filmora go
Filmora untuk Mobile

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
filmora-header
Panduan
Persyaratan Sistem
Apa yang Baru
Ulasan
Filmora X vs FilmoraPro
COBA GRATIS
BELI SEKARANG

Membuat Proyek Baru

Membuat proyek baru

Pelajarilah mengenai berkas proyek, dan bagaimana proses membuat dan mengelola proyek di Filmora.

Proyek (format wfp) yang Anda buat di Filmora mengandung setelan yang Anda terapkan untuk setiap rangkaian dalam linimasa tersebut, seperti pilihan pengeditan, efek-efek, serta musik yang digunakan dalam proyek.

Berkas proyek Filmora tak akan menyimpan sumber video, audio, atau gambar. Mereka hanya menyimpan referensi untuk tipe-tipe berkas media ini berdasarkan nama berkas dan juga lokasinya. Bila Anda memindahkannya, mengubah nama, atau pun menghapus berkas sumber, Filmora tidak akan bisa menemukannya secara otomatis saat Anda membuka proyek yang menggunakan media tersebut.

Catatan:
Demi kenyamanan Anda, Filmora menyediakan Anda opsi untuk mendapatkan berkas sumber Anda sekaligus dengan proyek tersebut.

membuat proyek baru

Tersedia dua cara untuk membuat proyek baru.

  • Metode 1: Buatlah Proyek Baru Dari Jendela Startup

Pilihlah aspek rasio sesuai di bagian atas jendela startup berdasarkan adegan video yang diperlukan.

Buatlah Proyek Baru Dari Jendela Startup
Buatlah Proyek Baru Dari Jendela Startup
  • Metode 2: Buatlah Proyek Baru Dari Bilah Menu

Bukalah Filmora, dan pilihlah "New Project" untuk memasuki halaman muka pengeditan. Anda bisa membuat ulang sebuah proyek baru di dalam opsi File > Project Settings.

Anda juga bisa mengatur resolusi, aspek rasio, kecepatan bingkai, untuk proyek sesuka Anda di dalam opsi File > Project Settings.

Catatan:
Aspek rasio default ialah 16:9, namun Anda bisa mengubahnya menjadi 1:1 atau 9:16 jika Anda ingin membuat video untuk Instagram atau sosial media lainnya, atau Anda bisa memilih "Custom" untuk mengustomisasi aspek rasio Anda sendiri.
Buatlah Proyek Baru Dari Bilah Menu
Buatlah Proyek Baru Dari Bilah Menu

Simpanlah Proyek

Seusai Anda menyelesaikan pengeditan Anda di linimasa, Anda bisa mengetuk File > Save Project atau Save Project As, atau gunakan hotkey Ctrl+S untuk menyimpan proyek yang telah diedit ke komputer Anda, bila Anda perlu mengubahnya nanti.

Save Project
Save Project
Catatan:
Proyek ini lalu akan tersimpan sebagai berkas dengan ekstensi: .wfp. Hanya dapat diakses dan dibuka oleh Filmora saja.

Anda pun bisa mencadangkan proyek Anda setiap menit dengan membuka File > Preference > Save, isilah bagian "Backup Interval", dan centang kotak di depannya.

Setelan Save Project
Setelan Save Project