filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Lebih dari Hanya Anda
Platform pengeditan video kreatif untuk semua kreator!

Cara membuat kolase foto di Microsoft Word -- Panduan langkah demi langkah

author

Nov 18, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Berbagai Perbedaan Dalam Membuat Kolase di berbagai Versi Microsoft Word

Pengeditan yang mudah namun berguna

Banyak efek yang dapat dipilih

Detail tutorial yang disediakan dari kanal resmi

Apakah anda mengalami kesulitan membuat kolase Microsoft Word? Ya, terkadang cukup sulit untuk membuat kolase foto menggunakan Microsoft Word karena perangkat lunak ini lebih diperuntukan untuk tulisan. Oleh karena itu, jika ada yang mencoba membuat kolase foto di Microsoft Word, yang lain perlu mengetahui tujuan dan menggunakan pembuat kolase Microsoft sebagai perangkat dapat sangat membantu membuat kolase foto di Word.

Selain itu ada hal yang perlu diketahui mengenai prosesnya seperti perbedaan antara membuat kolase foto di versi Microsoft Word yang berbeda dan versi Microsoft Word mana yang paling sering digunakan banyak orang.

Bagian 1 Adakah perbedaan dalam membuat kolase di versi Microsoft Word yang berbeda?

Kegunaan Microsoft Word tidak hanya sebatas untuk menulis tulisan. Kelebihan lainnya untuk penggunaan foto dan membuat kreasi kolase foto dari foto-foto tersebut. Microsoft Word memiliki fitur yang tepat yang dapat dengan mudah anda gunakan untuk merapihkan gambar dan foto dengan cara tertentu untuk membuat kolase foto. Pembuat kolase Microsoft bukanlah hal yang sulit untuk digunakan, jika sudah mengetahui berbagai opsi dan penggunaan dari Microsoft Word dengan baik. Terdapat berbagai versi dari Microsoft Word, semuanya memiliki kegunaan yang sama namun memiliki opsi dan simbol yang berbeda yang mewakili berbagai fitur. Tidak perduli versi mana yang anda gunakan, pada dasarnya semua proses utamanya sama seperti sekedar mengumpulkan gambar yang diinginkan, menentukan bentuk dan dimensi tertentu dari halaman dimana anda ingin menata gambar, memasukkan gambar kedalam halaman, dan selanjutnya menatanya dalam urutan tertentu.

Hingga saat ini, Microsoft telah meluncurkan lebih dari sepuluh versi dari Microsoft, dengan versi paling awal bernama 'Microsoft Office'. Sekarang, versi terbaru dari Microsoft Word sudah lebih ramah pengguna dan telah menjadi lebih mudah digunakan untuk melakukan sesuatu yang lebih sulit dengan perangkat lunak, seperti pembuatan kolase foto. Dengan penambahan opsi dan fitur dari setiap versi terbaru dari Microsoft Word, menjadikannya lebih mudah untuk membuat grafik dan menatanya atau mengubah ukurannya atau mengeditnya sesuai keinginan. Banyak format tata letak yang telah disertakan di versi terbaru untuk membuatnya lebih mudah digunakan oleh pengguna dalam menentukan keinginannya menentukan bentuk kolase dan jumlah gambar didalamnya. Dengan demikian, sekarang terdapat berbagai opsi Kolase Microsoft Word yang tersedia, yang membuat pekerjaan menjadi lebih mudah. Terdapat berbagai opsi yang ditawarkan oleh versi terbaru dari Microsoft Word yang pasti akan sangat membantu pengguna dalam membuat kolase foto saat mereka menggunakan lebih banyak fitur.

