filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Lebih dari Hanya Anda
Platform pengeditan video kreatif untuk semua kreator!

Bagaimana cara Mengedit di CapCut: Sebuah Panduan Terbaik untuk Pemula

author

Nov 18, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Anda baru saja merekam atau memfilmkan sebuah video musik, dan sekarang adalah waktunya untuk pertempuran selanjutnya: proses setelahnya. Terutama pada pembuatan film, langkah ini membutuhkan perpaduan yang baik antara pengetahuan teknis dan kreativitas. Dan dalam panduan ini, fokus kami adalah untuk membantu membuat proses pengeditan video menjadi lebih produktif dan mudah dengan memberikan Anda beberapa tips yang membantu dan langkah-langkah mengenai bagaimana cara mengedit di CapCut.

Jadi, mari menuju pokok bahasan yang dimaksud tanpa menunda-nunda lagi!

Bagian 1: Apakah CapCut Bagus untuk Pengeditan?

Jika Anda mencari aplikasi pengedit video gratis, maka CapCut bagus untuk mengajarkan Anda bagaimana cara mengedit video. Banyak orang yang menggunakan aplikasi tersebut untuk mengedit video TikTok, tetapi kesempatannya tidak terbatas! Selain itu, ia diasosiasikan dengan lebih banyak fitur yang penting dan populer yang akan kami uraikan dalam artikel ini. Mereka bervariasi dari trik pengeditan, termasuk pengarahan aplikasi, hingga fungsi yang lebih unik dan menambahkan filter dan musik latar. Secara keseluruhan, aplikasi CapCut cocok untuk keperluan pengeditan dasar.

capcut untuk pc

Gulir ke bawah jika Anda ingin mengetahui bagaimana cara menggunakan aplikasi CapCut!

Bagian 2: 10 Tips Dasar Mengedit di CapCut yang Perlu Anda Ketahui

Walaupun tips ini tidak secara langsung mengajarkan Anda cara mengedit klip video Anda di CapCut, mereka dapat membantu Anda mengurangi setengah dari waktu pengeditan Anda dan tentunya membantu Anda mendapatkan hasil yang sangat baik.

1. Pangkas

Memangkas sebuah video berarti menghapus dan memotong bagian awal sebuah video dengan alat pangkas. Alasannya peralatan ini sangat mudah dan juga relevan adalah ia memungkinkan Anda untuk menghapus konten yang tidak penting dan membosankan. Maka, ia biasanya merupakan bagian tak terpisahkan dari hampir semua sarana pengedit video.

2. Split

Dengan fitur ini, Anda dapat dengan mudah membagi file video yang besar menjadi bagian yang lebih kecil. Sebuah split-screen menempatkan lebih dari satu bidikan ke dalam sebuah bingkai; baik itu b-roll atau subjek utama, efek ini dapat mengeluarkan hasil yang sangat beragam.

Di sisi lain, jika pengedit video Anda memiliki split-screen, itu adalah teknik yang bagus untuk memperlihatkan sebab akibat atau menggambarkan bagaimana satu hal saling berhubungan dengan yang lainnya.

3. Ubah Ukuran

Saat mempelajari cara mengedit di CapCut seperti profesional, Anda mungkin perlu memodifikasi atau menyesuaikan rasio aspek video untuk mengunggahnya ke Instagram atau mengubah ukuran klip video tersebut untuk di lampirkan di Email. Dalam kondisi ini, fitur mengubah ukuran menjadi cukup berguna.

4. Putar

Memutar video biasanya berarti memasuki Advanced Settings dari sebuah pengedit video tertentu dan bermain dengan rasio tampilannya. Itu seperti bagaimana Anda ingin melihat video tersebut. Fitur pemutaran video akan berguna ketika Anda ingin menggabungkan dua video ke dalam layar atau bahkan memungkinkan video Anda terlihat dari beberapa sisi.

5. Memotong

Seringkali Anda perlu memotong video Anda untuk menghapus batangan hitam dari sisi-sisinya atau membuang informasi yang tidak diperlukan. Dengan fitur memotong, Anda dapat menyesuaikan rasio aspek dimana Anda dapat memilih rasio aspek berapa pun (4:3, 16:9, 1:1, 9:16, dan seterusnya) pada saat memotong. Ia juga merupakan sebuah fitur tangguh yang layak dipertimbangkan untuk keperluan pemangkasan video Anda.

6. Cermin

Efek Cermin terdapat hampir di semua aplikasi pengedit video besar, memberikan kemungkinan untuk membuat efek lucu dalam video tanpa kesulitan berarti. Namun, memilih dengan hati-hati cuplikan yang cocok untuk diterapkan efek cermin adalah faktor yang dapat mengidentifikasi apakah video Anda akan menjadi sebuah kesuksesan besar atau sebuah kegagalan di media sosial.

