filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Lebih dari Hanya Anda
Platform pengeditan video kreatif untuk semua kreator!

Bagaimana Cara Mencerahkan Tampilan Video dengan Premiere Pro

author

Nov 18, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Membuat Video Berkualitas Tinggi - Wondershare Filmora

Video editor YouTube yang mudah dan dapat diandalkan

Anda dapat memilih berbagai macam efek video dan audio

Tutorial yang lebih detail telah disediakan melalui saluran resmi

Tampilan gambar video yang lebih cerah akan lebih menarik perhatian. Tentu saja, video dengan pencahayaan yang baik akan membuat isi video Anda tampil lebih cerah dan enak dilihat. Tetapi bagaimana jika Anda lupa menyalakan lampu atau camera Anda tidak mampu membuat tampilan gambar yang lebih terang? Kita mungkin pernah mengalami, saat ingin mengambil gambar video, tetapi pencahayaannya tidak cukup. Hasilnya, kita akan mendapatkan gambar video yang gelap. Tidak mungkin membagikan video tersebut dalam sosial media Anda atau kepada teman dan saudara.

Ada banyak alasan mengapa seseorang ingin mencerahkan tampilan gambar video yang gelap. Misalnya ketika Anda merekam video dengan telepon Anda, tetapi cahaya di dalam ruangan sangat redup. Atau saat Anda berada di luar ruangan, dan cahaya matahari berada di belakang Anda, tentu akan membuat wajah Anda tampak gelap ketika direkam. Dalam situasi seperti itu, tentu akan sangat melegakan jika Anda mengetahui cara mencerahkan tampilan gambar video yang gelap.

Ada cara yang mudah untuk melakukannya dengan Premiere Pro, apapun keadaannya. Dalam artikel ini, akan kami tunjukkan bagaimana cara untuk mencerahkan tampilan video Anda dengan Premiere Pro, dan Anda bisa mencatat langkah-langkah yang perlu untuk dilakukan. Hal ini sangat berguna bagi Anda yang perlu mencerahkan video-video yang kurang pencahayaan, yang terlalu gelap bahkan yang tidak tampak apapun.

Bisakah saya mencerahkan tampilan gambar video yang gelap?

Ini adalah pertanyaan yang sering diajukan oleh editor video, dan kami akan menjawabnya di sini. Jawabannya adalah, bisa. Ada banyak aplikasi online yang dapat membantu Anda mencerahkan video yang gelap atau mengatur pencahayaan dalam video Anda. Sering kali, Anda mendapatkan video yang direkam di tempat dengan pencahayaan minim, yang menyebabkan subjek yang direkam tampak gelap dan tidak terlihat. Pengaturan pencahayaan video adalah suatu fitur penting yang mudah untuk dilakukan. Namun, jika video Anda terlalu gelap, mungkin akan sulit untuk mencerahkannya menjadi tampilan yang tampak alami.

Ada beberapa cara untuk mencerahkan tampilan video yang gelap. Misalnya, Anda dapat menggunakan koreksi warna atau dengan menambahkan cahaya di lokasi sebelum Anda merekam. Jika Anda terlanjur mendapatkan video yang gelap, maka Anda harus mengatur kontras dan kecerahan video Anda dalam tahap pasca produksi. Anda dapat melakukannya dengan mudah menggunakan software video editing, tetapi harap diingat, bahwa jika tingkat kecerahan dan kontras terlalu tinggi, akan menghasilkan kualitas gambar video yang tidak bagus. Jadi, semuanya harus tetap seimbang.

Bagaimana cara mencerahkan tampilan video dengan Adobe Premiere Pro?

Adobe Premiere Pro adalah solusi yang tepat untuk mengedit video Anda, baik itu sebuah film atau iklan di TV. Aplikasi ini bisa mengedit video dalam berbagai format. Dengan Adobe Premium, mencerahkan tampilan video menjadi terasa mudah. Ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah 1:

Buka aplikasi Adobe Premiere Pro, buka sebuah projek, kemudian masukkan file video yang akan dicerahkan. Pastikan file video telah dimasukkan ke media library sebelum Anda mulai mengeditnya.

Langkah 2:

Kemudian, klik pilihan kecerahan dan kontras di panel efek, terletak di kiri bawah software, untuk mengatur kecerahan dan kontras video Anda.

bagaimana cara mencerahkan tampilan video dengan premiere pro

Langkah 3:

Atur kecerahan dan kontras ke bagian tengah di bawah video yang diunggah. Anda dapat melakukannya hanya dengan menarik dan melepasnya di bagian bawah video.

Langkah 4:

Sekarang Anda dapat meningkatkan kecerahan dengan merubah nilai kecerahan di kontrol panel efek yang terletak di sebelah kanan video yang diunggah.

Mencerahkan tampilan video dengan Premiere Pro

Langkah 5:

Atur tingkat kecerahan sesuai kebutuhan kemudian simpan video yang sudah Anda edit. Anda dapat melihatnya kembali atau membaginya dengan teman-teman melalui berbagai media.

