filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Filmora Video Editor
The best editor helps you edit videos without hassle.
  • Enhance videos with 300+ stunning effects
  • Personalize the crop area as you want
  • Modern and easy to use

Bagaimana Stabilkan Video secara Gratis dengan aplikasi Foto Google

Ketika merekam sebuah video, sudah jadi hal normal jika Anda berakhir dengan klip yang tak stabil karena disebabkan oleh guncangan kamera atau gerakan di jalan yang tidak stabil atau beraspal. Inilah saatnya fitur mengedit dari stabilisator video google mengambil peranannya. Anda bisa stabilkan sebuah video dengan aplikasi Foto Google yang punya stabilisator video bawaan dan alat mengedit lainnya untuk berikan sentuhan akhir di file media Anda sebelum dibagikan secara online atau dengan keluarga, teman, dan/atau rekan kerja.

Di artikel ini, kami akan tunjukan pada Anda cara pergunakan Foto Google sebagai stabilisator video Google yang ditawarkan ke konsumennya. Selain itu, Anda juga akan pelajari tentang salah satu alat pihak ketiga yang paling dipercayai dan efisien untuk stabilkan klip jika stabilisator video Google gagal memproduksi hasil yang berkualitas.

Bagian 1: Apakah itu Foto Google dan bagaimana cara kerjanya?

Foto Google merupakan aplikasi yang bisa diperoleh melalui Play Store atau App Store untuk diinstal ke ponsel cerdas berbasis Android atau iPhone atau iPad masing-masing.

Program ini bisa simpan foto dan video dari ponsel Anda, dan memastikan file media tersebut dicadangkan dengan baik hingga bisa dipulihkan secara mudah jika/ketika hilang disebabkan oleh kejadian tak diinginkan. Terlebih lagi, alat ini membiarkan anda edit, menyesuaikan, dan berbagi foto dan video dengan mudah.

1. Sejarah dan Kebijakan Saat Ini

Awalnya, Foto Google pernah tawarkan ruang penyimpanan tak terbatas kepada para pengguna di mana mereka bisa simpan foto sebanyak mungkin, selama gambar yang tersimpan dalam resolusi berkualitas tinggi. Namun, sejak 1 Juni 2021, Google mengganti kebijakan dari penggunaan aplikasi, dan sekarang alat ini menawarkan ruang penyimpanan terbatas. Jika perlu lebih banyak ruang, pengguna harus langganan paket berbayar.

2. Aksesibilitas

Foto Google bisa diakses dari situs peramban, program desktop Google Drive, dan aplikasi ponsel cerdas. Meskipun Anda hanya bisa lakukan perubahan kecil di video seperti edit tanggal, waktu dan lokasi ketika akses Foto Google melalui peramban, aplikasi ponsel cerdas mampu edit klip dengan fitur yang relatif lebih canggih.

3. Penghapusan

File yang tersimpan di Foto Google akan tetap ada selama jangka waktu yang tidak terbatas, tentu saja sampai ruang penyimpanan terisi penuh. Ketika Anda hapus sesuatu, maka file akan dipindahkan ke Sampah dan berada di sini selama 60 hari, setelah itu akan secara otomatis terhapus dari Cloud untuk selamanya.

Bagian 2: Bagaimana Stabilkan Video Gunakan Foto Google di Android dan iPhone?

Foto Google tersedia untuk ponsel Android dan iPhone, dan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, aplikasi bisa didownload dari Play Store dan App Store masing-masing. Gunakan editor bawaan stabilisator video Google dari aplikasi Foto di kedua platform yang nyaris sama dan sangat mudah. Aplikasi foto di kedua platform hampir dan sangat mudah.

Anda bisa belajar bagaimana cara kerja gunakan stabilisator video Google untuk stabilkan video dengan ikuti tiap langkah berikut ini:

Langkah 1: Lokasikan dan Buka Sumber Video di Foto Google

Download dan instal Foto Google di ponsel cerdas Anda (Samsung Galaxy Note 10+ digunakan sebagai ilustrasi). Luncurkan aplikasi, ketuk Perpustakaan di sudut kanan bawah antarmuka, dan ketuk untuk membuka sumber video yang ingin Anda stabilkan dengan stabilisator video Google.

buka video untuk distabilkan

Langkah 2: Stabilkan Video

Setelah video terbuka di aplikasi dan mulai memutar ulang, ketuk Edit di bawah. Pada layar selanjutnya, pastikan bahwa bagian Video telah dipilih. Ketuk ikon Stabilkan di area kiri bawah dari jendela, dan tunggu sampai Foto Google stabilkan video.

stabilkan video dengan foto google

Langkah 3: Simpan video

Setelah proses stabilisasi selesai, klik Simpan Salinan di pojok kanan bawah untuk simpan video hasil modifikasi sebagai salinan terpisah, sehingga file aslinya akan tetap utuh.

simpan video yang distabilkan di foto google

Bagian 3: Bagaimana Stabilkan Video Gunakan Foto Google Online?

Sayangnya, Foto Google tidak memiliki banyak opsi mengedit saat diakses melalui peramban, dan karena itu, ketika artikel ini ditulis, Anda tidak bisa stabilkan video dengan perangkat di antarmuka situs. Namun jika Anda pergunakan komputer Windows atau Mac, Anda bisa mencoba beberapa software stabilisasi video online gratis, atau gunakan editor video Wondershare Filmora untuk stabilkan video dengan satu klik.