design tab ms word

Perbedaannya terletak pada kualitas dan kuantitas fitur yang terdapat pada setiap versi terbaru dari Microsoft Word. Sebagai contoh, versi yang lama lebih digunakan untuk membuat tulisan, sehingga tidak ada opsi layak yang tersedia untuk gambar dan mengaturnya, dan membuat kolase. Versi Microsoft Word terbaru memiliki bagian dan opsi yang sepenuhnya ditujukan untuk pembuatan kolase dan dengan demikian Microsoft Pembuat Kolase memiliki opsi khusus yang membuatnya lebih mudah untuk menata gambar dengan cara tertentu dan membuat kolase. Sebagai contoh, versi terbaru terdapat fitur-fitur seperti 'SmartArt' yang merupakan fitur bawaan untuk membuat kolase di Microsoft Word. Tersedia di versi Word terbaru. 'SmartArt' berfungsi sebagai opsi Microsoft kolase otomatis.

SmartArt Ms Word

Pada Microsoft Word versi 2012 dan 2016 terdapat opsi yang disebut 'Developer', yang dapat diakses dari bagian 'Customizing the Ribbon'. Anda dapat menggunakannya untuk menentukan jumlah gambar dan kemudian memasukkan gambar dari berkas. Terdapat juga opsi untuk membuat Word Tables yang dapat digunakan di semua versi Microsoft Word untuk membuat penataan tertentu untuk kolase foto anda. Word Tables memberikan kebebasan penuh bagi pengguna untuk menentukan tata letak kolase dan memudahkan pengguna untuk menata kolase gambar.

developer option ms word
table

Terdapat sesuatu yang disebut 'Effect' yang dapat ditemukan dalam opsi 'Format Picture', dan dapat digunakan secara efisien untuk menambahkan berbagai efek artistik dan mengembangkan gambar sesuai dengan keinginan pengguna.

format picture ms word

Versi yang paling sering digunakan software Microsoft Word untuk membuat kolase foto adalah versi yang terbaru, yang hadir dengan fitur yang maksimal dimana memperbolehkan pengguna diluar tulisan dan kontrol desain, gambar, dan lainnya.

Bagian 2 Cara membuat kolase foto di Microsoft Word

Proses membuat kolase foto di Microsoft Word, terdiri dari beberapa langkah dan setiap langkahnya adalah sama pentingnya dari bagian artikel ini, kita harus melihat lebih dekat setiap langkah-langkahnya dan bagaimana kamu bisa mengimplementasikannya dan bagaimana kamu bisa menggunakannya secara efisien macam-macam fitur yang ditawarkan Microsoft Word. Sekarang, ada banyak cara untuk membuat kolase di Microsoft Word menggunakan berbagai opsi dari Micrasoft pembuat kolase. Baca beberapa opsi dibawah ini untuk memahami detailnya dengan tepat.

Membuat kolase foto dengan gaya bebas - Ini adalah metode paling sederhana dan cukup mudah sehingga tidak membutuhkan banyak pengalaman untuk mengikutinya.

Pertama, masuk ke Ribbon. Pilih tombol opsi 'Developer' yang dapat ditemukan disana. Jika opsi belum diaktifkan, pengguna dapat mengaktifkannya dengan menekan 'Customize The Ribbon' Setelah itu aktifkan opsi 'Developer'.

Langkah kedua, ikuti pengguna dengan klik 'Picture Content Control' dan ini bisa ditemukan dengan mudah dibagian 'Control'. Opsi ini digunakan untuk membuat placeholders untuk semua gambar yang dipilih.

Letakkan kursor ditempat setiap placeholder dan opsi 'Picture' diklik. Ini memberikanmu akses ke gambar-gambar, ikuti ini dan kamu akan membutuhkan tempat yang spesifik dari tempat yang harus kamu ambil gambarnya, kemudian tempel mereka kedalam Word Document.

Sekarang permasalahannya datang ketika setiap gambar yang ditempel di dokumen secara acak dan ukurannya dan bentuknya. Ini akan sangat lebih mudah diselesaikan dengan cara klik kanan pada gambar dan klik "Wrap Text", lanjut dengan 'More Layout Options', 'In Front Of Text', dan ini memperbolehkanmu untuk mengatur gambar-gambar dengan sesukamu.

