 300+ built-in stunning visual effects
  • Trim, split, cut, combine, crop, rotate and pan & zoom videos in a few clicks

Bagaimana Cara Memisahkan Audio dari Video dengan iMovie pada Mac?

author avatar

Dec 26, 2022• Proven solutions

Program untuk mengedit video di Apple, iMovie, adalah pilihan yang populer. Dengan menghapus suara bising di latar belakang dan memperbesar tingkat audio dari cuplikan bersuara kecil, iMovie bisa memodifikasi dan meningkatkan kualitas audio dari suatu proyek.

iMovie menyediakan alat pengeditan dasar yang Anda perlukan untuk membuat film dari kumpulan cuplikan video, secara cuma-cuma. Tanpa menggunakan video digital, Anda bisa menelusuri setiap adegannya dengan mudah dan menyimpan hasil edit dan perubahan yang telah Anda buat dalam format digital. Hasil akhir produknya merupakan video film digital berkualitas tinggi yang bisa Anda simpan sebagai file QuickTime atau dikembalikan menjadi kaset video digital.

Sekarang, mari kita bahas cara memisahkan audio dari video dengan iMovie pada Mac.

Bagian 1. Cara Memisahkan/Melepaskan/Memecah Audio dari Video dengan iMovie pada Mac

Program iMovie bisa digunakan untuk membuat film dan video berkualitas tinggi. Suatu saat, Anda mungkin ingin memisahkan audio dan video saat menonton video yang menyertakan keduanya.

Untuk memisahkan audio dari video dengan iMovie pada Mac, bukalah video yang dimaksud dan ikuti langkah-langkah berikut ini.

Langkah 1. Hapus klip audio dari video

Cari klip yang mengandung video dan audio pada timeline iMovie Anda.

Klik kanan mouse Anda pada klip tersebut atau tahan tombol 'Control' sambil mengklik klipnya. Anda juga bisa menelusuri kotak menu dan pilih 'Detach Audio'.

Sekarang, audio dari klip tersebut akan ditampilkan sebagai "klip" terpisah berwarna hijau di bawah video. Namun demikian, garis tipis pada bagian sebelah kiri menunjukkan jika video dan audio tersebut masih terhubung. Ini berarti bahwa Anda akan kehilangan audio itu jika Anda menghapus videonya. Karena itu, antara harus memindahkan klip audio tersebut ke tempat lain di video Anda atau menempatkannya pada 'Background Music Well' di bagian bawah timeline Anda.

Hal ini bisa dilakukan dengan memilih, menyeret, lalu melepas klip audio itu di mana pun Anda menginginkannya. Jika Anda memindahkannya ke 'Background Music Well', klip audio tersebut akan berada pada latar belakang dari semua suara-suara lainnya di film Anda.

Langkah 2. Hapus videonya

Setelah Anda memutuskan hubungan antara audio dan video tadi, serta memutuskan tautannya, Anda tinggal klik pada video tersebut untuk menghapusnya.

Pilih 'Delete' dari menu shortcut dengan klik kanan pada tetikus Anda.

Atau tahan tombol 'Control' sembari klik dan pilih 'Delete'.

Bagian 2. Memisahkan Audio dari Video di Mac, dengan Menggunakan Alternatif Terbaik dari iMovie

Apakah Anda ingin mengekstrak file musik dari trek audio dan visual pada klip video Anda? Ataukah Anda ingin menambahkan file audio pada frame video Anda? Pada bagian ini, Anda akan mempelajari mudahnya cara memisahkan audio dari video dan membuat MP3 Anda sendiri dengan menggunakan alternatif iMovie, yaitu Wondershare Filmora. Ini adalah perangkat pengeditan video canggih yang tersedia untuk sistem operasi Mac ataupun Windows.

Download Filmora Versi Windows Download Filmora Versi Mac

Anda bisa membuat file MP3 Anda sendiri yang berisi karya musik yang mengesankan dari musik video, pertunjukan TV, atau cuplikan konser, agar bisa Anda nikmati saat bepergian. Untuk memisahkan audio dari video Anda, ikuti langkah-langkah berikut ini.

Langkah 1. Impor file media Anda ke Filmora

Untuk masuk ke mode pengeditan, jalankan perangkat lunaknya dan pilih rasio yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, baik itu 16:9 ataupun 4:3. Setelah itu, pilih 'Import' untuk mengimpor klip video, audio, atau foto dari folder file di komputer Anda.

Sebagai catatan, alat ini sangat kompatibel dengan berbagai format. Jadi, Anda bisa mengedit setiap frame-nya sambil mempertahankan kualitas aslinya. Setelah Anda berhasil mengimpor video Anda, tarik dan letakkan video tersebut ke bagian timeline. Filmora akan menggabungkan semua file di timeline Anda tanpa jeda secara otomatis.

Langkah 2. Pisahkan audio dan video Anda dengan sekali klik

Pilih "Detach Audio" dari menu konteks pada file video yang ingin Anda ekstrak trek audionya. Anda akan segera melihat sebuah file audio muncul di trek audio Anda. Ya, ini adalah file audio aktual dari video tadi.

Anda telah berhasil memisahkan trek audio dari file videonya.

Langkah 3. Simpan video atau audio yang telah dipisahkan

Karena trek video dan audionya telah berhasil dipisahkan, Anda bisa saja menghapus trek video atau audio yang tidak Anda perlukan, dan menggantinya dengan yang baru. Lalu, tekan "Export" untuk menyimpan trek audio tersebut sebagai MP3, atau langsung saja buka setelan bawaan "iPod" untuk mendengarkannya saat Anda bepergian.

