filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Lebih dari Hanya Anda
Platform pengeditan video kreatif untuk semua kreator!

Penyunting Video Terbaik untuk PC Kelas Rendah

author

Nov 18, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Alasan paling umum mengapa orang belum mulai merekam film adalah karena peralatan mereka belum cukup baik. Masalahnya sering kali bermuara pada mesin yang tidak cukup kuat untuk menjalankan software penyuntingan yang berkualitas untuk para calon penyunting video. Jangan biarkan peralatan milik Anda melumpuhkan kreativitas Anda! Anda bisa menyunting video yang luar biasa bahkan dengan mesin berspesifikasi rendah.

Karena Penyunting video modern dikembangkan untuk mesin tangguh yang relatif mahal, maka mencari aplikasi untuk sistem berbiaya rendah cukuplah menantang. Dan itu harus memenuhi kebutuhan Anda tanpa menggunakan banyak sumber daya. Ini adalah penyunting video terbaik untuk PC kelas rendah yang tidak akan memperlambat komputer Anda. Apa keutamaannya? Mereka semua sepenuhnya cuma-cuma!

Bagian 1: 7 Software penyuntingan Video Terbaik untuk PC Kelas Rendah

Berikut ini adalah software terbaik untuk menyunting video di PC Kelas Rendah. Silakan Anda pilih salah satu!

1. Microsoft Photos app

Menunjang OS/versi: Windows 10 versi 220000.0 atau yang lebih tinggi

Harga: Cuma-cuma

Berbicara tentang software penyuntingan video, setiap Mac dilengkapi dengan iMovie, dan Windows memiliki - atau pernah memiliki - Windows Movie Maker. Jika Anda mencari penyunting video yang bisa berjalan di PC Windows kelas rendah, Anda harus mencoba penyunting video bawaan.

Jika komputer Anda kuat menjalankan Windows 10, maka Anda masih bisa menggunakan aplikasi Foto Microsoft tanpa harus membayar software khusus.

Antarmuka penggunanya rapi dan sederhana. Di kiri atas, Anda bisa melihat semua klip di Perpustakaan Proyek Anda, dan bisa menambahkan lebih banyak jika perlu.

antarmuka dari aplikasi foto windows

Alat penyuntingan Anda terletak di tengah antarmuka. Trimming klip (membuatnya lebih pendek - atau lebih panjang), Memisahkan klip (memotong klip menjadi dua untuk ditempatkan satu atau beberapa klip di antara potongan, misalnya), menambahkan teks dan judul ada klip, menambahkan efek 3D.

Fitur Utama dari Penyunting Video Microsoft

Kelebihan

  • Sangat mudah digunakan bagi pemula
  • Fitur dasar penyuntingan
  • Untuk menjalankannya tidak memakan banyak ruang di PC

Kekurangan

  • Tidak memiliki fitur "kelas tinggi"

Pelajari lebih lanjut tentang cara menyunting video dengan Windows 10 aplikasi Foto.

2. iMovie

Menunjang OS/versi: macOS v11.5.1 atau yang Lebih Tinggi

Harga: Cuma-cuma

Intel atau AMD atau prosesor yang sesuai, 1GHz.

Tampilan grafis beresolusi of 1024x768, warna 32-bit.

Seperti iProducts lainnya, mereka mudah digunakan dan menyediakan sejumlah fasilitas dan fitur yang tepat. iMovie adalah software luar biasa yang mengajarkan dasar-dasar penyuntingan video kepada siapa pun yang menggunakan Mac. iMovie menyertakan fungsionalitas seret-dan-lepaskan sederhana yang sangat mudah dioperasikan, dan masih ada begitu banyak yang bisa Anda lakukan dengan itu.