Bagaimana cara mencerahkan tampilan video yang gelap dengan Adobe Premiere Pro?

Metode pertama yang sudah kita lakukan sangatlah mudah. Anda hanya perlu menaikkan tingkat kecerahan video, yang dapat Anda lakukan dengan mudah. Namun, metode berikut ini sedikit berbeda. Meskipun sedikit lebih rumit daripada metode sebelumnya, hasilnya akan sangat memuaskan Anda. Misalnya Anda memiliki sebuah video yang direkam dengan pencahayaan minim, dan banyak tampilan gambar yang gelap di dalamnya. Tampaknya hanya dengan menaikkan tingkat kecerahan tidak akan banyak membantu. Maka, Anda dapat menggunakan metode berikut untuk mencerahkan dan meningkatkan visibilitas gambar video Anda. Silakan ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1:

Buka aplikasi Adobe Premiere Pro, dan masukkan video Anda. Tarik video ke arah timeline hingga muncul di paling atas.

Langkah 2:

Tab Efek berada di sisi paling kiri panel adobe premiere pro. Klik tab Efek kemudian cari dan klik efek Pencahayaan.

meningkatkan pencahayaan tampilan video yang gelap dengan premiere pro

Langkah 3:

Gunakan metode tarik dan lepas untuk meningkatkan efek pencahayaan pada video. Setelah itu, Anda akan melihat video Anda seperti terkena efek cahaya yang terdistorsi. Tetapi tidak usah khawatir karena masih ada langkah selanjutnya.

Langkah 4:

Sekarang cari tab kontrol efek yang terletak di sisi atas layar monitor. Di sana, Anda cari dan klik efek pencahayaan.

mencerahkan tampilan video yang gelap dengan premiere pro - cari tab kontrol efek

Langkah 5:

Setelah Anda meng-klik efek pencahayaan, Anda akan menemukan banyak pilihan di layar monitor Anda. Klik tombol "Light 1" untuk membuka pilihan menu. Di sana Anda akan melihat Sorotan yang sudah dipilih sejak awal.

mencerahkan tampilan video yang gelap dengan premiere pro - klik tombol efek pencahayaan

Langkah 6:

Klik tanda pilihan di samping Sorotan untuk membuka menu. Pilih "Directional" dan Anda akan langsung melihat bagian video yang gelap telah menjadi jauh lebih terang.

mencerahkan tampilan video yang gelap dengan premiere pro - pilih directional

Langkah 7:

Intensitas kecerahan dapat ditingkatkan dengan cara mengubah tingkat intensitas melalui panel kontrol efek.

mencerahkan tampilan video yang gelap dengan premiere pro - mengubah tingkat intensitas

Meningkatkan Tampilan Video Anda dengan Premiere Pro

Setelah semua langkah di atas dilakukan, Anda juga dapat menggunakan fitur peningkatan video dari Adobe Premiere Pro untuk meningkatkan kualitas gambar video Anda. Ketika Anda berusaha mencerahkan tampilan gambar video Anda, ada kemungkinan kualitas gambar video akan sedikit berkurang. Untuk mengatasinya, metode ini akan sangat membantu. Meningkatkan kualitas gambar video dengan Premiere Pro sangatlah mudah setelah Anda mengetahui caranya. Silakan ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1:

Di panel efek, cari "Unsharp Mask", kemudian tarik ke video Anda.

meningkatkan kualitas gambar video dengan premiere pro

Langkah 2:

Dari panel kontrol efek di bawah unsharp Mask, atur kuantitas, radius dan ambang batas untuk meningkatkan kualitas video.

meningkatkan kualitas gambar video dengan premiere pro

Harap diingat bahwa jika Anda menetapkan ketiga parameter tadi terlalu tinggi, maka Anda akan mendapatkan video yang terdistorsi. Cobalah untuk meningkatkannya sedikit demi sedikit dan lihatnya hasilnya. Hindari untuk meningkatkan "kuantitas" lebih dari 100% dan radius lebih dari 10.

Kesimpulan:

- Mencerahkan tampilan video dengan Premiere Pro sangatlah mudah dan berguna untuk meningkatkan kualitas tampilan gambar video. Apakah Anda akan mencerahkan video dengan cara meningkatkan paparan, meningkatkan pencahayaan, atau dengan menambah efek vignette, ada beberapa cara untuk melakukannya dengan Premiere Pro.

- Namun, Anda harus mengerti bahwa dari semua pilihan, tidak ada salah satu yang lebih bagus dari yang lainnya. Mengedit video, secara umum memerlukan latihan untuk menguasainya, namun dalam artikel ini, kami telah menuliskan dasar-dasar dan langkah-langkahnya untuk membantu Anda. Semua metode tadi dapat digunakan dalam berbagai situasi, atau dalam keadaan yang mirip, namun Anda akan mendapatkan pengalaman yang berbeda dalam setiap latihan. Cobalah semua metode tersebut dan temukan metode mana yang paling cocok dengan kebutuhan Anda.

author
Ollie Mattison
Ollie Mattison is a writer and a lover of all things video.