filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Filmora Video Editor
The best editor helps you edit videos without hassle.
  • Enhance videos with 300+ stunning effects
  • Personalize the crop area as you want
  • Modern and easy to use

Cara Gunakan OBS Pada Zoom

Open Broadcaster Studio, atau OBS Studio, adalah freeware dan tampilkan fitur siaran dan kemampuan rekaman berkualitas HD. Berjalan dengan baik di seluruh sistem operasi seperti Windows, Linux, dan Mac. Tidak membatasi durasi film anda, yang membuatnya sangat bagus saat melakukan rekaman serta siaran video selama berjam-jam. Bisa berinteraksi dengan aplikasi konferensi video seperti Zoom dengan lancar, mengizinkan anda untuk tingkatkan kegunaan dan kemampuannya. Semua kemampuan OBS Studio menjadikannya sebagai perangkat yang berguna selama konferensi video.

Open Broadcaster Software Studio seringkali digunakan oleh penyiar video untuk siarkan video atau acara secara langsung. Namun, ini juga bisa jadi alat konferensi video hebat yang mengizinkan anda untuk mengelola semua yang ada di dalam layar. Saat ini, banyak sekali profesional dari perusahaan pergunakan Zoom untuk mengatur video rapat secara online dan eksplorasi metode untuk tingkatkan pengalaman visual mereka. Bila anda pengguna Zoom dan sedang mencari cara untuk buat panggilan video anda jadi lebih sempurna, maka ada berita baik untuk anda. Kelebihan OBS Studio dalam beradaptasi telah memberi jawaban atas permintaan anda dan bisa menghubungkan Zoom dengan OBS Studio.

Perekam Layar Filmora

Rekam layar di komputer dan Mac dengan kamera web

Tangkap sistem dan audio mikrofon secara bersamaan

Edit video dan audio dengan perangkat bawaan

Bagian 1. Bagaimana Menghubungkan OBS ke Zoom

Zoom merupakan salah satu program konferensi video terpopuler. Hal terbaiknya adalah anda bisa lakukan siaran langsung di Zoom pergunakan OBS Studio, dan bahkan rekam sesi Zoom anda memakai OBS Studio. OBS dikenal dengan komunitasnya yang sangat besar dan didukung oleh ratusan plugin dari pihak ketiga. Karen OBS merupakan alat dengan sumber terbuka, maka harapan anda bisa segera terhubung dengan lusinan software lain, termasuk aplikasi konverensi video seperti Zoom. Untuk memulai semua itu, prasyaratannya adalah versi terbaru dari OBS Studio, Zoom, dan satu dari sekian banyak plugin untuk kamera virtual. Pendekatan ini menjadikan OBS Studio sebagai kamera virtual dan di identifikasikan semua sebagai sumber video untuk Zoom.

Langkah-langkah Menghubungkan OBS ke Zoom:

Konfigurasi OBS Studio:

Langkah 1: Jalankan OBS Studio dan Pilih serta download plugin yang relevan sesuai dengan sistem operasi anda.

konfigurasi obs studio

Langkah 2: Buka menu Tool. Temukan dan klik plugin yang telah anda download dan ikuti wizard untuk membuat replika output OBS sebagai kamera virtual.

Konfigurasi Zoom:

Langkah 1: Di Zoom, mulai rapat, lalu pilihlah sumber video. Opsi baru yang telah diperkenalkan oleh plugin OBS anda akan muncul. Pilihlah dan kemudian klik opsi Mulai Video.

konfigurasi zoom

Langkah 2: Video Zoom sekarang akan menerima input dari kamera virtual, yang berupa output yang telah disediakan oleh OBS Studio.

terima input tersebut

Langkah 3: Sebagian besar dari anda mungkin pergunakan perangkat seluler dan tampilan perangkat seluler memiliki aspek rasio yang sangat berbeda dengan PC anda. Klik di menu Profil di bagian atas OBS dan klik Profil Baru dan silahkan memberi nama profil tersebut sesuai dengan keinginan anda.

Bagian 2. Bagaimana Melakukan Siaran Langsung di Zoom dengan OBS

Supaya bisa hubungkan aplikasi ini, kita harus membuat kamera virtual yang digunakan Zoom sebagai inputnya. Output kamera virtual tersebut adalah OBS Studio. Salah satu fitur terpopuler dari Zoom adalah bisa rekaman video asli. Pengguna Zoom bisa rekam rapat mereka ke PC atau ke Zoom Cloud. Anda juga bisa peroleh berkas terpisah dari tampilan galeri dan tampilan speaker ukuran penuh jika anda merekam ke Zoom cloud. Namun, terdapat banyak individu adopsi pilihan, seperti Open Broadcaster Software, atau OBS, dalam merekam rapat video. Ketika memanfaatkan OBS untuk merekam dan mengelola rapat Zoom, anda bisa peroleh video dan audio dalam beresolusi tinggi. Meskipun Zoom bisa diterima sebagai sarana rapat secara online, namun hal-hal yang bisa anda capai dengan OBS pasti bisa imbangi pengaturan sistem. Silahkan telitilah parameternya untuk mencapai hasil yang paling sesuai untuk anda.