Fitur Utama dari iMovie

  • Menyediakan beberapa fitur penyuntingan dasar seperti trim, memotong , memutar gambar, dan beberapa fitur lanjutan seperti layar hijau, dan stabilisasi;
  • Menyediakan perpustakaan untuk musik latar dan perpustakaan untuk efek suara;

Kelebihan

  • Fiturnya mudah digunakan
  • Garis waktu penyuntingannya sederhana
  • Jajaran efek yang bagus untuk dipilih

Cons

  • Tersedia hanya untuk Mac

3. Wondershare Filmora Video Editor

Menunjang OS/versi: Windows 7, Windows 8.1, Windows 10 (hanya 64-bit) & MacOS V10.12 atau di atasnya

Harga: $49,99 per tahun (untuk windows) dan $51,99 (untuk MacOS)

RAM: Windows– Minimal 4GB

Hard Disk: Sekurang-kurangnya 10 G untuk pemasangan

Cobalah secara Cuma-cuma

Untuk Win 7 atau yang lebih baru (64-bit)

Cobalah secara Cuma-cuma

Untuk macOS 10.12 atau yang lebih baru

Kami telah menggunakan software penyuntingan video Filmora selama bertahun-tahun, dan kami menikmati betapa mudah menggunakannya. Para profesional menyarankan alat ini, bahkan untuk pengguna yang paling tidak berpengalaman.

Program ini akan memberi Anda solusi yang sangat hebat, peralatan penyuntingan, perbaikan audio/video, peralihan, atau efek. Alat ini juga telah dirancang sangat efisien untuk berjalan pada PC dengan spesifikasi rendah.

antarmuka utama dari penyunting video filmora

Penyunting video Filmora hadir dengan sejumlah besar opsi penyuntingan video, baik dengan keahlian maupun langsung. Jadi, ketika menyunting, Anda akan memiliki banyak sekali opsi yang bisa Anda gunakan. Baik Anda seorang pemula atau sudah berpengalaman di bidang ini, alat penyuntingan ini akan berguna dalam berbagai situasi.

Fitur Utama dari Aplikasi Ini

Kelebihan

  • Bekerja dengan super efisien
  • Menyediakan semua peralatan penyuntingan
  • Sangat mudah dioperasikan

Kekurangan

  • Saat ini tidak tersedia versi untuk komputer 32-bit.

Temukan penyunting video cuma-cuma terbaik yang menunjang 32-bit.

4. VSDC

Menunjang OS/versi: Windows

Harga: Cuma-cuma dan $19.99 untuk Pro Edition

RAM: Minimal 2 GB

Penyimpanan: 20 MB untuk Pemasangan

VSDC adalah penyunting video untuk Windows yang dikemas dengan fitur penting untuk pemula. Walaupun program ini cuma-cuma, tapi mencakup peralatan pasca-produksi tingkat profesional yang praktis seperti setelan koreksi warna, ratusan efek termasuk Chroma Key, layar terbagi, dan banyak lagi.

Selain itu, VSDC memungkinkan Anda untuk menangkap suara, video, dan layar desktop. Kombo ini akan membantu membuat pelajaran, panduan permainan, atau video reaksi.

Jika Anda sebelumnya dari sesuatu yang sederhana seperti Movie Maker, antarmukanya mungkin sedikit menakutkan pada awalnya, tetapi tidak butuh waktu lebih dari setengah jam bagi Anda untuk dapat menikmatinya (lihat panduan untuk pemula yang dipublikasikan di channel YouTube mereka).

antarmuka dari penyuntingan video vsdc

Sebagai penyunting video tidak berurutan, dia bisa membuat ulang semua fitur populer yang pernah Anda lihat di TV. Secara keseluruhan, VSDC adalah alternatif yang bagus untuk individu yang tertarik dengan penyuntingan video dan yang ingin maju lebih dari sekadar membagi dan menggabungkan file serta menambahkan musik dan judul.

