filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Filmora Video Editor
The best editor helps you edit videos without hassle.
  • Enhance videos with 300+ stunning effects
  • Personalize the crop area as you want
  • Modern and easy to use

Editor Video Gratis Terbaik untuk Ubuntu

Ubuntu sangat cocok untuk dunia multidimensi, tidak hanya dalam hal memutar musik dan video tetapi juga dalam membuat materi ini. Saat ini, Ubuntu memungkinkan kita untuk membuat file audio dan video secara profesional. Dan bagian terbaiknya adalah kita bisa melakukannya tanpa biaya.

Di sini kita akan berbicara tentang beberapa editor video gratis yang dapat kita download dan instal di Ubuntu dalam contoh ini. Ini memberikan kesempatan untuk membuat video profesional dan bahkan gaya hidup, seperti dengan YouTuber. Tetapi untuk membuatnya lebih mudah untuk memilih di antara begitu banyak aplikasi hari ini, kami telah memilih 10 Editor Video Ubuntu.

10 Editor Video Gratis Terbaik untuk Ubuntu

Memilih editor video yang tepat mungkin sulit bagi sebagian orang, tetapi di situlah FOSS Ubuntu masuk. Kami telah mengumpulkan daftar editor video terbaik untuk Ubuntu untuk keuntungan Anda. Kami telah mencoba dan menguji aplikasi ini. Dan berdasarkan pengalaman kami, kami merekomendasikan:

1. OpenShot

Kami yakin Anda tidak akan menemukan editor video yang lebih ramah pengguna daripada yang ini. OpenShot kemungkinan besar adalah pilihan terbaik saat Anda baru mengenal produksi video. Ini mudah digunakan, dan juga memiliki beberapa fitur menarik.

Editor ini hadir dengan banyak judul dan transisi serta kompatibilitas untuk sebagian besar format video dan gambar. Anda juga menerima opsi ekspor luar biasa yang memungkinkan Anda menyimpan file dalam berbagai format. Seperti yang telah disebutkan, aplikasi ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan pemula yang sedang belajar; namun, pengguna tingkat lanjut tidak akan puas karena mendukung format video berkualitas tinggi seperti 4K.

OpenShot memiliki beberapa kemampuan pengeditan audio yang berguna, termasuk melihat bentuk gelombang pada timeline dan bahkan menampilkan bentuk gelombang sebagai bagian dari film. Ini juga memungkinkan Anda untuk memisahkan suara dari klip video dan menyetel setiap saluran suara secara terpisah.

2. OBS Studio

OBS Studio adalah alat sumber terbuka gratis yang dapat didownload dan diinstal di Ubuntu dan sistem operasi lain seperti Windows dan Mac. Karena memiliki penangkap layar yang fantastis, OBS Studio menjadi terkenal karena membuat video Ubuntu atau program komputer lainnya. OBS Studio adalah editor video dasar yang memungkinkan kita memadukan foto, film, dan musik dengan mudah.

OBS Studio dapat membuat film dalam format berikut: Flv, Mkv, mp4, mov, ts, dan m3u8. Meskipun formatnya tidak terlalu terbuka, mereka kompatibel dengan situs penerbitan video internet. Editor ini memungkinkan kita untuk memodifikasi video daripada hanya menyiarkannya, meskipun fungsi pengeditannya tidak sekuat Kdenlive atau Openshot.

OBS Studio juga terhubung dengan situs streaming video untuk membuat video langsung, tidak seperti software pengeditan video lainnya. Ini telah menjadikannya software yang sangat populer di kalangan YouTuber dan yang dapat kami download di versi Ubuntu apa pun.

3. PiTiVi

Seperti yang lainnya, yang satu ini memungkinkan Anda melakukan aktivitas pengeditan video dasar seperti pemangkasan, pemotongan, gertakan, pemisahan, dan pencampuran. Program ini juga mendukung beberapa bahasa tambahan bagi mereka yang tidak fasih berbahasa Inggris. Anda mungkin harus membaca manual sebelum menggunakannya karena berisi banyak informasi berguna tentang penggunaan aplikasi ini.