Pencerminan figur dan objek yang digambarkan sebuah video dapat membuat video tersebut lebih dinamis, menghibur atau menarik secara visual. Walaupun demikian, ingat bahwa efek ini akan bekerja dengan baik dalam video yang mengandung detail yang padat.

7. Menambahkan Audio

Audio membangkitkan emosi! Tidak ada yang lebih penting daripada lagu tema atau efek suara Anda jika Anda ingin mengatur suasana hati untuk audiens Anda. Selain respon emosional dari suara, audio juga dapat melakukan pengaturan tabel video Anda. Bahkan sebelum tirai metafora terangkat, sebuah hal baik yang kecil sekalipun dapat memberitahu audiens Anda di mana video itu diambil atau apa yang diharapkan dari audiens Anda.

8. Ubah Kecepatan

Waktu berlalu dengan cepat, tapi bagaimana dengan sebuah cara untuk mengontrol perjalanan waktu? Akan menjadi sangat luar biasa jika terdapat cara untuk memperlambat waktu pada bagian tertentu dari hidup kita (seperti Natal), untuk membuat setiap detik bertahan selamanya dan menikmatinya setiap momen.

Kontrol kecepatan video memberikan pemakaian aktif dari konten. Itulah mengapa kontrol kecepatan terbukti secara ilmiah mengarah pada kepuasan pemula yang sangat baik dan juga performa yang lebih baik.

9. Mengubah Volume

Klip audio biasanya berisi sejumlah tingkat volume, jadi Anda harus menyesuaikan volume setiap trek audio yang ingin Anda masukkan ke dalam proyek Anda agar memiliki tema lagu yang seimbang. Filmora menyediakan berbagai cara untuk mengatur volume dari file audio dengan cepat dan mudah.

Kontrol penuh atas semua file audio yang Anda gunakan dalam proyek Anda sangat penting untuk begitu banyak alasan yang berbeda.

10. Menambahkan Teks

Kami ingin berbagi trik dengan Anda - Teks dapat membuat video Anda menonjol di saluran YouTube. Bahkan saluran YouTube populer pun menggunakan trik ini dan mendapati peningkatan dalam komunikasi dua arah di konten mereka.

Anda akan lebih percaya diri ketika menjawab "Apakah Anda mengenal Tuan George dalam lingkungan Anda yang bermain tenis di pagi hari" daripada "Apakah Anda mengenal Tuan George." Ini disebut teori Koneksionisme dalam Cognitive Sciences, dimana dikatakan bahwa seseorang dapat menyimpan lebih banyak informasi tentang sebuah objek ketika objek diberikan lebih banyak isyarat.

Demikian pula, teks yang muncul di video akan memberikan pengguna isyarat tambahan yang memungkinkan mereka menyimpan dan memahami informasi yang terkandung di dalam sebuah video dengan lebih baik.

Jadi, itulah semua yang perlu Anda ketahui tentang bagaimana cara mengedit video di CapCut.

Bagian 3: Bagaimana cara Menggunakan Aplikasi CapCut seperti Profesional?

Anda bisa mendownload aplikasi CapCut secara gratis di Android atau IOS, tetapi tidak terdapat versi desktop. Namun, Anda tidak memerlukan akun TikTok (atau jenis akun lainnya) untuk menggunakan aplikasi tersebut. Ketika Anda meluncurkan CapCut, Anda dapat langsung menggunakannya. Itu karena, tidak seperti TikTok, CapCut hanyalah sebuah aplikasi pengedit video semata. Tidak terdapat feed video atau komponen media sosial di dalam aplikasi tersebut.

Pertama, Anda akan melihat sekumpulan ikon penting di layar utama. Ketuk New Project untuk mulai mengedit dengan semua peralatan yang Anda inginkan atau ketuk tombol ShortCut untuk dengan cepat membuat video melalui prosedur yang lebih singkat. Anda dapat menelusuri proyek Anda yang telah ada sebelumnya dibawah ikon-ikon tersebut dan mengetuknya untuk mengubah nama atau melanjutkan pengeditan. Anda juga dapat memeriksa templat video yang dapat digunakan kembali di sini.

Akhirnya, sebuah ikon kecil di sudut kanan atas mengizinkan Anda mengakses sederetan fitur yang berbeda di CapCut.

Jadi, mari mulai mempelajari bagaimana cara mengedit di CapCut menggunakan fitur-fitur yang hebat berikut ini!

1. Green Screen

Fitur CapCut Chroma membuat penggunaan overlay green screen menjadi cepat dan mudah, tetapi sedikit persiapan diperlukan dalam menggunakan green screen video di pengeditan Anda. Jadi, mari pelajari langkah-langkah tersebut!