Fitur Utama dari Aplikasi Ini

  • Penghapusan latar belakang layar hijau menggunakan alat Chroma Key
  • Menunjang untuk penyuntingan dalam berbagai format
  • Anda bisa membuat berbagai grafik dan diagram 3D
  • Tersedia peralatan penyuntingan penting seperti penyuntingan video 360, koreksi warna, dll

Kelebihan

  • Banyak mode Pencampuran
  • Koreksi Warna Sesuai Keinginan
  • Akurasi menentukan lokasi titik terkecil

Kekurangan

  • Tidak ada fitur penyuntingan pro

5. VideoPad

Menunjang OS/versi: Windows dan Mac

Harga: $79,99 untuk Edisi Master

Windows OS 64 bit: 10, XP, Vista, 7, 8 dan 8.1

RAM: 4 GB

Ruang disk: 100 MB

Software VideoPad dari NCH adalah salah satu penyunting video untuk PC Kelas Rendah dalam daftar kami. Aplikasi yang tersedia untuk Windows dan Mac ini antarmukanya yang paling mudah dioperasikan mirip dengan Movie Maker.

Versi cuma-cuma VideoPad secara eksklusif ditujukan untuk penggunaan bukan komersial di rumah. Pilihan ekspor videonya terbatas pada Windows ke WMV dan AVI dan Mac ke MP4, MOV, dan AVI. Juga ada cukup satu trek video dan satu trek audio untuk sebuah proyek dalam edisi cuma-cuma.

antarmuka dari videopad

Kebaikan VideoPad adalah tidak memerlukan banyak usaha untuk memulai sebagai pemula. Tombol menu tidak hanya mudah digunakan, tetapi juga berisi ratusan judul, peralihan, dan efek video serta audio yang siap digunakan.

Di satu sisi, ini berguna bagi seseorang yang mencari alat sederhana untuk memotong film vakansi dan menambahkan musik ke dalamnya. Sebaliknya, jika Anda ingin membawa proyek Anda ke tingkat berikutnya, Anda bisa kecewa dengan tidak adanya metode penyuntingan video tidak berurutan.

Fitur Utama dari Aplikasi Ini

  • Aplikasi ini tersedia untuk berbagai sistem operasi
  • Anda bisa memiliki peralatan audio digital
  • Aplikasi ini cepat, efisien, dan mudah digunakan
  • Menawarkan 50 pola cuma-cuma

Kelebihan

  • Mudah digunakan
  • Antarmuka yang mudah dioperasikan
  • Berbagai tema

Kekurangan

  • Menunjang terbatas untuk video animasi

6. Clipify

Menunjang OS/versi: Windows 10, 8, 7, XP

Harga: mulai dari $29,4 untuk edisi standar

RAM: 2 GB atau lebih.

Ruang hard drive: 500 MB atau lebih.

Clipify adalah tambahan yang relatif baru di bidang penyunting video, tetapi kesannya tidak bisa disangkal. Software AMS mengembangkan penyunting video freemium ini, sebuah perusahaan yang dikenal untuk membuat software yang mudah dioperasikan namun kuat. PhotoWorks, penyunting gambar pintar, dan SmartSHOW 3D, generator tayangan slide dinamis, adalah dua produknya yang paling populer. Clipify pertama kalinya terjun ke dalam penyuntingan video, dan menjadi salah satu yang pantas dihargai. Mari kita lihat lebih dalam penyunting video yang dirancang untuk komputer kelas rendah ini.

antarmuka dari penyunting video clipify

Clipify adalah penyunting video berbasis garis waktu yang memungkinkan Anda untuk menambahkan musik, teks, dan suara dengan mudah. Dengan Clipify, Anda bisa membagi, memotong, menggabungkan video Anda, mengubah kecepatan video, dan menstabilkan rekaman yang goyah.

Fitur Utama dari Aplikasi Ini

  • Penyuntingan audio dan musik
  • Opsi ekspor yang berlainan
  • Memperbesar dan memperkecil
  • Gaya peralihan
  • Fitur chroma key

Kelebihan

  • Tersedia versi cuma-cuma
  • Pembuatan video yang otomatis

Kekurangan

  • Beberapa fitur tidak tersedia untuk para pengguna cuma-cuma

7. VirtualDub

Menunjang OS/versi: Windows 98, ME, NT4, 2000, XP, Vista, 7, 8, 8.1, Server, atau yang lebih baru (versi x86 32-bit dan x64 64-bit)

Harga: Cuma-cuma

RAM: Minimal 8 GB (16 GB Lebih Diutamakan)

GPU: Tidak ada persyaratan tertentu

Ruang Hard Disk: 1 GB untuk Pemasangan

VirtualDub adalah program penyuntingan video lain yang menyediakan banyak fitur untuk para pembuat video. Namun, yang telah membawa program ini ke titik ini adalah kemampuannya untuk berjalan secara efisien pada sistem yang lamban.