Singkatnya, aplikasi ini menyediakan pengalaman pengguna dengan akselerasi hardware yang dapat disentuh. Lapisan trek video/audio tanpa batas, riwayat undo/redo penuh, pemangkasan, pemotongan, pengeditan suara dari beberapa lapisan audio serentak demi lapisan, kurva keyframe volume, peningkatan audio keyframe, dan masih banyak lagi yang didukung.

Pitivi membuat gambar mini dan bentuk gelombang di latar belakang untuk memberi Anda kinerja terbaik tanpa mengganggu alur kerja Anda. Pitivi dapat ditemukan di sebagian besar repositori psoftware Ubuntu. Jika mau, Anda juga dapat mendownload kit yang sudah dirakit sebelumnya.

4. Kdenlive

Kdenlive, tanpa diragukan lagi, adalah salah satu aplikasi pengeditan video terbaik untuk Ubuntu yang tersedia saat ini! Apa yang membedakannya dari editor video lainnya adalah aplikasi ini sepenuhnya gratis dan menyertakan beberapa fitur berguna. Kerangka MLT, yang didasarkan pada banyak proyek sumber terbuka lainnya, menangani sebagian besar pengeditan video di Kdenlive, dibangun di atas pustaka Qt dan KDE Frameworks.

Kompatibilitas tata letak yang dapat disesuaikan, daftar klip, kronologi multitrack, pencadangan otomatis, efek khusus keyframe, dan transisi semuanya termasuk dalam program pengeditan video ini. Apakah Anda memiliki format file khusus atau kamera video? Bukan masalah — Kdenlive bekerja dengan hampir semua hal.

Perlu juga dicatat bahwa Kdenlive berjalan di Mac OSX dan FreeBSD. Pengeditan proxy adalah fungsi berguna lainnya. Fungsi praktis ini dapat menghasilkan duplikat berkualitas rendah dari klip sumber Anda untuk pengeditan cepat dan membuatnya dalam resolusi penuh.

5. Shotcut

Editor video gratis, sumber terbuka, dan lintas platform yang lainnya adalah Shotcut. Tidak seperti Kdenlive, editor video pemula akan mendapatkan pemahaman yang komprehensif tentang Shotcut karena antarmuka yang ramah pengguna. Ini memiliki pengeditan timeline asli, transisi video dan filter, dan timeline multitrack, dan lainnya

Bingkai utama untuk filter digital dan pengeditan 3 titik didukung. Shotcut berguna jika Anda perlu menghapus audio dari klip video dengan cepat. Selain itu, ini memungkinkan Anda untuk mengedit film audio dan 4K. Selain itu, memungkinkan untuk pemantauan eksternal.

Sinkronisasi transportasi JACK, pencampuran audio di semua saluran, stereo, mono, dan kemampuan suara surround 5.1 didukung di bagian depan audio. Shotcut dianggap ideal untuk pemula, dan jika Anda salah satunya, kami sangat menyarankan untuk mendapatkan ini untuk Ubuntu Anda.

6. Lightworks

Karena fungsinya melampaui dunia editor yang tidak berpengalaman, editor video untuk komputer Ubuntu ini cocok untuk spesialis dalam pengeditan video. Program pengeditan non-linear (NLE) pemenang penghargaan dapat menangani rekaman 4K, Blu-Ray, dan bahkan SD dan HD. Anda juga akan menemukan alur kerja Proxy Resolusi Rendah untuk 4K dan dukungan seret dan jatuhkan di samping kemampuan tersebut.

Ada fitur pengisi suara dan baru saja menambahkan kompatibilitas Mackie MIDI untuk pengguna Ubuntu. Lightworks mendukung sebagian besar konektor analog dan digital, yaitu konektor 12G, 3G-SDI, Audio optik, HDMI 2, dan AES/EBU. Pembuatnya juga menyertakan alat pengeditan video tingkat profesional dan filter audio dan peningkatan.

7. HitFilm Express

Lihat HitFilm Express dari FXhome saat Anda mencari software pengeditan video terbaik tetapi tidak ingin menghabiskan banyak uang. Editor video gratis ini menawarkan sebagian besar kemampuan yang sama dengan suite produksi tingkat atas, yang menampilkan kemampuan video 4K, pengeditan 360 derajat, dan ratusan efek khusus.

Pada kenyataannya, dalam hal kemampuan pengeditan, Hitfilm Express sangat mirip dengan Adobe Premiere Pro.