Coba Gratis

Untuk Win 7 atau versi diatasnya (64-bit)

Coba Gratis

Untuk macOS 10.12 atau versi diatasnya

Editor video Wondershare Filmora tersedia bagi platform Windows dan Mac, dan membawa kompetisi berat bagi aplikasi pengedit video standar industri lainnya seperti Final Cut Pro X dan Adobe Premiere Pro, dll. Anda akan pelajari bagaimana stabilkan sebuah klip dengan Filmora daripada memakai editor stabilisator video Google dengan mengikuti instruksi dari setiap langkah yang dijelaskan di bawah ini:

Langkah 1: Tambahkan sumber video ke Linimasa

Setelah download dan instal Wondershare Filmora ke komputer Windows atau Mac (PC Windows 11 digunakan sebagai ilustrasi), luncurkan program, dan klik pada kotak Proyek Baru dari layar pertama yang muncul.

layar awal filmora

Saat berada di antarmuka utama, pastikah kalau Media telah dipilih dari toolbar standar di bagian atas, dan klik di mana saja di jendela Media yang ada di bagian pojok kiri atas. Selanjutnya, temukan, pilih dan impor sumber video dari PC Anda yang ingin distabilkan.

antarmuka perpustakaan media filmora

Sekarang, seret dan lepas video ke linimasa, atau arahkan mouse di atas gambar mini klip di jendela Media, klik ikon + dari area kanan bawah. Klik tombol di bawah Cocokkan ke Media atau label Pertahankan Setelan Proyek ketika kotak konfirmasi muncul untuk tambahkan film ke Linimasa dengan pergunakan preferensi yang Anda pilih.

impor video untuk stabilkan linimasa

Langkah 2: Stabilkan Video

Klik dua kali video di linimasa, dan aktifkan kategori Stabilisasi di bawah panel mengedit video. Tunggu ketika editor video Filmora stabilkan video tanpa stabilisator video Google. Klik OK setelah usai.

aktifkan stabilisasi editor video filmora video

Langkah 3: Ekspor Video setelah Distabilkan

Kembali ke antarmuka utama, klik Ekspor pada bagian tengah atas. Pada kotak Ekspor yang terbuka selanjutnya, buka panel pilihan Anda, pilih format keluaran, tentukan preferensi, dan klik Ekspor dari pojok kanan bawah untuk ekspor klip yang distabilkan tanpa pergunakan stabilisator video Google.

ekspor filmora video yang distabilkan

Bagian 4: Bagaimana Gunakan Foto Google untuk Edit Video?

Foto Google tidak hanya bekerja sebagai aplikasi stabilisator video Google tapi juga mampu edit klip media Anda secara lebih profesional. Beberapa tugas pasca produksi yang bisa Anda lakukan saat pergunakan Foto Google yang meliputi:

1. Trimming

Handle trimming bisa dilihat ketika Anda berada di bagian 'Video' setelah mengetuk 'Edit' pada Foto Google setelah membuka video. Anda bisa seret handle ini ke dalam untuk singkirkan bagian yang tidak diinginkan pada awal dan akhir dari sebuah klip.

trim video foto google

2. Cropping

Fungsi 'Crop' mampu untuk memotong video dalam rasio aspek tertentu yang bisa dipilih dari daftar yang tersedia, atau seret handle secara manual untuk memperoleh hasil yang khusus.

crop video foto google

3. Rotasi

Bagian 'Crop' juga memiliki opsi untuk rotasikan video. Setiap kali Anda ketuk ikon 'Rotasi', layar akan rotasi 90o dari arah yang berlawanan dengan arah jarum jam.

rotasi video google foto

4. Koreksi Warna

Bagian 'Sesuaikan' mengizinkan Anda untuk sesuaikan tampilan dari suatu video seperti kecerahan, kontras, bayangan, dll.

koreksi warna video foto google

5. Filter

Anda bisa tambahkan sebuah filter gunakan prasetel yang tersedia di bagian 'Filter'.

filter foto google

6. Anotasi

Bagian 'Markup' memungkinkan Anda untuk tambahkan anotasi ke video. Anda bisa pergunakan alat 'Pena' atau ‘Penyorot' untuk menulis teks ke video atau memberi yang warna berbeda pada layar.

video markup foto google

Tergantung tipe modifikasi yang Anda inginkan di video, Anda bisa gunakan Foto Google untuk selesaikan tugas dengan mudah dan cepat.

Kesimpulan

Stabilisator video Google adalah perangkat bawaan dari Foto Google. Foto Google bisa didapatkan melalui Play Store atau App Store untuk perangkat pintar Android atau iOS Anda masing-masing. Selain stabilkan video Anda, aplikasi Foto Google juga mampu melakukan modifikasi lainnya seperti trimming, cropping, terapkan filter, dan masih banyak lagi.

You May Also Like

Cara Mengubah Resolusi Video dengan Mudah di Windows & Mac

Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan kepada Anda cara mengubah resolusi video dengan tutorial langkah demi langkah.

Posted byLiza Brown|2022-11-18 18:04:43
Cara Membuat Video Split Screen [Lebih dari 30 Preset Kreatif Tersedia]

Artikel ini akan menunjukkan cara membuat video split screen di editor video split screen Filmora9, dengan atau tanpa efek dan tata letak split screen bawaan.

Posted byLiza Brown|2022-11-18 18:04:43