Coba Gratis

Untuk Win 7 atau versi di atasnya (64-bit)

Coba Gratis

Untuk macOS versi 10.12 atau versi di atasnya

Langkah 1: Dapatkan video green screen terlebih dahulu

Pertama, Anda perlu mendapatkannya untuk menggunakan video green screen dan pastikan jika ia telah tersedia di tempat penyimpanan foto Anda.

Anda dapat mencari di YouTube untuk menemukan video seperti itu. Dan juga, banyak akun Instagram yang hadir hanya untuk berbagi video green screen.

Pastikan jika Anda akan menggunakan video green screen yang tidak Anda buat sendiri pada editan Anda, Anda harus memberi kredit kepada para pengedit/kreator tersebut pada saat Anda mengepos hasilnya.

Langkah 2: Siapkan video green screen Anda

Anda mungkin telah menyelesaikan pengeditan video tanpa green screen di tempat lain, tetapi mungkin Anda ingin mempertimbangkan untuk menggunakan efek green screen pada klip atau video yang belum diedit.

Bagaimanapun juga, Anda harus mengekspor video tersebut ke tempat penyimpanan foto Anda. Jika Anda telah membuat seluruh pengeditan video di CapCut, maka itu jauh lebih baik karena sudah diimpor.

Kita telah membahas bagaimana cara untuk membuat proyek dan mengimpor video di CapCut.

Langkah 3: Siapkan Green Screen

Sekarang, Anda perlu mengimpor overlay dan menyusunnya. Berikut adalah bagaimana cara melakukannya:

1. Singkirkan dari klip yang mungkin telah Anda pilih di atas. Gulir melewati menu di bawah dan pilih Overlay >Add Overlay

2. Temukan overlay green screen di tempat penyimpanan foto Anda, kemudian pilih, dan klik Add Anda akan mengimpornya sebagai klip yang terpisah pada panel pengeditan utama.

3. Pilih klip dengan overlay. Sekarang, seret ke dalam bingkai pemutaran untuk menempatkannya di tempat yang Anda inginkan. Cubit dengan dua jari untuk mengubah ukurannya.

4. Saat overlay masih dalam keadaan terpilih, temukan alat pemangkas klip di awal dan akhir (ditandai dengan batang putih), dan pangkas panjang pemutarannya jika dibutuhkan.

siapkan capcut green screen

Sumber: makeuseof.com

Langkah 4: Hapus Latar Belakang

Sekarang, Anda dapat melihat overlay green screen menutupi bagian tertentu atau keseluruhan dari video yang telah Anda impor pertama kali. Anda bisa menghapus bagian hijau dan isolasi subjeknya dengan fitur Chroma CapCut.

Ikuti langkah-langkah yang diberikan di bawah ini untuk menghapus green screen:

1. Pilih klip overlay. Silahkan gulir melewati menu di bawah sampai Anda menemukan kunci Chroma, dan pilih itu.

2. Pilih pemilih warna. Anda akan melihat lingkaran warna di panel pemutaran. Seret hingga titik tengahnya menutupi warna yang ingin Anda hapus-Anda akan melihat lingkaran tersebut berubah menjadi warna apapun yang Anda pilih.

3. Sekarang, pilih intensitasnya dari pengaturan kunci Chroma. Di sini, Anda dapat menyeret posisi penggeser hingga keseluruhan layar warna menghilang. Pastikan untuk tidak menyeretnya sampai titik dimana subjek mulai menghilang juga.

4. Pilih Shadow dari pengaturan kunci Chroma dan atur penggeser ke nol.

hapus capcut green screen

Dan Anda telah siap! Sekarang latar belakang telah hilang, Anda mungkin ingin mengembalikan subjek overlay lagi. Tekan klip overlay untuk memilihnya, dan seret dengan jari Anda di bingkai pemutaran.

2. Slow Motion

Slow-motion, biasa disingkat sebagai "slow mo", adalah teknik pengeditan video yang memperlambat gerakan dan kecepatan video, sehingga memperpanjang durasi video.

Efek slow-motion dapat menampilkan bagian atau objek tertentu dari sebuah video yang menarik untuk waktu yang lebih lama. Misalnya, detik-detik terjadinya kecelakaan, sosok seorang pencuri yang tertangkap kamera CCTV, kejadian gaib, dll.

Lebih dari itu, penggunaan efek slow-motion sekarang semakin beragam sejak diluncurkannya platform TikTok. Dengan iringan lagu ditambah efek transisi, bahkan video yang direkam secara asal pun dapat menjadi karya estetis setelah ditambahkan efek slow motion ini.