Jika Anda ingin menyimpannya di file baru lain, Anda harus menyimpan frame video atau trek audio yang telah dipisahkan ke file proyek di hard disk Anda. Muat ulang file project yang berisi frame video tadi setelah Anda selesai mengekspor trek audionya, lalu eksporlah ke file video baru.

Bagian 3. Pertanyaan yang Sering Diajukan Mengenai Cara Memisahkan Audio dari Video dengan iMovie

Untuk mempelajari cara memisahkan audio dari video dengan iMovie, Anda bisa melihat pertanyaan yang sering diajukan di bawah ini.

1. Apakah kita bisa memisahkan audio dan video di iMovie?

Ya, tentu saja kita bisa melakukannya. Impor klip video yang ingin Anda pisahkan ke iMovie, lalu pilihlah klip video tersebut. Pilih "Detach Audio" dari menu konteks cukup dengan klik kanan tetikus Anda. Sekarang, Anda bisa menghapus salah satu trek (audio ataupun video), dan memindahkan posisinya ke tempat lain di timeline film tersebut atau menukarnya.

2. Apa fungsi "Detach Audio" dengan iMovie?

Klip audionya sudah dihapus dan klip yang berisi audio semata (dengan bilah berwarna hijau) disematkan di bawah klip video. Sekarang, klip audionya bisa ditautkan dengan klip lain mana pun di film Anda, atau dipindahkan posisinya ke bagian musik latar.

3. Bagaimana cara untuk menghapus audio asli (dari kamera) dan memasang audio baru ke video tersebut agar saya tidak perlu menangani dua bagian (video dan audio) yang berbeda saat saya mengeditnya?

Buat saja sebuah film di iMovie yang menggabungkan semua audio dan visualnya. Anda bisa menyelaraskan videonya dengan mendengarkannya atau melihat gelombang suaranya. Setelah selaras, buka 'clip inspector' dan matikan volume trek videonya. Untuk mempertahankan kualitasnya sebaik mungkin, 'SHARE/EXPORT' dengan menggunakan QuickTime dan pilih Apple Intermediate Codec sebagai codec Anda. Tindakan ini akan menautkan audio sekunder tadi dan trek videonya. Setelah itu, buka 'Event', lalu impor film yang baru saja Anda buat di iMovie. Sekarang, Anda bisa mengedit audio dan video sebagai satu kesatuan.

4. Apakah kita bisa mengambil audio dari suatu video dan menyimpannya sebagai file audio?

Jika Anda punya klip lain di timeline Anda, Anda bisa melepas audionya dan menyalin serta menempelkannya di mana pun. Namun jika Anda ingin semua audio dari sebuah klip atau membuat rangkaian klip, letakkan mereka di proyek dan buat 'custom QT export', lalu eksporlah 'Sound to AIFF file'. Seret ke klip film lainnya atau impor sebagai trek audio di iTunes.

5. Bagaimana cara melepas audio dari suatu klip agar saya bisa memindahkannya dan menyematkan audio rekaman baru ke klip tersebut?

Anda hanya bisa memutuskan hubungan audio dari klip pada timeline proyek, dan bukan pada panel event.

6. Bagaimana cara untuk membisukan sebuah video di iMovie pada Mac?

Klik tombol 'Create New' di iMovie untuk memulai proyek baru. Lalu, pilih 'Movie' dari menu dropdown yang ditampilkan. Pilih video yang ingin Anda bisukan dengan memilih opsi 'Import Media'. Tarik dan letakkan videonya ke timeline begitu selesai diimpor. Klik kanan tetikus Anda pada video di timeline Anda dan pilih 'Detach Audio' dari menu dropdown.

Audio dan videonya akan dipisahkan atau dilepaskan sebagai akibat dari tindakan ini. Hapus audio dari videonya untuk memisahkan atau memutuskan hubungan pada langkah sebelumnya. File audio (atau layer) terletak tepat di bawah file video pada timeline Anda. Lalu, Anda bisa menghapusnya dengan klik kanan tetikus Anda pada file tersebut sebelum memilih 'Delete' dari menu dropdown, atau langsung klik saja file tersebut. Untuk menandakan bahwa file tersebut telah dipilih, filenya akan disorot warna kuning. Terakhir, tekan saja tombol hapus.

7. Bagaimana saya bisa melihat dan mengunduh suatu pratinjau?

Anda bisa melihat pratinjau dari suatu video dengan menekan tombol 'play' di sebelah tombol 'Share'. Sekarang, videonya bisa diunduh ke komputer Anda dengan memilih 'Download Video' dari menu dropdown setelah menekan tombol 'Publish'.

Atau Anda juga bisa langsung membagikannya ke platform media sosial lainnya dari aplikasi ini. Selain menghapus audio dari video, Animaker pun menyediakan alat pengeditan video yang Anda perlukan saat memodifikasi video Anda untuk situs web atau media sosial Anda.

Kesimpulan

Seperti yang bisa dilihat dari artikel ini, iMovie memiliki fitur-fitur mengesankan yang tak terhitung jumlahnya. Memisahkan audio dari video hanyalah salah satu fitur menarik dari iMovie.

Jika sebuah video mengandung musik, suara, atau suara orang, yang ingin Anda pisahkan dari videonya, ikuti langkah-langkah yang telah diuraikan di atas, dan Anda pasti bisa melakukannya dengan mudah. Satu hal yang harus selalu Anda ingat adalah menjaga aplikasinya agar tetap terbuka saat Anda melakukan penelusuran.

Dan jika ternyata kebutuhan Anda tidak bisa terpenuhi oleh iMovie, tenang saja. Filmora dari Wondershare bisa menjadi pilihan terbaik Anda.

author avatar
Liza Brown
Liza Brown is a writer and a lover of all things video.
You May Also Like
author avatar

Liza Brown

chief Editor