Kerugian utama dari program ini adalah memakan banyak sumber daya sistem, yang berarti tidak akan berjalan di kebanyakan laptop-laptop ringan. Anda harus membayar ekstra untuk hal-hal seperti teks 360 derajat, fasilitas penilaian warna ekstra, dan peningkatan estetika lainnya, antara lain. Hitfilm Express adalah editor video yang sangat kuat dan mudah digunakan sehingga sulit dipercaya bahwa itu gratis. Ini adalah opsi yang bagus untuk pembuat video mana pun dengan anggaran terbatas.

8. VLC

VLC Media Player telah menjadi salah satu pemutar media yang paling banyak digunakan. Ini tidak hanya mudah digunakan, tetapi juga mendukung berbagai jenis file tanpa memerlukan pembelian lebih lanjut atau download sesuatu.

Ini dapat digunakan untuk mengoptimalkan audio dan video pada perangkat pilihan Anda. Ini dapat memutar Divc dan stream MPEG. Anda juga dapat menonton video saat sedang didownload. Ini memiliki antarmuka dasar dan mudah digunakan.

Ini dapat digunakan untuk memulai atau bergabung dengan siaran video. VLC dapat dikontrol melalui tombol pintas. Beberapa opsi dapat diubah sesuai dengan selera Anda. Anda tidak perlu mendownload codec apa pun untuk membaca file musik atau video. Ini termasuk equalizer built-in yang memungkinkan pengguna untuk meningkatkan kualitas suara tanpa mengubahnya.

9. Cinelerra

Cinelerra adalah editor video untuk GNU/Ubuntu, pertama kali dirilis pada tahun 1998. Itu adalah editor video non-linear pertama untuk GNU/Ubuntu yang berfungsi dengan platform 64-bit. Cinelerra menjadi hit besar di tahun-tahun awalnya karena merupakan editor video yang komprehensif dan gratis yang sangat unik di bidangnya. Namun, seiring berjalannya waktu, kemajuan melambat, dan banyak pengguna meninggalkan proyek tersebut.

Saat ini, pekerjaan sedang berlangsung, dan versi Ubuntu baru sedang dirilis secara bertahap. Cinelerra menyertakan panel pengeditan terpisah, seperti Gimp, memungkinkan pengeditan video non-linear. Seperti semua editor video lainnya, Cinelerra menyediakan berbagai efek video dan transisi untuk memproduksi film dan tayangan slide. Kita bisa mendapatkan Cinelerra dari Sourceforge; setelah kita menginstalnya, kita harus menjalankan program menggunakan./command.

10. Blender

Seperti Lightworks dan KEnlive, editor video ini ditujukan untuk pengguna tingkat lanjut, tetapi bagian terbaiknya adalah gratis. Ini berfokus pada animasi 3D daripada pengeditan video tradisional. Ini banyak digunakan dalam pemodelan 3D, efek visual, animasi, simulasi, pipa, dan pengembangan game.

Blender memiliki filter, transisi, keyframes, lapisan penyesuaian, kontrol kecepatan, pratinjau langsung, tampilan histogram, luma waveform, dan chroma vectorscope untuk produksi video. Selain itu, ini juga memungkinkan Anda untuk mencampur, menyinkronkan, dan menggosok file audio.

Karena semua fungsi ini mungkin merupakan kurva pembelajaran yang dalam, ini sedikit menantang bagi produser video yang tidak berpengalaman. Tidak diragukan lagi, ini adalah contoh terbaik dari proyek komunitas sumber terbuka dan gratis. Blender adalah program gratis yang dapat ditemukan di hampir semua toko aplikasi software.

Kesimpulan

Nah, itu dia - daftar alat Editor Video Ubuntu terbaik untuk Anda. Menggunakan Ubuntu tidak menghalangi Anda untuk menginstal aplikasi berkualitas tinggi. Kecuali editor video yang dijelaskan di atas, ada banyak aplikasi Ubuntu lain yang tersedia.

Beberapa ditujukan untuk profesional (seperti Lightworks, HitFilm Express, dan Blender), sementara yang lain dirancang untuk pemula (mirip dengan Shotcut dan OpenShot). Selain itu, karena sebagian besar editor video saat ini dapat diakses di google play store, Anda dapat mendownload dan menginstalnya di laptop Ubuntu Anda.