Anda dapat menggunakan sebagian besar aplikasi pengedit video untuk perangkat Android untuk membuat video slow-motion, khususnya di aplikasi CapCut; Anda dapat menikmati 100% dari semua fitur yang tersedia secara gratis.

Berikut ini adalah langkah-langkah bagaimana membuat slow-mo di CapCut, yang akan saya perlihatkan kepada Anda untuk dipraktikkan.

Ingatlah bahwa bagaimana Anda membuat slow-mo di CapCut berikut ini hanyalah tutorial dasar. Untuk selebihnya, buat video slow-motion Anda seasyik mungkin.

1. Buat proyek baru di layar utama aplikasi CapCut.

2. Cari dan tambahkan video yang ingin Anda buat slow motion.

tambahkan video capcut

3. Bisukan video dengan klik tombol Mute clip audio terlebih dahulu.

bisukan video capcut

4. Potong bagian video yang ingin dibuat dalam slow motion melalui Split

membagi video capcut

5. Potong satu bagian lagi dari video sebagai akhir dari efek slow-motion.

6. Ketuk bagian yang dipotong dari klip video, dan buka menu Speed.

mengubah kecepatan video capcut

7. Terdapat dua metode untuk slow-mo di CapCut, yaitu Curve dan Normal. Pilihlah yang Normal karena lebih mudah.

8. Geser titik kecepatan ke kiri untuk memperlambat gerakan video. Misalnya, kita atur kecepatannya menjadi 0.3x lebih lambat.

geser kecepatan capcut

9. Ketuk tanda centang untuk menerapkan efek slow-motion.

10. Pada saat ini, buat video slow-motion Anda menjadi lebih menarik. Anda dapat menambahkan teks, membuat efek transisi di CapCut, atau apapun yang Anda suka.

11. Terakhir, simpan video dari CapCut ke galeri sehingga Anda dapat membagikan video slow-motion tersebut dengan teman-teman Anda di media sosial.

3. Keyframes

Keyframe adalah fitur baru dari CapCut, yang baru saja dirilis. Dengan keyframe, Anda dapat dengan cepat menganimasi klip atau foto Anda. Jadi, berikut ini adalah yang Anda butuhkan untuk menambahkan keyframe di CapCut.

Setelah Anda meluncurkan aplikasinya dan mengimpor media, klik ikon keyframe yang tersedia bersama ikon undo.

Setelah Anda mengklik ikon tersebut, Anda dapat menyesuaikannya menjadi lebih kecil atau lebih besar atau seperti itu saja. Kemudian, lanjut ke langkah berikutnya dan klik ikon keyframe lagi. Misalkan kita ingin memperbesar video.

Sekarang, Anda telah membuat animasi perbesaran dengan menggunakan fungsi keyframe di CapCut. Sebagai contoh, untuk membuat efek memperbesar dan memperkecil, Anda akan melakukan hal yang sama, kecuali Anda ingin memiliki lebih banyak keyframe.

Bagian 4: FAQ mengenai Mengedit Video di CapCut

1 - Apakah Filmora lebih baik daripada CapCut?

Ya, Wondershare Filmora tidak diragukan lagi merupakan alternatif yang lebih baik daripada CapCut. Ia menyeimbangkan fitur-fitur yang tangguh dengan tampilan antarmuka yang intuitif. Anda bisa mencatat fitur utama dari Filmora sebagai berikut:

  • Mendukung pengeditan 4K
  • Pengatur kecepatan
  • Menghilangkan kebisingan
  • Pratinjau bingkai per bingkai
  • Penyesuaian warna
  • Pengatur kecepatan
  • Stabilisasi Video
  • Equalizer audio
  • Split screen
  • Pendeteksi adegan

Wondershare Filmora

Mulailah secara mudah dengan performa Filmora yang tangguh, tampilan antarmuka yang intuitif, dan efek yang tak terhingga!

filmorax boxpng

2 - Aplikasi apa yang mirip dengan CapCut?

Aplikasi FilmoraGo, Kwai, dan TikTok mirip dengan CapCut.

Kesimpulan

Mari kita lihat! CapCut adalah pengedit video serba bisa yang membuat proses pengeditan video jadi mudah untuk siapa pun. Semoga saat ini Anda telah berhasil mempelajari bagaimana cara mengedit di CapCut. Tetapi, jika Anda ingin mencoba sesuatu yang unik untuk membuat konten video, alternatif untuk Capcut yang tercantum di atas, khususnya Wondershare Filmora, pasti akan membuka keajaiban baru untuk Anda. Jadi, inilah saat yang tepat untuk membawa perjalanan mengedit video Anda ke level berikutnya!

author
Ollie Mattison
Ollie Mattison is a writer and a lover of all things video.