Langkah-langkah lakukan siaran-langsung di Zoom dengan OBS:

Langkah 1: Mulai rapat Zoom anda dan OBS secara bersamaan, dan minta semua tamu untuk bergabung. Langkah ini harus sudah dilakukan sebelum waktu go-live untuk memastikan pengaturan telah beroperasi. Untuk sumber audio yang berasal dari panggilan online, anda bisa pantau dan kontrol lewat Pengaturan Audio OBS.

Langkah 2: Klik di tombol + (Tambah) di bagian Sumber dan pilih Gambar. Unggah dan ubah ukuran gambar untuk tambahkan latar belakang anda. Anda bisa tambahkan latar belakang, bingkai kamera wajah, teks, serta tangkapan layar dengan cara apa saja yang anda hendaki untuk siaran. Sangat penting untuk siapkan tata letak latar belakang anda terlebih dahulu sebelum ditambahkan ke siaran anda.

klik pada tambah

Langkah 3: OBS akan menangkap jendela Zoom lengkap; cukup trim out saja bila hanya ingin mengambil kamera wajah tamu anda. Anda bisa pilih "Mulai Streaming" jika anda ingin menyiarkan konferensi dari tempat lain.

mulai siaran

Bila anda ingin memasukkan diri anda sendiri ke dalam siaran dari kamera web yang terkait PC anda, atau perangkat video lain yang terhubung, gunakan saja opsi Sumber Video daripada Window Capture dan tentukan perangkat target anda saat tambahkan sumber. Pastikan saja anda telah aktifkan Audio Desktop dan Mic/Aux atau mikrofon apapun yang terhubung ke PC anda dari opsi Audio Mixed di bagian tengah bawah OBS.

Bagian 3. Bagaimana Merekam Rapat Zoom Dengan OBS

Anda mungkin bisa gunakan gagang untuk mengubah pratinjau serta sesuaikan ke layar, atau tekan alt dan seret gagang merah untuk crop pratinjau untuk satu pengguna saja. Begitu anda crop di pratinjau untuk satu orang, anda bisa ulangi proses untuk unggah di tangkapan jendela yang sama lagi ke Sumber OBS dan crop untuk menangkap pengguna lain juga. Bila anda ingin merekam rapat Zoom serta ingin menyimpannya untuk nanti, maka anda bisa peroleh hasil menakjubkan tanpa harus memakai software pihak ketiga. Yang harus anda instal cukup OBS dan Zoom saja. Video akan memiliki waktu singkat ketika Zoom tidak berada di layar penuh, serta pratinjau bertingkat akan muncul jika OBS berada di layar yang sama. Anda bisa menghapus di pasca-editing jika diperlukan. Suara dari rekaman akan berlipat ganda jika anda pergunakan speaker karena mikrofon akan mengambil suara keluaran dari perangkat anda. Gunakan headphone untuk mencegah hal ini. Berikut adalah apa yang harus anda lakukan:

Langkah-langkah Merekam Rapat Zoom dengan OBS:

Langkah 1: Jalankan Zoom dan OBS. Di OBS, tepat di bawah "Sumber", klik tombol Plus dan pilih "Display Capture." Akan bekerja paling baik jika anda memiliki lebih dari satu monitor untuk PC anda, tapi akan tetap bisa beroperasi meski anda hanya punya satu monitor saja.

merekam rapat Zoom

Langkah 2: Anda bisa gunakan opsi "Window Capture", dan pilih "Zoom.exe" sebagai sumber anda, meski ini tidak bisa selalu berhasil. Namakan tangkapan tersebut sesuai keinginan anda, lalu klik "OK." Anda bisa gunakan nama dari monitor yang sedang anda gunakan untuk Zoom supaya lebih simpel.

tangkapan jendela

Langkah 3: Di OBS klik "+" dibawah "Sumber" lagi, lalu pilih "Audio Input Capture." Ubah nama sumber tangkapan anda jika anda ingin pertahankan supaya berbeda dengan sumber lain untuk hindari kesalahan, lalu tekan "OK." Tekan "Mulai Merekam." Maksimalkan Zoom ke mode layar penuh untuk menjadinya sebagai satu-satunya aplikasi yang tampak di layar.

input tangkapan audio

Kesimpulan

OBS bisa merekam dalam sejumlah format berkas video. Tapi alasan utama kenapa anda ingin pelajari cara merekam pertemuan Zoom menggunakan OBS adalah karena software tersebut bisa membantu sebuah perusahaan untuk melangkah lebih maju dalam memproduksi video mereka. OBS merupakan software pilihan yang banyak, atau sebagian besar, penyiar internet saat ini. Program gratis ini mengizinkan anda untuk membuat "adegan", gunakan kamera anda bersama dengan film atau foto apapun yang ingin anda gabungkan di dalam sana. Hasil tersebut akan ditayangkan secara langsung ke platform streaming pilihan anda, seperti YouTube atau Twitch, dan/atau ke perekam.