filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Lebih dari Hanya Anda
Platform pengeditan video kreatif untuk semua kreator!

Cara Merotasi Video di Windows 10

author

Nov 18, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Ada kalanya Anda mungkin perlu merotasi video menjadi lanskap ketika video diambil dalam bentuk potret. Ini karena menonton video dalam orientasi potret pada komputer itu tidak menyenangkan, karena ukuran layar video akan dikompresi dan kedua sisi video pun jadi memiliki layar hitam. Sebagai gantinya, Anda dapat merotasi video di Windows menjadi lanskap, Anda dapat menonton video yang sama dengan nyaman. Selain itu, ada kalanya ketika seluruh video direkam pada sudut tertentu karena perangkat video tidak disejajarkan dengan benar.

Jika Anda adalah pengguna Windows, merotasi video pada Windows melalui Windows Media Player itu sama sekali tidak memungkinkan. Namun, Windows 10 hadir dengan aplikasi Photos yang berisikan pengedit video untuk merotasi video dan menyimpannya secara permanen. Jika Anda menggunakan VLC Media Player, Anda dapat merotasi video apapun untuk sementara waktu dan juga secara permanen dengan sudut yang diinginkan. Anda juga dapat merotasi video secara online tanpa menginstal software apapun. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara-cara merotasi video pada Windows.

Cara 1. Gunakan Aplikasi Photos

Jika Anda adalah pengguna Windows 10, Anda dapat menggunakan aplikasi Photos yang sudah diinstal sebelumnya untuk merotasi video dan menyimpannya secara permanen. Aplikasi Photos hadir dengan pengedit video bawaan dimana merotasi video di Windows 10 pun menjadi sangat mudah. Jika Anda menggunakan versi Windows yang lebih lama, Anda dapat menghubungkan aplikasi Photos dengan Windows Movie Maker. Jadi, berikut adalah langkah-langkah untuk merotasi video apapun dengan aplikasi Photos.

Langkah 1: Dari menu Mulai, cari aplikasi "Photos" dan buka aplikasinya.

buka aplikasi photos

Langkah 2: Pilih opsi Pengeditan Video yang tersedia pada bagian atas layar. Setelah fitur Pengeditan Video terbuka, klik tombol Project Video Baru.

project video baru photos

Langkah 3: Beri nama untuk project baru dan klik Ok. Setelah itu, klik tombol Tambah dan pilih file video yang ingin Anda putar dari perangkat keras Anda.

tambah video baru photos

Langkah 4: Seret dan lepaskan file video ke Timeline. Setelah itu, Klik ikon Rotasi untuk merotasi video sebesar 90 derajat. Anda dapat mengklik lagi untuk merotasi video sebesar 90 derajat lebih lanjut.

photos merotasi video

Langkah 5: Setelah selesai, klik opsi Selesaikan Video dan simpan file video pada folder tujuan.

Cara 2. Gunakan Filmora

Software terbaik untuk merotasi video pada Windows 10 ke Windows 7 adalah Wondershare Filmora. Filmora adalah aplikasi pengedit video profesional dan memiliki banyak fitur untuk mengedit video termasuk rotasi. Anda dapat membuat video menjadi lebih menarik dan berkualitas untuk dipublikasikan pada platform profesional seperti YouTube. Berikut adalah langkah-langkah untuk merotasi video dengan Filmora.

Langkah 1: Download dan instal Filmora. Buka software dan impor file video yang ingin Anda rotasi. Kemudian seret dan lepas pada Timeline.