Sebaiknya Anda jangan menduga fitur yang lengkap dari program ini, seperti Adobe Premiere Pro, tetapi program ini akan melakukan penyuntingan dan pemrosesan video dasar.

poster dari virtualdub

Aplikasi ini bisa menyunting Avi yang utama dan format video lainnya. Anda akan menemukan beberapa kemampuan penyuntingan dasar di menu edit, seperti yang Anda temukan di program penyuntingan lainnya.

Jadi, untuk penyesuaian video dasar seperti memotong dan crop atau menambahkan audio ke film, Anda bisa mengharapkan hasil yang baik dari aplikasi ini. Namun, jika Anda membutuhkan hasil penyuntingan yang fantastis, Anda perlu menggunakan program lain.

Fitur Utama dari Aplikasi Ini

  • Ideal untuk digunakan pemula
  • Dilengkapi dengan fitur reduksi noise
  • Anda bisa membuat file DML terbuka
  • Meningkatkan kecepatan tingkat bingkai untuk video

Kelebihan

  • Fitur penyuntingan yang hebat
  • Berbagai efek
  • Mudah untuk digunakan bagi pemula

Kekurangan

  • Mungkin tidak terlalu berguna bagi penggunaan profesional

Bagian 2: Bagaimana Cara Melihat Spesifikasi Komputer Anda?

Beberapa penyunting video akan melihat spesifikasi komputer terlebih dahulu ketika Anda memasangnya. Tetapi Anda selalu bisa melihat konfigurasi komputer Anda untuk mengetahui apakah memenuhi kriteria penting untuk menginstal.

Berikut cara melihat spesifikasi dan kondisi perangkat keras di PC Windows 10.

Langkah 1: Untuk memulai, tekan tombol Windows Start. Ini adalah tombol di sudut kiri bawah layar Anda dengan logo Windows. Kemudian, pilih Settings. Ini adalah indikator berbentuk gir yang terletak tepat di atas tombol daya.

opsi settings windows 10

Langkah 3: Kemudian, pilih System. Gulir turun ke bilah sisi kiri dan ketuk About. Anda bisa mencari keterangan tentang CPU, RAM, dan komponen lainnya di bagian ini.

keterangan spesifikasi windows 10

Yang ini cara melihat spesifikasi Mac Anda

Langkah 1: Memilihmenu Apple > About This Mac. Ini akan menampilkan ikhtisar Mac Anda, termasuk model, CPU, RAM, nomor seri, dan versi macOS-nya.

(Catatan: ketuk tombol System Report untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut yang ditawarkan oleh aplikasi System Information).

Langkah 2: Tekan dan tahan tombol Option saat memilih menu Apple > System Information untuk meluncurkan System Information secara langsung.

(Catatan: Anda juga bisa menggunakan Sorotan untuk mencari System Information, atau memulainya dari bagian folder Utilitas Aplikasi Anda).

lihat spesifikasi macbook

Kesimpulan

Mencari Penyunting Video untuk PC Kelas Rendah yang sudah tua atau kehabisan RAM, yang bagus itu sulit. Namun, seperti yang bisa Anda lihat, itu bisa dilakukan. Namun, perlu diingat bahwa semakin lama film Anda, maka untuk menyuntingnya akan semakin banyak sumber daya PC yang akan dibutuhkan.

Semakin besar resolusinya, maka akan semakin besar kemungkinan Anda mengalami kesulitan teknis. Dengan kata lain, jika Anda terpaksa bekerja di komputer dengan kemampuan terbatas, maka Anda harus berhati-hati dengan file media yang Anda sunting.

author
Richard Bennett
Richard Bennett is a writer and a lover of all things video.