Sekarang, gambar bisa terorganisir sesuai seleramu dan kolase terbentuk sesuai keinginanmu. Anda dapat melanjutkan dan mengecilkan atau merenggangkan foto tanpa mendistorsinya. Anda dapat menggunakan berbagai opsi dari 'Picture Tools' untuk mengedit gambar yang memiliki bingkai dan gaya yang telah ditetapkan dan bayangan.

picture collage ms word

Membuat kolase menggunakan 'SmartArt' - 'SmartArt' cara termudah untuk membuat kolase di Microsoft Word dan denagn waktu yang sangat singkat. Ini adalah prosedur yang cukup mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya.

Buka opsi 'Insert' dan klik 'SmartArt', dan kemudian buka dan klik 'Picture', dan dari kolase foto yang muncul di depan anda, pilih satu antara sekedar foto atau foto dan tulisan yang sesuai dengan keinginan anda.

Dengan mengklik ikon gambar pada setiap foto placeholder, dan kemudian pilih 'Insert', anda dapat memasukkan foto secara proporsional sesuai keinginan anda.

Pilih foto dan klik 'Picture Tools' ketika memindahkan foto ke placeholder. Anda dapat menekan tombol 'Crop' untuk merenggangkan atau mengecilkan gambar sesuai dengan keinginan anda. Dengan demikian, anda dapat dengan mudah merubah ukuran dan bentuk dari gambar dan foto anda sesuai dengan yang anda inginkan.

Langkah terakhir opsi Microsoft kolase otomatis adalah memposisikan ulang gambar dengan memilih 'Move Up' atau 'Move Down', yang dapat ditemukan dibawah double-arrow di bingkai 'SmartArt' sebelah kiri. Dengan demikian, anda dapat dengan mudah mengubah susunan kolase foto, cukup banyak yang harus dilakukan.

SmartArt graphic

Jika anda mencoba untuk membuat kolase foto, anda juga dapat menggunakan Wondershare Filmora Video Editor, yang memiliki banyak fitur menarik yang akan membuat pekerjaan anda menjadi jauh lebih mudah. Ia memiliki lebih dari 10 juta stok media, jumlah yang besar untuk preset templates, dan fiturnya yang bernama 'Speed Ramping' yang dapat anda gunakan untuk mengetur kecepatan video anda. Ia juga memiliki banyak variasi stok media seperti 'Pixabay', Giphy' dan 'Unsplash'.

Coba Gratis

For Win 7 or later (64-bit)

Coba Gratis

For macOS 10.12 or later

Ia dapat bekerja dalam berbagai sistem operasi, seperti Windows 7, Windows 8.1, Windows 10, dan juga Windows 1 yang membutuhkan minimum RAM 4GB, walaupun untuk video 4K dan HD lebih disarankan menggunakan 8GB Ia juga membutuhkan minimum Intel HD Graphics 5000 atau versi terbaru.

Kesimpulan dari episode ini

Dengan demikian, dari keseluruhan artikel ini dapat dirangkum bahwa terdapat banyak cara untuk membuat kolase foto di Microsoft Word, menggunakan Kolase Microsoft Word dan berbagai opsi Microsoft kolase otomatis lainnya yang dapat digunakan untuk membuat kolase foto dengan mudah di Microsoft Word.

Dengan diluncurkannya versi terbaru dengan menambahkan lebih banyak fitur dan opsi, membuatnya menjadi lebih mudah mengontrol konten grafis di Microsoft Word.

Jadi, prosesnya cukup mudah dan sederhana dan seharusnya tidak akan menemukan banyak kendala jika mengikuti langkah-langkah yang telah disebutkan, terdapat banyak opsi pembuat kolase Microsoft yang dapat anda gunakan untuk membuat kolase foto dengan gambar dan bentuk yang anda inginkan.

Banyaknya opsi memungkinkan anda untuk membuat kolase dimanapun anda inginkan.

author
Liza Brown
Liza Brown is a writer and a lover of all things video.