Coba Gratis

Untuk Windows 7 atau versi di atasnya (64-bit)

Coba Gratis

Untuk macOS 10.12 atau versi di atasnya

Langkah 2: Dari panel Pengeditan Video, perluas opsi Transformasi dan gunakan slider pada opsi Rotasi untuk merotasi video dari sudut mana pun. Setelah selesai, klik tombol OK.

tombol rekam shadowplay

Langkah 3: Buka opsi Ekspor dan klik tombol Ekspor. File video yang baru dengan rotasi yang baru akan disimpan pada folder tujuan.

tombol rekam shadowplay

Cara 3. Gunakan VLC Media Player

Sebagian besar pengguna Windows umumnya menginstal VLC Media Player untuk menonton film. Ini karena Windows Media Player hanya mendukung beberapa format file. Sebagian besar file film yang Anda download secara online didukung oleh VLC tetapi tidak pada Windows Media Player. Berikut langkah-langkah cara merotasi video di Windows untuk sementara dengan menggunakan VLC Media Player.

Langkah 1: Buka VLC Media Player. Buka menu Media dan klik opsi Open File. Pilih file video yang ingin Anda rotasi dari perangkat keras Anda.

Langkah 2: Setelah video terbuka, buka menu Alat dan klik opsi Efek dan Filter.

opsi alat vlc

Langkah 3: Pada jendela Penyesuaian dan Efek, klik pada tab Efek Video.

Langkah 4: Di bawah tab Efek Video, klik pada tab Geometri.

Langkah 5: Matikan kotak centang Transformasi dan klik menu drop-down untuk memilih opsi yang diperlukan. Anda dapat merotasi video sebesar 90 derajat, 180 derajat dan 270 derajat.

penyesuaian dan efek vlc

Langkah 6: Untuk merotasi video di sudut yang diinginkan, aktifkan kotak centang Rotasi dan pilih sudut yang diinginkan.

efek video vlc

Langkah 7: Terakhir, klik tombol Simpan dan kemudian tombol Tutup.

simpan video yang sudah diputar vlc

Harap dicatat bahwa ketika Anda merotasi video untuk sementara, itu hanya berguna untuk sekali menonton. Saat Anda membuka video itu lagi pada pemutar media lain, video akan kembali pada orientasi aslinya.

Cara 4. Gunakan EZGIF Online Tool

Jika Anda memiliki file video pendek dan ingin mengunggahnya ke platform media sosial, Anda dapat mengubahnya menjadi file GIF. Anda dapat mengkonversi file video apapun pada EZGIF. Selain itu, alih-alih file video, jika Anda ingin merotasi file GIF, EZGIF sebagai aplikasi online ini pun akan sangat berguna. Bahkan, Anda juga bisa mengkonversi file GIF menjadi file MP4. Berikut adalah langkah-langkah yang harus diikuti untuk merotasi file video pendek menggunakan aplikasi online EZGIF.

Langkah 1: Buka browser web Anda dan buka Ezgif.com.

Langkah 2: Klik opsi Video ke GIF.

Langkah 3: Klik tombol Pilih File dan pilih file video pendek dari perangkat keras Anda.

situs web ez gif

Langkah 4: Klik tombol Unggah Video dan tunggu pengkonversiannya. Setelah itu, download file GIF.

Langkah 5: Untuk merotasi file GIF, klik opsi Rotasi. Klik tombol Pilih File.

ezgif merotasi video

Langkah 6: Pilih file GIF dan klik Unggah.

Langkah 7: Anda dapat memilih dari opsi rotasi yang disediakan atau menunjukkan sudut rotasi secara langsung dan klik tombol Terapkan Rotasi.

atur rotasi ezgif

Tunggu efek rotasi dan download file pada perangkat keras Anda.

Kesimpulan

Kami telah memberikan Anda semua cara yang memungkinkan untuk merotasi video di Windows. Jika Anda ingin merotasi dengan software yang bisa langsung dipakai, Anda bisa menggunakan aplikasi Photos. Jika Anda telah menginstal VLC Media Player, Anda dapat melakukan rotasi secara sementara dan permanen dengan aplikasi tersebut. Anda juga dapat menggunakan aplikasi online Ezgif untuk merotasi file animasi tanpa menginstal software apapun. Tetapi cara terbaik untuk merotasi dan mengedit video adalah melalui Wondershare Filmora.

author
Liza Brown
Liza Brown is a writer and a lover of all things video.